RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungannya
Indikator :
– Menyebutkan ciri-ciri khusus hewan kelelawar, cicak, bebek.
– Menyebutkan tempat hidup hewan kelelawar, cicak, bebek
– Menjelaskan hubungan khusus antara kelelawar, cicak, bebek, dengan tempat hidupnya.
I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus hewan kelelawar, cicak, bebek
– Siswa dapat menyebutkan tempat hidup hewan kelelawan, cicak, bebek dengan tempat hidupnya.
II. Materi Pokok
Hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungan hidupnya.
III. Metode Pembelajaran
– Diskusi
– Tugas
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Siswa diajak tanya jawab singkat yang berhubungan dengan materi
Kegiatan inti
Pertemuan I
– Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 siswa
– Siswa dibimbing untuk mengamati gambar yang sudah disiapkan guru, untuk dicatat ciri-ciri khusus
dari hewan kelelawar, cicak, bebek.
– Siswa dibimbing untuk mendiskusikan hasil kelompoknya.
– Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan hasil kelompoknya.
Pertemuan II
– Setelah apersepsi siswa melanjutkan kegiatan untuk mengamati untuk mengamati tempat hidup
hewan berciri-ciri khusus.
– Siswa dibimbing untuk mendiskusikan hasil kerja kelompoknya.
– Dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
– Setelah apersepsi sejenak siswa diberi tugas untuk menemukan hal-hal khusus hewan kelelawar,
cecak, bebek dengan tempat hidupnya.
– Siswa diajak tanya jawab tentang hubungan hewan dengan ciri-ciri khusus terhadap tempat
hidupnya.
– Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan penting mengenai hubungan hewan berciri-ciri
khusus dengan tempat hidupnya.
Kegiatan akhir
Setiap akhir pertemuan siswa dimantapkan dengan diberi tugas secara perorangan untuk:
a. menyebutkan ciri-ciri khusus hewan yang pernah dijumpai dilingkungan minimal 10 hewan.
(pertemuan ke: I)
b. menyebutkan tempat hidup hewan yang ditemukan pada data A (pertemuan ke:II).
c. Siswa ditugasi untuk menemukan hubungan dari data A dengan data B (pertemuan ke:III)
V. Alat dan Sumber Bahan
– Gambar-gambar hewan
– Lingkungan sekitar
– Buku paket IPA. KI. VI
– Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes :
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1. Sebutkan ciri khusus dari hewan kelelawar!
2. Sebutkan ciri khusus dari hewan cicak!
3. Sebutkan ciri khusus dari hewan bebek!
4. Sebutkan ciri khusus dari hewan bunglon!
5. Sebutkan ciri khusus dari hewan kadal!
Pertemuan II
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara lisan!
Sebutkan tempat hidup hewan di bawah ini!
a. Kelelawar
b. Cicak
c. Bebek
d. Bungklon
e. Kadal
f. Anjing
g. Kucing
Pertemuan III
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
a. Jelaskan cicak dapat berjalan di dinding!
b. Mengapa kadal mengeluarkan kelenjar bau dari kaki belakangnya?
c. Jelaskan manfaat gelombang ultra yang dipancarkan kelelawar pada saat terbang?
d. Apa guna selaput jari yang ada pada kaki bebek?
e. Apa yang dimaksud dengan mimikri dan ekolokasi?
Diskusikan ciri-ciri khusus hewan tersebut dalam hubungannya dengan lingkungan hidupnya.
Laporkan dalam diskusi kelas.
No Nama Binatang Ciri-ciri Khusus Tempat hidup
1 Kelelawar
2 Cicak
3 Bebek
4 Bunglon
5 Kadal
Kesimpulan:
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………….
Kelompok
1.
2.
3.
4.
FORMAT PENILAIAN
Aspek No Kelompok Nama Siswa yang dinilai
Kerja
sama
Ide Ketrampil
an
Skor
Nilai
Ratarata
1
2
3
4
5
Keterangan:
A. Amat baik : 9,1 – 10
B. Baik : 8,1 – 9
C. Sedang : 7,1 – 8
D. Cukup : 6,1 – 7
E. Kurang : 5,1 – 6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s