RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI/I
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit (4 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
Kompetensi Dasar :
– Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
– Mendiskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam
dan kehidupan masyarakat
Indikator :
– Mengidentifikasi hewan yang mendekati kepunahan
– Menginfentarisir jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan
– Memberi contoh hewan langka dan asal daerahnya
– Memberi contoh tumbuhan langka dan asal daerahnya
– Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan alam
– Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam hubungannya dengan kehidupan masyarakat
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah akhir pembelajaran siswa dapat:
– Mengidentifikasi hewan yang mendekati kepunahan
– Menginfentarisir jenis tumbuhan yang mendekati kepunahan
– Memberi contoh hewan langka dan asal daerahnya
– Memberi contoh tumbuhan langka dan asal daerahnya
– Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan
alam
– Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam hubungannya dengan kehidupan
masyarakat
II. Materi Pokok
– Hewan dan tumbuhan langka
– Pelestarian makhluk hidup
III. Metode
– Diskusi / Kerja kelompok
– Ceramah
– Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
– Sebutkan hewan yang pernah kamu ketahui
Kegiatan inti
– Secara berkelompok siswa mengamati gambar hewan, kemudian mengelompokkan hewan langka
dan tidak
– Dengan bimbingan guru siswa diajak Tanya jawab
– Dengan bimbingan guru siswa mendiskusikan hasil kerja kelompoknya
– Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan dan catatan-catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan II
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
– Sebutkan hewan yang hampir punah
Kegiatan inti
– Secara berkelompok siswa mengamati gambar hewan, kemudian mengelompokkan hewan langka
dan tidak
– Dengan bimbingan guru siswa diajak Tanya jawab
– Dengan bimbingan guru siswa mendiskusikan hasil kerja kelompoknya
– Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan dan catatan-catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan III
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
– Sebutkan hewan yang hampir punah
Kegiatan inti
– Siswa memperhatikan penjelaan guru tentan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam
hubungannya dengan ilmu pengetahuan alam.
– Dengan bimbingan guru siswa diajak Tanya jawab dan membuat catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
Pertemuan IV
Kegiatan awal
Siswa dimotivasi dengan diberi pertanyaan prasyarat:
– Sebutkan hewan yang hampir punah
Kegiatan inti
– Siswa memperhatikan penjelaan guru tentan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam
hubungannya dengan ilmu pengetahuan alam.
– Dengan bimbingan guru siswa diajak Tanya jawab dan membuat catatan penting
Kegiatan akhir
Refleksi : memberikan penguatan dan pembahasan masalah yang muncul dari kegiatan
pembelajaran tersebut
Tindak Lanjut : Siswa diberi tugas PR
V. Alat dan Sumber Bahan
– Lingkungan sekitar
– Gambar-gambar hewan dan tumbuhan langka
– Buku paket IPA kelas VI
– Buku-buku yang relevan
– Pengalaman guru
VI. Penilaian
a. Prosedur tes : Tertulis, lisan, proses
b. Jenis tes : Uraian singkat
c. Alat tes : Terlampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s