RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Alokasi Waktu : 16 jam (8 x pertemuan)
Kompetensi Dasar : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam
tata surya.
Kompetensi Dasar : 9.1 Mendiskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
9.2 Mendiskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
Indikator : – Menjelaskan pengertian tata surya
– Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
– Menjelaskan sifat-sifat planet / satelit dalam tata surya
– Perbedaan planet dan bintang
– Menjelaskan rotasi bumi dan akibatnya
– Menjelaskan revolusi bumi dan akibatnya
– Mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan
– Mendemonstrasikan rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari
– Mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi,
sekaligus rotasi bumi, dan revolusi bumi terhadap matahari
A. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian tata surya
Pertemuan 2
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
3. Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
4. Menjelaskan sifat-sifat planet / satelit dalam tata surya
Pertemuan 3
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat membedakan planet dan bintang
Pertemuan 4
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat menjelaskan rotasi bumi dan akibatnya.
Pertemuan 5
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat menjelaskan revolusi bumi dan akibatnya.
Pertemuan 6
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan mengelilingi
bumi
Pertemuan 7
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendemosntrasikan rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap
matahari
Pertemuan 8
– Pada akhir pembelajaran siswa dapat mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap
bumi, sekaligus rotasi bumi, dan revolusi bumi terhadap matahari.
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
– Pengertian tata surya dan posisi penyusun tata surya
Pertemuan 2
– Urutan nama-nama planet dalam sistem tata surya
– Sifat-sifat planet / satelit dalam tata surya
Pertemuan 3
– Perbedaan planet dan bintang
Pertemuan 4
– Rotasi bumi dan akibatnya
Pertemuan 5
– Revolusi bulan dan akibatnya
Pertemuan 6
– Rotasi bulan dan revolusi bulan mengelilingi bumi
Pertemuan 7
– Rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari
Pertemuan 8
– Mendemonstrasikan rotasi bumi dan revolusi bulan terhadap bumi sekaligus rotasi bumi dan revolusi
bumi terhadap matahari
C. Metode/ Tehnik
a. Ceramah bervariasi
b. Tanya jawab
c. Tugas
d. Demonstrasi
e. Diskusi kelompok
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Menyanyi bersama “Bintang Kejora”, kemudian Tanya jawab tentang tata surya
2. Kegiatan inti
Menjelaskan pengertian tata surya
Memberi contoh-contoh jenis tata surya
Mengerjakan soal
3. Kegiatan akhir
Membahas soal-soal yang dikerjakan siswa dan mengulangi tentang pengertian tata surya
Pertemuan 2 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Tanya jawab pengertian tata surya dan nama-nama planet
2. Kegiatan inti
Menjelaskan nama-nama planet dalam sistem tata surya dan sifat-sifat planet/ satelit dalam sistem tata
surya
Mengerjakan tugas
3. Kegiatan akhir
Menyimpulkan materi yang telah diberikan tentang nama-nama planet dalam sistem tata surya dan
sifat-sifat planet/ satelit dalam sistem tata surya
Pertemuan 3 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Tanya jawab pengertian tata surya dan nama-nama planet serta perbedaan planet dan bintang
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang perbedaan planet dan bintang
Mengerjakan tugas
Membahas soal-soal yang dikerjakan
3. Kegiatan akhir
Memperjelas materi yang diberikan
Pertemuan 4 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang perbedaan planet dan bintang
2. Kegiatan inti
Menjelaskan rotasi bumi dan akibatnya
Berdiskusi kelompok tentang rotasi bumi dan akibatnya
Mengerjakan tugas
Membahas hasil diskusi kelompok
3. Kegiatan akhir
Memperjelas materi yang telah diberikan
Pertemuan 5 (2 jam)
1. Kegiatan awa
Tanya jawab mengenai rotasi bumi dan akibatnya
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang revolusi bumi dan akibatnya
Mendemonstrasikan atau bermain peran cara bumi berevolusi dan mendiskusikan akibatnya
Mengerjakan tugas
3. Kegiatan akhir
Menyimpulkan tentang revolusi bumi dan akibatnya
Pertemuan 6 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang revolusi bumi dan akibatnya
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang rotasi bulan dan revolusi bulan
Mendemonstrasikan cara berevolusi dan berotasi bulan mengelilingi bumi
Mengamati dan mendiskusikan akibatnya
Mengerjakan tugas
3. Kegiatan akhir
Memperjelas materi yang diberikan dalam pembahasan tugas
Pertemuan 7 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Mengulang penjelasan tentang rotasi bulan dan revolusi bulan mengelilingi bumi
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari
Mendemonstrasikan cara bulan berotasi dan berevolusi terhadap matahari
Mengerjakan tugas
3. Kegiatan akhir
Menyimpulkan materi yang telah diberikan pembahasan tugas
Pertemuan 8 (2 jam)
1. Kegiatan awal
Tanya jawab dan penjelasan tentang rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi sekaligus rotasi bumi dan revolusi
bumi terhadap matahari dan akibatnya
Mendemonstrasikan rotasi bulan dan revolusi bulan terhadap bumi sekaligus rotasi bumi dan revolusi
bumi terhadap matahari dan akibatnya
3. Kegiatan akhir
Memperjelas materi yang diberikan dan membahas tugas
E. Sumber Belajar
1. Buku paket IPA Kelas 6
2. Buku samping yang sesuai
F. Penilaian
1. Teknik : Tes
2. Prosedur : Pretest
3. Bentuk : Uraian
G. Instrument
Pertemuan I
a. Apakah yang dimaksud dengan tata surya?
b. Sebutkan jenis-jenis tata surya?
Pertemuan 2
a. Bagaimanakah susunan planet-planet dalam tata surya kita?
b. Bagaimanakah ciri-ciri sifat dari planet Mars?
Pertemuan 3
a. Apa perbedaan antara planet dan bintang?
b. Apakah yang disebut komet?
Pertemuan 4
a. Sebutkan 3 akibat rotasi bumi?
b. Apa yang disebut rotasi bumi?
Pertemuan 5
a. Jelaskan akibat adanya revolusi bumi?
b. Apa yang disebut revolusi bumi?
Pertemuan 6
a. Peragakan cara peredaran bulan mengelilingi bumi!
b. Jelaskan akibatnya!
Pertemuan 7
a. Peragakan dengan temanmu rotasi bumi dan revolusi bumi terhadap matahari!
b. Jelaskan akibatnya!
Pertemuan 8
a. Peragakanlah peredaran bulan dan bumi dalam mengelilingi matahari!
b. Jelaskan akibatnya!

Satu pemikiran pada “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s