RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Standar Kompetensi : 4. Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan
Lingkungan.
Kompetensi Dasar : 4. 2. Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda baik
sementara maupun tetap.
Indikator : – Mengumpulkan dua tentang sifat benda seperti bentuk, warna,
kelenturan, kekerasan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
– Menyebutkan faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.
Alokasi waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan ).
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu :
Pertemuan 1 : – Mengumpulkan dua tentang sifat benda seperti bentuk, warna, kelenturan,
kekerasan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
Pertemuan 2 : – Menjelaskan beberapa bahan penyusun yang terdapat pada berbagai jenis benda
(seperti : kain, benang, kertas )
Pertemuan 3 : – Memberikan contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
– Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dan sifatnya
dari percobaan.
Materi Pembelajaran.
– benda dapat mengalami perubahan sifat.
– Faktor yang menyebabkan perubahan benda adalah suhu, yaitu pemanasan, pendinginan,
perkaratan.
– Panas dan dingin mengakibatkan benda mengalami perubahan wujud.
– Pembakaran dapat menyebabkan benda berubah bentuk, warna, kelenturan maupun bau .
– Perubahan wujud ada dua yaitu :
a. Perubahan wujud sementara.
b. Perubahan wujud tetap.
– Perubahan sementara contohnya : air menjadi es, kemudian kembali menjadi air.
– Perubahan wujud tetap contohnya : kayu dibakar menjadi abu tidak dapat kembali menjadi
kayu.
– Perubahan wujud yang tetap disebut perubahan sifat.
Metode Pembelajaran.
1. Model
a. Direct Instruction (DI)
b. Cooperative Learning (CL)
2. Metode
a. Demonstrasi.
b. Eksperimen.
c. Diskusi.
d. Tanya jawab.
e. Ceramah.
Langkah-langkah
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Asensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya
– Kalian pernah melihat lilin ?
– Bagaimana bentuknya, warnanya, kekerasannya ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru menjelaskan materi tentang sifat benda sesudah mengalami perubahan.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik untuk mengumpulkan data tentang sifat benda seperti
bentuk, warna, kelenturan, bau sebelum dan sesudah benda mengalami perubahan.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja kelompok yang sudah
disediakan.
6. Siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
4. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
5. Uji kompetensi tertulis.
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Absensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya :
– Kalian pernah melihat es ? bagaimana jika es dipanaskan ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru dengan murid mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru mempresentasikan materi tentang sifat-sifat berbagai jenis bahan.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik melakukan pengamatan langsung terhadap benda seperti
lilin dipanaskan, kertas dibakar, semen dicampur air, pembusukan buah.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja kelompok yang sudah
disediakan.
6. Siswa melakukan presentasi hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
3. Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan.
1. Berdoa.
2. Absensi siswa.
3. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
4. Apersepsi misalnya :
– Es dibiarkan lama kelamaan menjadi air. Menurut kalian karena pengaruh apa ?
b. Kegiatan Inti.
1. Tanya jawab singkat antara guru mengenai materi yang telah lalu.
2. Guru mempresentasikan materi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan perubahan
pada benda.
3. Guru membagi peserta didik secara berkelompok untuk melakukan diskusi.
4. Guru meminta peserta didik mendiskusikan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan
pada suatu benda.
5. Guru meminta peserta didik mengerjakan lembar kerja yang sudah disediakan.
6. Siswa melakukan presentase hasil kerja kelompok di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup.
1. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2. Guru memberikan ulas balik pada siswa mengenai hasil diskusi.
3. Uji kompetensi tertulis.
Sumber Belajar.
1. Buku Paket IPA kelas V.
2. Bahan-bahan seperti seperti lilin, kertas, api, es.
Penilaian Hasil Belajar.
1. Teknik Penilaian dan bentuk instrumen.
Teknik Bentuk Instrumen
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
Isian
2. Contoh Instrumen
Pertemuan 1.
a. Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur.
– Lakukan pengamatan terhadap kayu, lilin, buah mangga kemudian catatlah datadata
mengenai sifatnya seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, bau
sebelum dan sesudah mengalami perubahan !
Sifat Benda
No. Nama Benda
Sebelum Berubah Sesudah Berubah
1. Kayu
2.
3.
4.
5.
Lilin
Buah mangga
………………..
………………..
Pertemuan 2.
a. Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur.
– Lakukan percobaan lilin yang dipanaskan, kertas yang dibakar, semen yang
dicampur air dan buah yang telah busuk, kemudian amatilah !
b. Soal isian.
1. Terjadi perubahan apakah lilin yang dipanaskan ?
2. Kertas bila dibakar akan menjadi . . . .
3. Apakah yang terjadi apabila buah yang sudah masak dibiarkan terlalu lama ?
Pertemuan 3
a. Soal tes essay.
– Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan pada benda !

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s