RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami cara perkembanganbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan perkembangan dan pertumbuhan makhluk manusia dari bayi sampai lanjut usia.
Indokator :
– Menjelaskan perkembangan pada manusia
– Menjelaskan pertumbuhan pada manusia
– Mendiskripsikan tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan manusia
– Membandingkan struktur tubuh masa anak-anak dan remaja
– Berperilaku adaptif terhadap perkembangan manusia
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan proses pembelajaran siswa mampu:
– Menjelaskan pengertian perkembangan dan pertumbuhan pada manusia
– Menyebutkan tanda-tanda pertumbuhan manusia
– Menyebutkan tahap-tahap perkembangan manusia
– Mendiskripsikan tanda-tanda pertumbuhan manusia
II. Materi Pembelajaran
Perkembangan dan pertumbuhan manusia
III. Metode Pembelajaran
– Diskusi
– Kerja kelompok
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan awal
– Siswa dihadapi foto manusia bayi, anak-anak, remaja dan dewasa
– Siswa diberi pertanyaan prasyarat: Apakah berbedaan pertumbuhan / perkembangan dari foto yang
kamu lihat?
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mendifinisikan pengertian tumbuhan dan perkembangan manusia.
– Siswa secara kelompok mengamati foto tahap-tahap pertumbuhan manusia
– Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompoknya secara klasikal
– Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan dan catatan-catatan penting.
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan kedua
Kegiatan awal
Siswa diberi pertanyaan prasyarat tahapan pada pertumbuhan dan perkembangan
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mengamati tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada obyek yang telah
ditentukan guru.
– Siswa membawa hasil kerja kelompoknya ke diskusi kelas
– Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan hasil kerja / diskusi kelas dan membuat catatan-catatan
penting.
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan III
Kegiatan awal
Siswa diberi pertanyaan prasyarat tahapan pada pertumbuhan dan perkembangan
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mendiskripsikan tahapan dan tanda-tanda pada pertumbuhan dan
perkembangan manusia.
– Dengan bimbingan guru siswa melakukan kerja kelompok
– Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi klasikal
– Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan dan catatan-catattan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
V. Alat dan Sumber Bahan
Foto
Gambar-gambar pertumbuhan manusia
Buku paket IPS Kelas VI
Buku-buku yang relevan
Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes : Terlampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s