RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : –

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : I/1

Standar Kompetensi   : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring

Kompetensi Dasar       : 3.1 Membaca nyaring huruf, suku kata, dan kata dengan lafal dan intonasi

yang tepat

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi

yang tepat

Indikator                     : Membaca nyaring teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat

Alokasi Waktu                        : . . . menit

  1. A. Tujuan Pembelajaran:
    1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. B. Materi Pembelajaran:

Kata; kalimat; teks bacaan; gambar

  1. C. Metode Pembelajaran:

Ceramah; tanya jawab; penugasan

  1. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan AWAL

v  Guru mengawali kegiatan dengan cerita tentang anak yang rajin merawat tanaman

v  Kemudian, guru mengajak siswa menulis huruf awal pada gambar dengan menulis di udara

Kegiatan INTI

v  Siswa membaca kata dan atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat

v  Secara bergantian, siswa mengucapkan kata secara cepat

v  Siswa membaca nyaring teks bacaan secara bergantian

Kegiatan AKHIR

v  Guru mengajak siswa untuk menceritakan kegiatan (pengalaman masing-masing) di bidang kesehatan

  1. E. Sumber Pembelajaran:

v  Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.47-50, Erlangga

v  Sumber lain yang relevan

  1. F. Penilaian:

v  Proses (selama PBM berlangsung)

v  Lisan (lafal dan intonasi)

v  Tertulis (menjawab pertanyaan tentang isi teks)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s