Menghitung Durasi Tidur yang Pas

durasi tidurBerapa sebenarnya kebutuhan tidur manusia? Ada yang menyatakan kebutuhan tidur akan cukup jika tercukupi 8 jam. Tetapi, ada juga studi yang mengklaim kalau tidur berlebih justru buruk bagi kesehatan. Lantas, pendapat mana yang paling tepat?

Menurut Joyce Walsleben, co-author A Woman’s Guide to Sleep, semua orang mempunyai kebutuhan tidur berbeda. Anda bisa mengukur sendiri apakah tidur Anda cukup atau tidak. Patokannya, “jika Anda tidak mengantuk pada situasi yang membosankan di siang hari, berarti tidur Anda cukup.” Tidak ada patokan resmi berapa jam seseorang harus tidur.

Adapun mengenai pendapat yang menyatakan seseorang yang tidur lebih dari 8 jam semalam meninggal lebih muda dibandingkan mereka yang tidur antara 6 dan 8 jam, Najib Ayas, M.D., MPH, assistant professor of medicine dari University of British Columbia, menyatakan, para ilmuwan belum menemukan apakah tidur lebih lama merupakan penyebab dari buruknya kesehatan atau merupakan gejala dari gangguan kesehatan. Para peneliti hanya menduga, mereka yang tidur lama mungkin menderita gangguan seperti sleep apnea, depresi, atau diabetes yang tidak terkontrol sehingga mereka menghabiskan waktu lebih lama di tempat tidur.

Satu pemikiran pada “Menghitung Durasi Tidur yang Pas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s