Mengurangi Resiko Varises

varPenggunaan sepatu berhak tinggi dalam waktu lama, telah lama ditengarai sebagai penyebab utama munculnya varises pada kaki. Tapi ternyata, hak tinggi bukan satu-satunya penyebab. Ada banyak hal lain yang harus Anda lakukan selain menghindari high heels, di antaranya:

1. Teratur berolahraga, untuk memperkuat kaki dan pembuluh darah vena pada tungkai.
2. Hindari menyilangkan kaki saat duduk, karena akan menghambat peredaran darah.
3. Jaga agar berat badan ideal. Kelebihan berat badan membuat tubuh harus bekerja ekstra untuk mensirkulasi darah.
4. Berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi daripada jantung selama 20 menit setiap hari setelah beraktivitas.
5. Posisikan kaki lebih tinggi saat beristirahat.
6. Hindari berdiri terlalu lama.
7. Hindari mengenakan celana dan pakaian dalam ketat karena akan menekan pembuluh darah vena pada pinggang, pangkal paha, dan tungkai, sehingga menghambat aliran balik dari pembuluh darah vena.
8. Hindari berkendara dalam waktu lama. Beristirahatlah setiap 45 menit sekali untuk melancarkan peredaran darah dengan berjalan kaki sejenak.
9. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat, sehingga dapat merangsang sirkulasi darah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s