RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : –

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : I/1

Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan

perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh,

dan deklamasi

Kompetensi Dasar       : 2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana

Indikator                     : µ Mendeskripsikan/menceritakan isi/maksud gambar

Alokasi Waktu                        : . . . menit

  1. A. Tujuan Pembelajaran:
    1. Siswa terampil mendeskripsikan gambar atau benda di sekitar
  2. B. Materi Pembelajaran:

Gambar; benda-benda yang ada di sekitar

  1. C. Metode Pembelajaran:

Ceramah; penugasan

  1. D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

Kegiatan AWAL

v  Guru memberi contoh cara mendeskripsikan sesuatu

Kegiatan INTI

v  Setelah mengamati gambar, siswa menjawab pertanyaan tentang isi/maksud gambar

v  Siswa menceritakan kembali isi/maksud gambar dengan kata-kata sendiri

v  Secara bergantian, siswa diminta mendeskripsikan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar (apa saja)

Kegiatan AKHIR

v  Menyimpulkan materi pelajaran

  1. E. Sumber Pembelajaran:

v  Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.98-99, Erlangga

v  Sumber lain yang relevan

  1. F. Penilaian:

v  Proses (selama PBM berlangsung)

v  Lisan

v  Unjuk Kerja/Perbuatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s