RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasikan fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
Kompetensi Dasar : 1.4. Mengidentifikasikan organ peredaran darah manusia.
Indikator : – Menyebutkan organ darah manusia.
– Menyebutkan fungsi masing-masing organ peredaran darah manusia.
– Membedakan sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah
kecil.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran
Tujuan Pembelajaran :
1. Menyebutkan organ peredaran darah manusia.
2. Menyebutkan bagian-bagian dari jantung.
3. Menjelaskan fungsi masing-masing organ peredaran darah tersebut.
4. Menjelaskan system peredaran darah besar.
5. Menjelaskan system peredaran darah kecil.
Materi Pembelajaran
– Organ Peredaran Darah Manusia
Metode
– Ceramah
– Diskusi
– Demonstrasi
– Tanya jawab
Langkah-langkah
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal.
– Mengadakan Tanya jawab tentang darah.
– Siswa disuruh meraba pergelangan tangannya kenapa berdenyut ?
b. Kegiatan Inti.
1. Guru meminta siswa untuk membaca buku sains kelas V
2. Guru mengadakan tanya jawab tentang buku yang dibacanya.
3. Siswa disuruh mengamati gambar jantung.
4. Guru menjelaskan bagian – bagian dari jantung.
c. Kegiatan Penutup
Siswa mencatat atau membuat rangkuman dari hasil keterangan guru.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan.
– Mengadakan Tanya jawab dengan siswa tentang denyut nadinya waktu pagi dan setelah
berolah raga.
– Mengamati kembali gambar jantung.
b. Kegiatan Inti.
– Siswa diajak untuk menggambar jantung secara sederhana.
– Siswa disuruh menunjukkan bagian-bagian jantung tersebut.
– Dengan bimbingan guru, siswa diberi penjelasan tentang bagian darah yang
mengandung O2 dibagian kanan dan di bagian kiri banyak mengandung O2..
– Siswa mengamati bahwa darah masuk ke serambi dan keluar lewat bilik.
c. Kegiatan Penutup.
– Bersama dengan guru siswa membuat catatan tentang darah yang mengandung O2 dan
tidak.
– Dengan membuat gambar sederhana siswa memahami masuk dan keluarnya darah di
jantung.
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Untuk apersepsi guru Tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu.
2. Dengan gambar siswa disuruh menjelaskan darah masuk dan keluar pada jantung.
b. Kegiatan Inti.
1. Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
2. Kelompok satu membuat rangkuman peredaran darah kecil.
3. Kelompok kedua membuat rangkuman tentang peredaran darah besar.
c. Kegiatan Penutup.
1. Guru memeriksa hasil kerja masing-masing kelompok.
2. Siswa mencatat hasil rangkuman yang telah disempurnakan guru.
Sumber Belajar.
1. Buku Sains 3 untuk kelas V.
2. Gambar jantung dan sistem peredaran darah manusia.
3. Buku lain yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar.
Bentuk Penilaian
– Tertulis.
– Lisan.
Contoh soal
Organ Tubuh apakah yang memompa darah ke seluruh tubuh ?
Soal-soal dikembangkan oleh guru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s