Atasi Ketakutan Anda

takutSeringkali, kita terlalu nyaman berada di zona aman, tak berani beranjak dan mengambil risiko. Padahal, jika kita mau membuka mata, ada banyak kesempatan menunggu.

Berikut ini beberapa “situasi sulit” yang biasanya kita buat sendiri, dan pada akhirnya malah menghambat langkah kita. Menghadapi ini, cobalah memandang masalah dengan perspektif baru.

1. “Karir saya mentok”
Menyebut demikian, sama halnya kita bersikap anti pada pilihan. Ketika kita tidak menyukai satupun pilihan yang ada di depan kita, kita tidak memilih. Dan ketika kita ditawari berbagai macam pilihan yang bagus, kita terlalu takut untuk memilih. Akibatnya, kita menjadi mangsa dari situasi yang kita buat sendiri.

Segera ambil tindakan. Tindakan apapun akan berguna. Intinya adalah bergerak. Percaya insting, dan kita pun akan lebih siap bernegosiasi dengan apapun yang akan datang nanti.

2. “Jera”

Kata jera muncul karena kita tidak siap menghadapi penolakan. “Jera” dijadikan sebagai tameng untuk melindungi diri dari rasa sakit penolakan berikutnya.  Namun akibatnya, ketika kita membiarkan diri ini terkungkung oleh rasa jera, akan banyak kesempatan terlewatkan hanya gara-gara kita terlalu meringkuk ke zona aman.

Untuk mematahkan rasa “jera”, tanyakan pada diri sendiri, “apa saya tidak menyesal bila ternyata telah melewatkan begitu banyak hal hanya karena merasa terlalu takut?”

3. “Kewalahan”
Pekerjaan yang menumpuk, memang membuat kita kelelahan. Namun, semua itu tentu bisa diatasi dengan cara efesiensi waktu bekerja, bukan dengan langsung mengecap diri “kewalahan dengan pekerjaan”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s