RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP

Bina Bahasa Indonesia

Kelas 3a

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan.

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk bertelepon
  2. Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas.
  3. Siswa dapat menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon.
  4. Siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon
  5. Siswa dapat memperagakan teks percakapan

III. Materi Pokok  : Teks petunjuk melakukan sesuatu

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           : * Tanya jawab materi yang akan diajarkan

* Mengajukan pertanyaan tentang alat komunikasi

B.  Kegiatan Inti              :

  • Mendengarkan petunjuk bertelepon
  • Menjelaskan kembali petunjuk bertelepon dengan benar dan jelas
  • Menanggapi penjelasan tentang petunjuk bertelepon
  • Menyusun percakapan melalui telepon
  • Memperagakan teks percakapan

C.  Kegiatan Akhir           : Menanggapi teks percakapan teman

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode                        : Tanya jawab, ceramah, demonstrasi, tugas

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Teks Petunjuk, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 2-3

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan/saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

BERBICARA

I. Kompensasi Dasar            : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

III. Materi Pokok  : Teks percakapan

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           : Tanya jawab tentang bertelepon yang baik

B.  Kegiatan Inti              :

  • Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  • Menceritakan pengalaman secara lisan didepan kelas
  • Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

C.  Kegiatan Akhir           : Memperagakan percakapan melalui telepon yang sudah dilengkapi

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode                        : Demonstrasi, penugasan

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, Telepon mainan

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan  membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

MEMBACA

I. Kompensasi Dasar            : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan secara lisan
  3. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  1. Siswa dapat meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat

III. Materi Pokok  : Teks bacaan

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           : Tanya jawab tentang tempat umum

B.  Kegiatan Inti              :

  • Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan secara lisan
  • Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan
  • Meringkas teks bacaan dengan kalimat yang tepat

C.  Kegiatan Akhir           : Menyimpulkan bacaan bersama – sama

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode                        :Tanya jawab, penugasan, ceramah

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Kaset, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 5 – 8

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf  dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat menyusun paragraf acak dengan benar
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang  disusun
  3. Siswa dapat mencari kata sulit dan artinya
  4. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar
  5. Siswa dapat memahami penggunaan huruf kapital

III. Materi Pokok                  : Teks paragraf

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang paragraf

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Menyusun paragraf acak dengan benar
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan paragraf yang disusun
  • Mencari kata sulit dan artinya
  • Menulis paragraf berdasarkan gambar
  • Memahami penggunaan huruf kapital

C.  Kegiatan Akhir                           : Membaca paragraf yang telah disusun dengan benar membaca kata-kata yang ditulis dengan huruf kapital

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        :

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 8 – 12

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                                       Jakarta, …………………………..

Kepala Sekolah                                                                                                Guru Kelas III

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 2

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang  dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan carita yang dibacakan oleh guru
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  3. Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh
  4. Siswa dapat menentukan tokoh dan sifatnya

III. Materi Pokok                  : Teks cerita anak

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang nama-nama binatang

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  • Menyebutkan nama dan sifat tokoh
  • Menentukan tokoh dan sifatnya

C.  Kegiatan Akhir                           : Menceritakan kembali dongeng yang didengar dari guru dengan kata-kata sendiri

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, tanya jawab

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006,kaset teks cerita, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 20 –  21

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 2

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

BERBICARA

I. Kompensasi Dasar                            : 2.2 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                                           :

  1. Siswa dapat memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  2. Siswa dapat menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  3. Siswa dapat melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

III. Materi Pokok                  :

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang ciri – ciri rumah adat

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Memperagakan percakapan melalui telepon di depan kelas
  • Menceritakan pengalaman secara lisan di depan kelas
  • Melengkapi percakapan melalui telepon dengan runtut dan sesuai

C.  Kegiatan Akhir                           : Menceritakan cara merawat lingkungan agar tetap sehat

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, tanya jawab

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 3 – 5, telepon mainan

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 2

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,

dan membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2 X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompensasi Dasar            : Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
  2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang  dibaca
  3. Siswa dapat menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
  1. Siswa dapat menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas

III. Materi Pokok  : Teks cerita

IV. Pengalaman Belajar      :

A.  Kegiatan Awal           : Menyanyi ”Lihat Kebunku”

B.  Kegiatan Inti              :

  • Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat
  • Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang dibaca
  • Menyatakan pendapat mengenai isi pernyataan
  • Menceritakan kembali isi teks cerita yang dibaca dengan runtut dan jelas

