RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan
Lingkungan.
Kompetensi Dasar : 3.2. Mengidentifikasikan penyesuaian diri dengan lingkungan tertentu untuk
mempertahankan hidup.
Indikator : – Menjelaskan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungannya
untuk memperoleh makanan.
– Mendiskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi
diri.
– Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dan tempat hidupnya.
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan ).
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu :
Pertemuan 1 : – Melakukan pengamatan pada tumbuhan yang hidup di air maupun di darat.
– Memberikan contoh / mendata nama-nama tumbuhan yang hidup di darat
maupun yang mampu hidup di air.
Pertemuan 2 : – Mengumpulkan berbagai data cara tumbuhan melindungi dirinya.
– mengumpulkan data mengenai ciri-ciri khusus tumbuhan yang hidup di air
dan ciri-ciri khusus tumbuhan yang hidup di tanah kering.
Materi Pembelajaran.
1. Penyesuaikan tumbuhan untuk memperoleh makanan.
2. Tumbuhan mampu membuat makanan sendiri.
3. Tumbuhan ada yang mampu hidup di air, di darat dan gurun.
4. Contoh tumbuhan yang hidup di air adalah teratai dan enceng gondok.
5. Contoh tumbuhan yang hidup di darat adalah pohon jati.
6. Contoh tumbuhan yang hidup di gurun adalah kaktus.
7. Tumbuhan yang melindungi diri dengan duri contoh bunga mawar, salak, dan jeruk.
8. Tumbuhan yang melindungi diri dengan getah contoh buah nangka, sawo, dan pepaya.
9. Tumbuhan yang melindungi diri dengan racun contoh jarak dan ketawang.
10. Ciri tumbuhan air adalah batang dan tangkainya terendam dalam air daunnya mengapung di
permukaan air.
11. Ciri tumbuhan kering adalah kulit tebal, batangnya sangat tebal untuk menampung banyak air
dan mencegah penguapan.
Metode Pembelajaran.
1. Model
a. Direct Instruction (DI)
b. Cooperative Learning (CL)
2. Metode
a. Demonstrasi.
b. Eksperimen.
c. Diskusi.
d. Tanya jawab.
e. Ceramah.
Langkah-langkah
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Asensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya
Pernahkah kalian melihat enceng gondok ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru menjelaskan materi tentang cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan
lingkungannya.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik mengamati berbagai tumbuhan di darat dan di air di
lingkungan sekitar.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru.
6. Guru memeriksa kegiatan peserta didik dan memberikan bimbingan.
7. Siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
2. Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Absensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya :
– pernahkah kamu melihat bunga mawar ?
– Apakah memiliki duri yang tajam ?
2. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru menjelaskan cara tumbuhan melindungi diri demi kelangsungan hidupnya.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik membuktikan bentuk perlindungan diri tumbuhan
mengadakan pengamatan langsung dilingkungan sekitar.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru.
6. Siswa melakukan presentase hasil kerja kelompok di depan kelas.
3. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
Sumber Belajar.
1. Buku Paket IPA kelas V.
2. Lingkungan / Tumbuhan
3. Gambar-gambar tumbuhan.
Penilaian Hasil Belajar.
1. Teknik Penilaian dan bentuk instrumen.
Teknik Bentuk Instrumen
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
Isian
Essay
2. Contoh Instrumen
Pertemuan 1
a. Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur.
– lakukan pengamatan terhadap tumbuhan yang hidup di darat dan tumbuhan
yang hidup di air.
b. Contoh tes isian.
1. Tumbuhan jati menyesuaikan diri pada lingkungan dengan cara .
2. Enceng gondok adalah tumbuhan yang dapat hidup di . . .
3. Kaktus adalah tumbuhan yang dapat hidup di . . .
.
Pertemuan 2
a. Soal tes identifikasi dan uji kerja prosedur.
– Lakukan pengamatan terhadap tumbuhan dan buktikan dengan cara / bentuk
apakah tumbuhan melindungi dirinya !
b. Contoh tes essay.
1. Dengan cara apakah tumbuhan di bawah ini melindungi diri :
a. Bunga mawar.
b. Kecubung.
c. Buah nangka.
d. Tanaman nanas.
e. Bambu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s