RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsi cara perkembangbiakan manusia
Indikator :
– Menyebutkan cara perkembangbiakan manusia
– Menyebutkan alat-alat reproduksi laki-laki dan perempuan
– Menjelaskan tahapan perkembangan janin
– Menjelaskan sifat-sifat manusia sesuai dengan perkembangan usia
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa mampu:
– Menyebutkan cara perkembangbiakan pada manusia
– Menjelaskan sifat-sifat manusia sesuai dengan perkembangan usia
– Menyebutkan alat-alat reproduksi laki-laki dan perempuan
– Menjelaskan tahapan berkembangan janin
II. Materi Pokok
Cara perkembangbiakan manusia
III. Metode Pembelajaran
– Diskusi / Kerja kelompok
– Ceramah
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
– Bagaimana hewan berkembang biak?
– Apakah manusia juga berkembang biak?
Kegiatan inti
– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara perkembangbiakan pada manusia dan alat
reproduksi laki-laki dan perempuan
– Dengan bimbingan guru siswa melakukan Tanya jawab
– Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan-catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan II
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
Mengapa manusia perlu berkembangbiak?
Kegiatan inti
– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tehapan perkembangbiakan janin.
– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang sifat-sifat manusia sesuai dengan perkembangan
usia
– Dengan bimbingan guru siswa melakukan Tanya jawab
– Dengan bimbingan guru siswa membuat catatan-catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
V. Alat dan Sumber Bahan
– Lingkungan sekitar
– Gambar-gambar perkembangan janin
– Buku paket IPA kelas VI
– Buku-buku yang relevan
– Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes : Terlampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s