RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Mamahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
Indikator :
– Menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan
– Mengidentifikasikan bagian-bagian bunga
– Mempraktekkan cara pembiakan tumbuhan secara vegetatif buatan
– Menyebutkan cara perkembangbiakan hewan
– Membandingkan cara perkembangbiakan hewan
– Membedakan ciri hewan bertelor dengan beranak
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui kegiatan pembelajaran siswa mampu:
– Dapat membiakkan tumbuhan dengan cara stek dan cangkok
– Menyebutkan cara-cara perkembangbiakan pada tumbuhan
– Mengidentifikasi bagian-bagian bunga
– Menggolongkan hewan vivipar dan ovipar
II. Materi Pokok
Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
III. Metode Pembelajaran
– Diskusi / Kerja kelompok
– Ceramah
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengam diberi pertanyaan prasyarat:
Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan?
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mengamati tumbuhan yang ada dilingkungannya.
– Secara kelompok siswa mendiskusikan perkembangbiakan tumbuhan yang dijumpainya.
– Secara klasikal siswa menyimpulkan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
– Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan II
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
Sebutkan cara perkembangbiakan pada tumbuhan yang kamu ketahui!
Kegiatan inti
– Secara kelompok siswa mengamati bunga atau gambar bunga
– Siswa mendiskusikan bagian-bagian bunga
– Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan hasil kerja kelompoknya
– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara mencangkok dan menyetek tanaman serta
membuat catatan-catatan penting secara klasikal
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan III
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
– Sebutkan bagian-bagian bunga!
– Pohon apa saja yang dapat dicangkok?
– Dengan cara bagaimana ayam berkembang biak?
– Dengan cara bagaimana kambing berkembang biak?
Kegiatan inti
– Secara klasikan guru menjelaskan tentang perkembangbiakan pada hewan
– Siswa memperhatikan penjelasan yang diberikan guru
– Siswa dengan bimbingan guru menyebutkan cara-cara perkembangbiakan hewan
– Dengan bimbingan guru siswa membandingkan cara perkembangbiakan ovipar dengan vivipar
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
V. Alat dan Sumber Bahan
– Lingkungan alam sekitar
– Gambar-gambar perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
– Buku paket IPA kelas VI
– Buku-buku yang relevan
– Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes : Terlampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s