RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Standar Kompetensi : 2. Memahami Cara Tumbuhan Hijau Membuat Makanan.
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengidentifikasikan Cara Tumbuhan Hijau Membuat Makanan.
Indikator : – Menyebutkan zat-zat yang diperlukan dalam fotosintesis.
– Menjelaskan cara tumbuhan hijau membuat makanan.
– Menyebutkan zat-zat yang dihasilkan dalam fotosintesis.
– Menyebutkan sisa makanan disimpan sebagai makanan cadangan.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran
Tujuan Pembelajaran :
1. Menyebutkan bahwa hanya tumbuhan hijau yang dapat membuat makanan sendiri.
2. Menyebutkan zat-zat yang diperlukan dalam fotosintesis.
3. Menyebutkan hasil fotosintesis
4. Menyebutkan tempat-tempat cadangan makanan disimpan.
5. Menjelaskan terjadinya proses fotosintesis.
Materi Pembelajaran
Fotosintesis atau tumbuhan hijau membuat makanan.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Diskusi.
3. Tanya Jawab.
4. Tugas.
Langkah-langkah
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Awal.
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Siswa disuruh memetik beberapa helai daun yang terdapat di sekitar sekolah.
3. Tanya jawab tentang bagaimana warna daun.
b. Kegiatan Inti.
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Siswa disuruh membaca buku sains sesuai dengan materi.
3. Siswa diskusi dan membuat laporan atau rangkuman dari bacaan atau materi tersebut.
c. Kegiatan Penutup.
1. Tanya jawab hasil diskusi.
2. Guru menjelaskan hasil diskusi dan memperbaiki kekurangan.
3. Siswa mencatat hasil diskusi atau rangkuman yang telah disempurnakan guru.
2. Pertemuan Kedua.
a. Kegiatan Awal.
1. Mengadakan tanya jawab dari materi yang lalu.
2. Guru mengulang secara singkat materi yang lalu.
b. Kegiatan Inti.
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Siswa disuruh membaca materi mulai baru dari buku sains.
3. Siswa diskusi dan membuat rangkuman dari tiap-tiap kelompok.
4. Rangkuman tiap kelompok didiskusikan bersama.
c. Kegiatan Penutup.
1. Tanya jawab hasil diskusi.
2. Siswa mencatat hasil rangkuman yang telah disempurnakan oleh guru.
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal.
1. Sebagai batu loncatan Tanya jawab dari materi yang lalu.
2. Guru mengulang secara singkat materi yang lalu.
b. Kegiatan Inti.
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Siswa disuruh membaca materi baru dari buku sains.
3. Secara kelompok siswa berdiskusi tentang materi baru tersebut.
4. Tiap kelompok rangkuman dan dilaporkan kepada guru.
c. Kegiatan Penutup.
1. Guru menerima hasil rangkuman dari tiap-tiap kelompok dan merevisi.
2. Mendiskusikan hasil kerja kelompok.
3. Siswa mencatat rangkuman yang telah disempurnakan oleh guru.
Sumber Belajar.
1. Buku Sains 3 untuk kelas V.
2. Gambar-gambar fotosintesis.
3. Buku lain yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar.
1. Bentuk Penilaian.
1. Tertulis.
2. Lisan.
2. Bentuk Instrumen.
1. Pilihan ganda.
2. Isian.
3. Jawab singkat
Contoh soal
1. Hasil fotosintesis yaitu . . . .
2. Pada jagung dan padi cadangan makanan di simpan di . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s