RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu : 16 jam (8 x pertemuan)
Kompetensi Dasar : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam
tata surya.
Kompetensi Dasar : 9.1 Mendiskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
9.2 Mendiskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
Indikator : – Menjelaskan pengertian tata surya
– Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
– Menjelaskan sifat-sifat planet / satelit dalam tata surya
– Perbedaan planet dan bintang
– Menjelaskan rotasi bumi dan akibatnya
– Menjelaskan revolusi bumi dan akibatnya
– Mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan
– Mendemonstrasikan rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari
– Mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi,
sekaligus rotasi bumi, dan revolusi bumi terhadap matahari
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian tata surya
Pertemuan 2
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
2. Menjelaskan sifat-sifat planet / satelit dalam tata surya
Pertemuan 3
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat membedakan planet dan bintang
Pertemuan 4
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat menjelaskan rotasi bumi dan akibatnya.
Pertemuan 5
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat menjelaskan revolusi bumi dan akibatny
Pertemuan 6
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan mengelilingi
bumi
Pertemuan 7
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendemosntrasikan rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap
matahari
Pertemuan 8
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap
bumi, sekaligus rotasi bumi, dan revolusi bumi terhadap matahari.
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
a. Kegiatan awal
– Pengertian tata surya dan posisi penyusun tata surya
b. Kegiatan inti
– Siswa bersama guru menyiapkan alat-alat membuat karya rangkaian penerangan rumah
– Siswa membuat laporan kegiatan secara kelompok
c. Kegiatan akhir
– Melaporkan hasil kerja
Pertemuan IV
a. Kegiatan awal
– Guru menyiapkan alat-alat
– Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
– Apersepsi:
Sebutkan alat-alat untuk membuat rangkaian listrik dalam rumah
b. Kegiatan inti
– Siswa menyiapkan alat-alat
– Siswa mencoba menggunakan peralatan (alarm, rangkaian listrik) secara perorangan
– Membuat laporan secara lisan
c. Kegiatan akhir
– Melaporkan hasil kerja
C. Alat dan Sumber Belajar
Alat:
1. Kabel, balon, bateray
2. Kipas (fan), seterika, lampu, solder, tape (alat-alat dilingkungan sekolah)
Sumber belajar
– Sains 4
D. Penilaian
1. Teknik penilaian:
– Unjuk kerja
2. Bentuk instrument
– praktek
Contoh instrument
1. Buatlah alarm banjir dengan alat-alat sebagai berikut:
a. ember plastic
b. tiga buah pola plastic kecil
c. kabel
d. pralon kecil
e. solasi
f. klakson
2. Buatlah rangkaian listrik rumah dengan alat-alat sebagai berikut:
a. Kabel
b. 2 bolam
c. 3 saklar
d. 2 baterai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s