Kurang Vitamin D, Awas Hipertensi

vitRemaja perempuan kulit putih yang kekurangan vitamin D beresiko tiga kali lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi di usia pertengahan dibandingkan dengan kelompok remaja yang cukup vitamin D.

Hasil studi yang dipaparkan dalam pertemuan the American Heart Association di Chicago tersebut sekaligus memasukkan remaja perempuan dalam kelompok yang beresiko terkena hipertensi akibat kurangnya asupan vitamin D.

Peneliti di Michigan, AS, menguji data 559 perempuan yang dimulai pada tahun 1992, menemukan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D mengalami hipertensi 15 tahun kemudian. “Hasil studi kami menunjukkan risiko jangka panjang dari kekurangan vitamin D adalah hipertensi saat usia sekitar 30-an,” kata Flojaune Griffin, dari Sekolah Kesehatan Publik, Universitas Michigan, AS.

Selain diproduksi secara alami oleh tubuh yang berasal dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa ditemukan pada ikan, produk-produk susu, dan suplemen. Kini kekurangan vitamin D  tidak hanya dikaitkan dengan kesehatan tulang dan gigi tapi juga risiko terkena kanker, masalah kekebalan tubuh, dan penyakit saluran pernapasan.

Saat ini hampir separuh populasi di dunia kekurangan vitamin D. Para ahli berpendapat, masalah ini akan semakin buruk bila orang tersebut lebih banyak bekerja di dalam ruangan. Orang keturunan Afrika-Amerika juga dinilai beresiko kekurangan vitamin D karena kulit yang gelap membuat tubuh mereka lebih sulit menyerap sinar ultraviolet.

2 pemikiran pada “Kurang Vitamin D, Awas Hipertensi

  1. Wah sayang sekali, tidak disebutkan jenis jenis makanan yang mengandung vitamin D. Kebetulan saya penderita hipertensi, jadi tau apa yang bagus untuk hipertensi.

    makasih pak dah mampir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s