Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

bauBau mulut orang puasa seharum minyak kesturi di surga, demikian disebutkan dalam sebuah riwayat. Namun, bau tidak sedap selama seharian berpuasa bisa memicu krisis percaya diri, terlebih bila kita kita harus bersosialisasi dengan banyak orang.

Bau mulut saat puasa timbul karena berkurangnya kegiatan mengunyah. Padahal, mengunyah merupakan salah satu proses pembersihan alami mulut. Akibatnya, perkembangan bakteri penyebab bau mulut juga meningkat. Maka muncullah bau mulut.

Rongga mulut merupakan sarang bakteri. Sampai saat ini, telah teridentifikasi 350 jenis bakteri yang menghasilkan produk tidak menguntungkan. Bakteri itu mencerna protein dan menghasilkan senyawa mengandung belerang yang mudah menguap dan menimbulkan bau mulut. bakteri-bakteri itu juga bisa menyebabkan gigi berlubang dan gusi berdarah. Di antara bakteri itu, ada juga yang menghasilkan materi seperti lumpur, yang akan menarik bakteri lain untuk menempel dan hidup di sini sehingga suasana mulut semakin asam.

Langkah terbaik menjaga kebersihan mulut saat puasa adalah menyikat gigi sebelum tidur dan setelah makan sahur. Untuk memaksimalkan hasil, gunakan pasta gigi berbahan herbal dan berkumur dengan antiseptik. Bahan herbal seperti daun sirih, garam, dan jeruk nipis, bisa menjaga keseimbangan flora dalam mulut dan mempertahankan bakteri yang dibutuhkan untuk pencernaan dalam rongga mulut.

Langkah lain yang juga perlu dilakukan adalah membenahi gigi berlubang, karies gigi, dan membersihkan karang gigi. Sebab, gangguan-gangguan gigi tersebut juga sumber bau mulut. Selain itu, beberapa penyakit yang memicu bau mulut juga harus diatasi. Seperti, diabetes, tuberkulosis serta penyakitpenyakit saluran pencernaan dan pernapasan lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s