RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : –

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : I/1

Standar Kompetensi   : Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh,

melengkapi, dan menyalin

Kompetensi Dasar       : 4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf

4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf

Indikator                    : Menebalkan berbagai bentuk gambar dan huruf

Melengkapi: suku kata dengan huruf; kata dengan suku kata; kalimat dengan kata

Alokasi Waktu                        : . . . menit

  1. A. Tujuan Pembelajaran:
    1. Siswa dapat menebalkan huruf dan gambar
    2. Siswa dapat  menulis huruf, suku kata, dan kata
  2. B. Materi Pembelajaran:

Huruf; suku kata; gambar yang belum selesai

  1. C. Metode Pembelajaran:

Ceramah; penugasan

  1. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan AWAL

v  Secara bersama-sama mengamati gambar (cara memegang pensil)

v  Menyalin di udara (titik berat pada cara memegang alat tulis)

Kegiatan INTI

Secara bersama-sama atau kelompok:

v  Siswa menebalkan dan menjiplak huruf (c)

v  Siswa menebalkan huruf untuk suku kata dan kata (d)

v  Siswa melengkapi kata dengan huruf (e)

v  Siswa melengkapi kalimat dengan kata (f)

v  Siswa membentuk gambar dan menulis nama benda (g)

Kegiatan AKHIR

v  Guru menceritakan pentingnya menulis rapi

v  Memberi tugas/latihan

  1. E. Sumber Pembelajaran:

v  Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.15-21, Erlangga

v  Sumber lain yang relevan

  1. F. Penilaian:

v  Proses (selama PBM berlangsung)

v  Tertulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s