RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan
Lingkungan.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasikan penyesuaian diri dengan lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup.
Indikator : – Menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya
untuk memperoleh makanan.
– Memberikan contoh cara hewan melindungi diri dari musuhnya.
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan ).
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu :
Pertemuan 1 : – Melakukan pengamatan bentuk-bentuk penyesuaian pada hewan untuk
memperoleh makanan, misalnya burung, serangga, dan unta.
– Mendata nama-nama burung berdasarkan bentuk paruh dan kakinya serta jenis
makanannya.
Pertemuan 2 : – Mengumpulkan berbagai data cara hewan melindungi diri dari musuhnya,
misalnya : cumi-cumi, bunglon, cicak.
Materi Pembelajaran.
Cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan
1. Hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi
diri dari musuh.
2. Elang berkaki kuat dan berkuku tajam berguna mencengkeram dan mencabik-cabik
mangsanya.
3. Kaki itik berselaput berguna untuk berenang.
4. Kaki ayam lurus dan berkuku sedang guna mengais tanah mencari makanan.
5. Paruh itik berbentuk sudu berguna untuk mencari makanan di lumpur.
6. Paruk kolibri kecil dan panjang berguna untuk mengisap nectar.
7. Bunglon melindungi diri dengan mimikri (merubah warna kulitnya).
8. Cicak melindungi diri dengan memutuskan ekornya (ototomi).
9. Cumi-cumi melindungi diri dengan mengeluarkan tinta hitam.
Metode Pembelajaran.
1. Model
a. Direct Instruction (DI)
b. Cooperative Learning (CL)
2. Metode
a. Demonstrasi.
b. Eksperimen.
c. Diskusi.
d. Tanya jawab.
e. Ceramah.
Langkah-langkah
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Asensi siswa.
2. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
3. Apersepsi misalnya
Pernahkah kalian melihat burung elang, bagaimana bentuk paruh dan bentuk kakinya ?
b. Kegiatan Inti.
1. tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru mempresentasikan materi tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan
lingkungannya.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik mengamati gambar paruh dan kaki burung lalu siswa
menentukan jenis makanannya.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru.
6. Guru memeriksa kegiatan peserta didik dan memberikan bimbingan.
7. Siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Uji kompetensi tertulis.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Absensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya :
– pernahkah kamu melihat bunglon?
– Mengapa warna bunglon selalu berubah sesuai dengan tempatnya berada.
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru menjelaskan cara hewan melindungi diri dari musuhnya demi untuk kelangsungan
hidup hewan.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik membuktikan bentuk perlindungan diri hewan
menggunakan alat peraga.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru.
6. Guru memeriksa proses kegiatan siswa dan memberikan bimbingan.
7. Siswa melakukan presentase hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
Sumber Belajar.
1. Buku Paket IPA kelas V.
2. Gambar-gambar hewan.
3. Hewan disekitar siswa / lingkungan.
Penilaian Hasil Belajar.
1. Teknik Penilaian dan bentuk instrumen.
Teknik : – Tes Unjuk Kerja.
– Tes Tertulis.
Bentuk instrumen. : – Tes identifikasi.
– Essay.
– Isian.
2. Contoh Instrumen
Pertemuan 1
a. Soal tes identifikasi dan uji kerja prosedur.
Lakukan pengamatan terhadap bentuk paruh dan kaki burung mengguanakan model alat
peraga.
b. Contoh tes essay
1. Coba jelaskan mengapa bentuk paruh burung berbeda-beda ?
2. Coba jelaskan mengapa bentuk kaki burung berbeda ?
Pertemuan 2
a. Soal tes identifikasi dan uji kerja prosedur.
– Lakukan pengujian untuk mengetahui bentuk perlindungan diri hewan
menggunakan alat peraga.
b. Contoh tes isian.
1. Landak melindungi diri dari musuhnya dengan . . . .
2. Cicak memutuskan ekornya disebut . . . .
3. Bunglon merubah warna kulitnya tujuannya untuk . . . . .
4. Cumi-cumi melindungi diri dari musuhnya dengan cara . . . .
5. Hewan yang mempunyai sengat guna melindungi dirinya adalah . . .

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s