Mencegah Nyeri Punggung

punggungPunggung bekerja sepanjang hari. Dalam keadaan tidur pun, punggung tetap menjalankan fungsi menjaga postur tubuh kita. Bila tak benar menjaga postur tubuh, punggung bisa mengalami masalah. Nyeri, pegal, kram, merupakan beberapa keluhan yang acap muncul pada punggung.

Mencegah nyeri dan berbagai keluhan datang, Anda harus benar-benar memperhatikan postur tubuh saat berdiri, duduk, maupun tidur. .

1. Saat duduk, pastikan tubuh Anda tegak. Pilih kursi bersandaran tinggi dan kokoh. Jika harus duduk lama, selipkan bantal kecil di punggung untuk menjaga posisi punggung tetap tegak.
2. Saat mengangkat beban, jaga posisi punggung tetap tegak. Tekuklah lutut sedikit, dan biarkan kaki menyangga bobot tubuh.
3. Pilihlah kasur yang agak keras, tidak terlalu empuk hingga membuat Anda ‘tenggelam’. Kasur yang empuk dapat membuat punggung melengkung, sehingga saat bangun tubuh terasa tak nyaman.
4. Jaga pertambahan berat badan. Penderita obesitas cenderung mengalami nyeri punggung akibat beban tubuhnya disangga oleh punggung.
5. Hindari sepatu tumit tinggi, terlebih bila Anda sudah mulai merasakan rasa tidak nyaman pada punggung. Jenis sepatu ujung tumit kecil dan tinggi menyebabkan tekanan tidak wajar pada tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s