Melupakan Mantan

mantanMelupakan hal-hal manis bersama mantan kekasih bukan hal mudah, terlebih bila Anda dan dia putus secara baik-baik. Namun mutlak, hal itu harus dilakukan. Anda harus beranjak dari masa lalu, menghadapi masa depan dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Mungkin Anda berdalih, “saya hanya ingin menjaga hubungan baik”, atau “we’re just friend”. Anda perlu berhati-hati, sebab di situlah ‘bahaya’ mengintip. Siapapun tak akan bisa menjamin “bara” itu tidak akan kembali menyala. Tak terlalu masalah bila Anda berdua masih single, namun hal itu akan sangat menyakitkan bila Anda atau dia sudah sama-sama memiliki pasangan baru.

Cara terbaik melupakan mantan adalah dengan menghadapi kenyataan; bahwa Anda dan dia saat ini memiliki kehidupan sendiri. Bila Anda masih kesulitan, cobalah beberapa tips berikut. Agak keras, memang, tapi percayalah, ini akan berhasil!

1. Hindari curhat dengan mantan

Selama kita masih punya keluarga, sahabat, atau teman dekat sebisa mungkin hindari curhat-curhat dengan mantan pacar. Dengan alasan untuk menjaga tali silaturahmi, kadang-kadang banyak orang yang tetap berhubungan sebagai teman walaupun sudah tidak berpacaran lagi. Dan ketika bermasalah dengan pasangan yang sekarang, biasanya berusaha mencari tempat curhat yang lain, yaitu teman dekat atau bisa juga mantan pacar. Hal inilah yang bisa menjadi celah masalah baru akan timbul.

2. Putuskan kontak
Jangan berusaha menghubungi mantan pacar, baik lewat telepon, SMS, chatting maupun e-mail. Sebaliknya abaikan juga semua telepon, SMS, chatting dan e-mail darinya. Sangat tidak adil jika kita masih mengirim SMS kepada mantan, sementara kita sudah memiliki orang yang sangat kita kasihi.

3. Menghapus memori
Tidak perlu menyimpan benda-benda kenangan masa lalu, foto atau benda-benda lain yang pernah diberikan sang mantan kepada kita. Karena ketika benda itu masih dekat dengan kita, pasti kita akan mengingatnya terus.

4. Jangan bernostalgia
Usahakan jangan datang ke tempat-tempat yang pernah kita kunjungi bersama mantan pacar, sebab hal ini justru bisa membuat kita kembali teringat padanya.

5. Hapus profil mantan dari facebook

Hapus juga dia dari akun friendster atau situs jejaring sosial kita. Ekstrim. Tapi ini penting, untuk menghindari keinginan kita “mengintip” seluruh kegiatannya.

6. Lebih dekat dengan keluarga
Saatnya Anda lebih berkonsentrasi kepada orang yang jauh lebih peduli; keluarga dan sahabat. Jika Anda sekarang masih single, mungkin saja akan ada orang yang dapat mencintai Anda secara lebih pantas.

7. Tidak ada istilah “teman baik”
Banyak di antara kita yang berdalih sekarang hubungan dengan mantan sekarang hanya sebatas teman baik, sahabat. Namun perlu Anda ingat, persoalan akan menjadi lain kalau hubungan pertemanan itu diketahui oleh pasangan masing-masing. Kalau pasangan menyetujui, tidak masalah. Namun biasanya, pertemanan dengan mantan kekasih cenderung disembunyikan. Inilah yang menjadi bibit penyakit.

8. Menempatkan posisi kita ke dalam posisi orang lain

Coba saja kalau ternyata pasangan kita yang sekarang ternyata masih juga berhubungan dengan mantan pacarnya, apakah kita tidak akan cemburu?Β  Orang-orang yang masih ingin berhubungan dengan mantan pacarnya sebaiknya berkaca pada diri sendiri dan menyadari apakah dia sendiri akan rela apabila hal seperti itu terjadi padanya.

4 pemikiran pada “Melupakan Mantan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s