RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Standar Kompetensi : 4. Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan
Lingkungan.
Kompetensi Dasar : 4. 1. Mendiskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan
penyusunnya, misalnya benang, kain dan kertas.
Indikator : – Menjelaskan beberapa bahan penyusun yang terdapat pada berbagai jenis
benda (seperti kain, benang, kertas ).
– Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan ).
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu :
Pertemuan 1 : – Melakukan pengamatan terhadap berbagai bahan.
Misal : kertas, kain, benang.
Pertemuan 2 : – Menjelaskan beberapa bahan penyusun yang terdapat pada berbagai jenis
benda (seperti : kain, benang, kertas )
Pertemuan 3 : – Memberikan contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
– Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dan sifatnya
dari percobaan.
Materi Pembelajaran.
1. Sifat benda mempunyai struktur yang berbeda sesuai dengan manfaatnya.
2. Struktur penyusun lain berbeda dengan tali dan kertas.
3. Kain terbuat dari wol, kapas maupun serat ulat sutera.
4. Tali terbuat dari serat nenas, bamboo, yut sabu, dan sebagainya.
5. Tali terbuat dari kulit kayu.
6. Setiap bahan penyusun mempunyai sifat berbeda.
7. Pembuatan benda dengan struktur tertentu bertujuan untuk
a. menghemat bahan baku. c. memperindah.
b. Menambah kekuatan benda. d. menghasilkan sifat baru.
Metode Pembelajaran.
1. Model
a. Direct Instruction (DI)
b. Cooperative Learning (CL)
2. Metode
a. Demonstrasi.
b. Eksperimen.
c. Diskusi.
d. Tanya jawab.
e. Ceramah.
Langkah-langkah
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Asensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya
– Kalian pernah memegang benang ?
– Seperti apa ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru mempersiapkan materi tentang berbagai jenis bahan.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik mengadakan pengamatan langsung terhadap berbagai
bahan dan jenisnya.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan.
6. Siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Absensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya :
– Kalian pernah memegang benang wol ?
– Kalian pernah memegang benang senar ?
– Menurut kalian dari apakah bahan penyusunnya ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru mempresentasikan materi tentang sifat-sifat berbagai jenis bahan.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik berdiskusi mencari bahan penyusun yang terdapat pada
berbagai jenis bahan ( seperti benang, kain, dan kertas ).
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan.
6. Siswa melakukan presentase hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Absensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya :
– Kalian pernah memegang benang biola ?
– Jenis plastik apakah yang dipasang pada alat musik biola ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru mempresentasikan materi tentang penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan
strukturnya.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok.
4. Guru meminta peserta didik berdiskusi memberikan contoh penggunaan berbagai jenis
bahan berdasarkan strukturnya serta menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis
penyusun bahan dan sifatnya dari percobaan.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan.
6. Siswa melakukan presentase hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
Sumber Belajar.
1. Buku Paket IPA kelas V.
2. Bahan-bahan seperti benang wol, senar, nilon, kertas, kain.
Penilaian Hasil Belajar.
1. Teknik Penilaian dan bentuk instrumen.
Teknik Bentuk Instrumen
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
Isian
Essay
2. Contoh Instrumen
Pertemuan 1
a. Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur.
– lakukan pengamatan terhadap berbagai jenis bahan seperti benang, kertas, kain
mengenai sifat-sifatnya !
b. Soal essay.
1. Dari pengamatanmu terhadap wol, nilon dan senar carilah sifat dari :
– Benang wol.
– Benang nilon.
– Benang senar.
Pertemuan 2
a. Soal tes identifikasi dan uji kerja prosedur.
– Lakukan pengamatan terhadap benang, kain dan kertas, kemudian carilah bahan
penyusunnya !.
b. Soal essay.
1. Bahan apakah yang paling banyak digunakan untuk membuat benang ?
2. Bahan apakah yang paling banyak digunakan untuk membuat kertas ?
3. Bahan apakah yang paling banyak digunakan untuk membuat kain?
Pertemuan 3
a. Soal identifikasi.
– Lakukan pengamatan terhadap gitar, tali gitar !
b. Soal tes isian.
– Tali gitar biasanya terbuat dari jenis . . . .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s