RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : VI/2
Kompetensi Dasar : 7. Mempratekkan pola penggunaan perpindahan energi
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Indikator : – Menentukan hubungan antara beban-beban, jarak, dan gerak pada
jungkat-jungkit
– Mendiskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1. Menjelaskan cara perpindahan energi listrik
2. Mendiskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
II. Materi Pembelajaran
– Perpindahan dan perubahan energi listrik
– Gaya dan gerak
III. Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran : Kelompok
2. Metode : Demonstrasi
Ceramah
Diskusi
IV. Langkah-langkah Kegiatan:
Pertemuan I
a. Kegiatan awal
– Menyiapkan alat-alat
– Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
– Apersepsi: Apakah fungsi plastik dalam kehidupan sehari-hari
b. Kegiatan inti
– Siswa mengambil alat-alat yang telah disediakan guru (alat membawa sendiri)
– Siswa melakukan percobaan penggaris platik dan kertas
– Siswa membuat laporan dengan bimbingan guru
c. Kegiatan akhir
– Laporan hasil kerja kelompok
– Bersama guru membuat kesimpulan
Pertemuan II
a. Kegiatan awal
– Menyiapkan alat-alat (Kipas, tape, lampu)
– Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
– Apersepsi:
Lampu neon bisa menyala karena adanya aliran….
Lampu neon menyala listrik mengalir melalui….
d. Kegiatan inti
– Siswa mengambil alat-alat yang telah disediakan guru
– Siswa melakukan percobaan secara kelompok (kipas, lampu, tape dll)
– Siswa membuat laporan dengan bimbingan guru
e. Kegiatan akhir
– Laporan hasil kerja kelompok
– Bersama guru membuat kesimpulan
Pertemuan III
a. Kegiatan awal
– Menyiapkan alat-alat (setrika, solder, jam)
– Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
– Apersepsi:
Bila kapas argin dinyatakan bagian mana yang bergerak….
b. Kegiatan inti
– Siswa mengambil alat-alat yang telah disediakan guru
– Siswa melakukan percobaan secara kelompok (kipas, lampu, tape dll)
– Siswa membuat laporan dengan bimbingan guru
c. Kegiatan akhir
– Laporan hasil kerja kelompok
– Bersama guru membuat kesimpulan
V. Alat dan Sumber Belajar
Alat:
1. Penggaris mika, sisir, kertas
2. Kipas (fan), setrika, lampu, solder, tape (alat-alat dilingkungan sekolah)
3. Kelereng, kaca, pasir (lingkungan sekolah)
Sumber belajar:
– Sains 4
– Sains 6
VI. Penilaian
1. Teknik penilaian
– Unjuk kerja
– Tertulis
2. Bentuk Instrumen
– Praktik
– Tertulis lembar jawab
Contoh instrument
A. Unjuk kerja
– Lakukan percobaan dengan menggunakan penggaris mika!
· Gosok berkali-kali pada rambut (penggaris) lalu potong kecil-kecil kertas tipis.
· Dekatkan penggaris tersebut apa yang terjadi?
– Lakukan percobaan di bawah ini!
· Nyalakan kipas, nyalakan lampu dst. Lihat apa yang terjadi?
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Sisir yang bersih didekatkan pada rambut yang kering, rambut akan….
2. Kertas tipis bergerak naik turun bila didekatkan penggaris mika karena energi…
3. Kipas angin bergerak karena adanya….
4. Solder listrik menjadi panas adalah perubahan energi listrik menjadi energi…
5. Lampu menyala perubahan energi listrik menjadi energi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s