Cara Perempuan Menghalau Stres

strMenghadapi stres, perempuan dan laki-laki cenderung berbeda. Bila laki-laki biasanya mampu meredam stres dengan berdiam diri dalam area pribadinya, maka perempuan justru sebaliknya, lebih mudah mengatasi stres bila telah mengeluarkan semua unek-uneknya.

Sebuah penelitian oleh ahli jiwa Shelly E. Taylor, PhD, meneguhkan hal itu. menurutnya, perempuan cenderung menghadapi stres dengan cara memperhatikan orang-orang tercinta, mencari dukungan dari teman atau anggota keluarga. Taylor memberikan beberapa tips bagi perempuan untuk mengusir stres berikut ini:

1. Berbagi beban
Menurut pakar psikologi klinis Carol Goldberg, PhD, perempuan sebaiknya menjalin ikatan yang kuat baik dengan keluarga atau teman. Dengan begitu, saat Anda stres, Anda bisa langsung berbagi beban dengan mereka. Bagilah kesusahan Anda dengan teman yang bisa dipercaya.

2. Pendukung efektif

Carilah orang yang bisa membantu Anda dalam situasi yang penuh tekanan. Anda memerlukan orang-orang yang tidak cepat panik saat berada di bawah tekanan, orang yang tidak depresi, dan tentunya bukan orang yang selalu berpikiran buruk dan negatif sepanjang waktu. Pastikan orang-orang yang ada di sekitar Anda bisa mengendalikan stres dengan baik.

3. Penjaga rahasia
Pastikan mencari orang-orang yang bisa dipercaya, orang yang menghormati privasi Anda saat Anda stres.

4. Belajar menolak
Katakan ‘tidak’ saat Anda stres. Perempuan cenderung berusaha menjadi superwoman saat mereka stres, melakukan terlalu banyak hal pada orang lain dan mencoba melupakan masalah mereka untuk sementara waktu. Hal ini harus Anda hindari. Anda tidak bisa mengutamakan kepentingan orang lain dan menekan keinginan Anda. Pastikan mengutamakan diri Anda terlebih dahulu saat merasa stres.

5. Menghibur diri
Jangan ragu-ragu melakukan hal-hal untuk menambah energi, memperbaharui kepribadian, serta relaksasi. Manjakan diri Anda dengan berendam air hangat saat merasa stres, atau pergilah jalan-jalan, menghabiskan hari dengan teman, atau membaca buku, lakukan apa pun yang Anda gemari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s