RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)
Indikator :
– Menjelaskan ciri-ciri fisik perkemabangan anak laki-laki
– Menjelaskan ciri-ciri fisik perkembangan anak perempuan
– Mendiskripsikan tanda-tanda perkembangan seksual primer masa pubertas (remaja)
– Menjaga kebersihan fisik dan alat reproduksi
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa mampu
– Menjelaskan ciri fisik perkembangan anak laki-laki dan perempuan
– Mendiskripsikan tanda-tanda perkembangan seksual primer masa pubesitas
– Menjaga kebersihan fisik dan alat reproduksi
II. Materi Pokok
Ciri-ciri perkembangan fisik
III. Metode Pembelajaran
– Diskusi / Kerja kelompok
– Ceramah
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan awal
Siswa diberi pertanyaan prasyarat
– Bagaimana perbedaan fisik masa anak-anak dengan masa remaja
– Memotivasi siswa untuk mengetahui ciri fisik pada anak remaja
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mengamati dua gambar yang berbeda jenis kelamin pada masa anak-anak
dan remaja
– Secara kelompok siswa menunjukkan perbedaan ciri fisik perkembangan anak laki-laki dan
perempuan
– Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas
– Siswa membuat kesimpulan dan catatan penting dengan bimbingan guru
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan II
Kegiatan awal
Siswa diberi pertanyaan prasyarat:
– Bagaimana perbedaan ciri fisik perkembangan anak laki-laki dengan anak perempuan?
Kegiatan inti
– Secara klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tanda-tanda seksual primer pada
anak usia pubertas.
– Siswa diajak Tanya jawab mengenai perkembangan tanda seksual primer anak usia pubertas.
– Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan-catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertamuan III
Kegiatan awak
Siswa diberi pertanyaan prasyarat:
– Mengapa pada usia remaja biasanya tumbuh jerawat?
– Mengapa bila usia remaja anak laki-laki tumbuh kumis?
Kegiatan inti
– Secara klasikal siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menjaga kebersihan fisik dan
alat reproduksi
– Siswa diajak Tanya jawab mengenai cara-cara menjaga kebersihan fisik dan alat reproduksi
– Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan-catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
V. Alat dan Sumber Bahan
– Foto yang relevan
– Gambar-gambar perkembangan fisik anak masa remaja/pubertas
– Buku pater IPA Kelas VI
– Buku-buku yang relevan
– Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes : Terlampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s