RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tubuhan (kaktus dan tumbuhan pemakan
serangga) dan lingkungannya
Indikator :
– Menyebutkan ciri-ciri khusus tubuhan tertentu (kaktus, dan tumbuhan pemakan serangga)
– Menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut.
– Menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus antara tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga dengan
tempat hidupnya.
I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus tumbuhan tertentu (kaktus, dan tumbuhan pemakan
serangga)
– Siswa dapat menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut.
– Siswa dapat menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus antara tumbuhan kaktus dan tumbuhan
pemakan serangga dengan tempat hidupnya.
II. Materi Pokok
Hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungannya.
III. Metode Pembelajaran
– Diskusi
– Tugas
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Pertemuan I
– Siswa diajak Tanya jawab secara singkat yang berkaitan dengan materi
– Siswa diberi pertanyaan prasyarat seperti:
Beri 3 contoh hewan yang memiliki ciri khusus!
Adakah tumbuhan disekitar kita yang memiliki ciri khusus?
Kegiatan inti
– Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota maksimum 4 siswa, pergantian
anggota kelompok diusahakan 3 atau 6 bulan sekali
– Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati gambar-gambar tumbuhan dengan ciri khusus
(Kaktus, kantong semar, teratai, ecenggondok).
– Siswa dibimbing untuk menemukan ciri khusus dari tumbuhan yang diamati.
– Dengan bimbingan guru siswa mengadakan diskusi kelas.
– Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan catatan-catatan penting.
Kegiatan akhir
Melakukan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan tersebut
Memberi tugas PR
Pertemuan II
Kegiatan awal
Siswa diberi pertanyaan prasyarat misalnya:
– Apa ciri khusus kaktus?
– Dimana ecenggondok dapat hidup?
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mengamati gambar yang telah disediakan guru mengenai tumbuhan : kaktus,
kantong semar, teratai, ecenggondok beserta lingkungan hidupnya.
– Siswa dibimbing untuk menyebutkan / menemukan tempat hidup dari tumbuhan berciri khusus
tersebut.
– Siswa dibimbing untuk mengadakan diskusi kelas.
– Siswa dibimbing untuk membuat kesimpulan dan catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : melakukan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut.
Tindak lanjut : Siswa diberikan tugas PR
Pertemuan III
Kegiatan awal
Siswa diberi pertanyaan prasyarat, misalnya:
– Dimanakah kaktus dapat hidup?
– Apa hubungan ecenggondok dengan air?
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa membahas hubungan tumbuhan berciri khusus dengan lingkungan hidupnya.
– Secara klasikal siswa dibimbing untuk membahas tumbuhan berciri khusus dengan lingkungan
hidupnya.
– Siswa dibimbing untuk membuat kesimpulan dan catatan penting.
Kegiatan akhir
Refleksi : melakukan penguatan dan pemabahasan masalah yang ditemui dalam kegiatan
pembelajaran itu.
Tindak lanjut : siswa diberi tugas PR.
V. Alat dan Sumber Bahan
– Gambar tumbuhan dengan ciri khusus
– Alam sekitar
– Buku paket IPS
– Buku penunjang yang relevan
– Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes : Terlampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s