RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV / 2
Standar Kompetensi : 9. Memahami adanya perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda
langit
Kompetensi Dasar : 9.1 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke
hari.
Indikator : 9.2.1 Menggambarkan kedudukan benda di langit, serta mengamati
penampakan benda-benda waktu dan posisi matahari terbit dan
tenggelam.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan gerakan bulan.
2. Menjelaskan terjadinya air laut pasang dan air laut surut.
3. Mendemonstrasikan terjadinya penampakan bulan.
4. Menjelaskan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Penampakan bulan.
C. METODE / TEKNIK PEMBELAJARAN
a. Metode : tanya jawab, praktek, demonstrasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
1. Pertemuan Pertama:
a. Kegiatan awal (5 menit)
– Motivasi: pernahkah kamu melihat bulan dengan bentuk bulat pada suatu malam?
– Bagaimana bentuk bulan?
b. Kegiatan Inti:
1) Guru menjelaskan penampakan benda-benda di langit.
2) Guru menjelaskan pengaruh erosi bagi tumbuhan dan hewan.
3) Mengamati gerakan / globe pada waktu dan posisi matahari terbit dan tenggelam
dengan bantuan lampu senter.
c. Kegiatan Akhir::
1) Guru memberi kesimpulan penguatan atas kerja peserta didik.
2) Guru membimbing siswa membuat rangkuman.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Awal:
1) Motivasi: melakukan pengamatan penampakan benda-benda di langit?
2) Pengetahuan prasyarat: mengapa bentuk bulan selalu berubah-ubah?
b. Kegiatan Inti:
1) Guru mengecek tugas pengamatan bentuk bulan.
2) Peserta didik mengamati hasil pengamatan bentuk-bentuk bulan.
3) Guru mendemonstrasikan posisi terjadinya bulan mati, baru, purnama dan sabit.
4) Membimbing menyimpulkan hasil pengamanan.
c. Kegiatan Akhir:
1) Guru memberi penguatan hasil pengamatan kepada anak didik.
2) Guru memberikan uji kompetensi.
E. ALAT DAN SUMBER BAHAN
a. Alat : Globe, lampu senter baterai, gambar
b. Sumber : Bahan IPA Kelas IV
F. PENILAIAN
a. Teknik : Tugas tanya jawab, demonstrasi
b. Prosedur : Past test
c. Bentuk : Tugas, uraian
d. Instrumen :
Contoh Instrumen:
Produk: Amati kenampakan bulan dari hari ke hari. Gambarlah bentuk bulan seperti yang kamu
lihat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s