C.  Kegiatan Akhir           : Tugas dirumah, anak membawa tanaman dalam pot buatan sendiri

V. Metode/Sumber Belajar :

A.  Metode        : Ceramah, penugasan

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 23-25

VI. Penilaian          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 2

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk

paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )

MENULIS

I. Kompentensi Dasar          : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia

dengan memperhatikan penggunaan ejaan

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat membuat kalimat sesuai isi gambar ilustrasi
  2. Siswa dapat mengurutkan gambar dan membuat paragrafnya
  3. Siswa dapat menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri
  4. Siswa dapat memahami dan menulis kalimat dengan tanda hubung ( – )
  5. Siswa dapat memenggal kata yang didiktekan

III. Materi Pokok  : Gambar ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar     :

A.  Kegiatan Awal           :

  • Tanya jawab tentang gambar
  • Penjelasan cara membuat kalimat yang benar

B.  Kegiatan Inti              :

  • Membuat kalimat sesuai isi gambar ilustrasi
  • Mengurutkan gambar dan membuat paragrafnya
  • Menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri
  • Memahami dan menulis kalimat dengan tanda hubung ( – )
  • Memenggal kata yang didektekan

C.  Kegiatan Akhir           :

  • Membacakan karangan yang telah dibuat
  • Menyebutkan kata dasar misal : kedinginan = dingin

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                        : Tanya jawab, tugas

B.  Sumber Belajar             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 26-29

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :

Mengetahui                                                                                          Jakarta, …………………….

Kepala Sekolah                                                                                                                      Guru Kelas III

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 3

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk  dan cerita anak yang

dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompentensi Dasar                          : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh yang disampaikan secara lisan

II. Indikator                                           :

  1. Siswa dapat mendengarkan penjelasan kemudian mencatat isi  penjelasannya
  2. Siswa dapat menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengar
  3. Siswa dapat menulis kembali isi penjelasan

III. Materi Pokok                  : Teks berisi penjelasan untuk dilakukan

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : * Tanya jawab tentang macam-macam permainan

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Mendengarkan penjelasan kemudian mencatat isi penjelasannya
  • Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang didengar
  • Menulis kembali isi penjelasan

C.  Kegiatan Akhir                           : * Membacakan penjelasan yang sudah ditulis

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Ceramah, penugasan, demonstrasi

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Kaset, teks petunjuk, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 38

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 3

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2X 35 Menit )

BERBICARA

I. Kompentensi Dasar                          : 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                                           :

  1. Siswa dapat membaca penjelasan kegiatan melakukan sesuatu
  2. Siswa dapat menjelaskan kembali urutan kegiatan
  3. Siswa dapat melengkapi penjelasan melakukan sesuatu kemudian menjelaskannya dengan lisan

III. Materi Pokok                  :

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab cara bermain yoyo

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Membaca penjelasan kegiatan melakukan sesuatu
  • Menjelaskan kembali urutan kegiatan
  • Melengkapi penjelasan melakukan sesuatu kemudian menjelaskannya dengan lisan

C.  Kegiatan Akhir                           : Memainkan permainan yoyo

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Tanya jawab, penugasan, demonstrasi

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, yoyo mainan, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 38

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 3

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,

dan membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan ( 2X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompentensi Dasar                          : 3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membacakan dongeng dengan suara

nyaring

2. Siswa dapat mencatat tokoh dan sifat tokoh dalam cerita

dongeng

3. Siswa dapat menentukan pesan dan amanat dalam

dongeng

4. Siswa dapat menceritakan kembali dongeng yang telah

dibaca secara lisan

III. Materi Pokok                                  : Teks cerita dongeng

IV. Pengalaman Belajar                      :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang kancil yang cerdik

B.  Kegiatan Inti                                              : * Membacakan dongeng dengan suara nyaring

* Mencatat tokoh dan sifat tokoh dalam cerita dongeng

* Menentukan pesan dan amanat dalam dongeng

* Menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca secara

lisan

C.  Kegiatan Akhir                           : Menyimpulkan isi dongeng dan menyebutkan amanat

yang terkandung dalam dongeng

V. Metode/Sumber Belajar                   :

A.  Metode                                                        : Ceramah, penugasan

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 41-43

VI. Penilaian                                                          :

  1. Lisan                                                       :
  2. Perbuatan                                               :
  3. Proyek                                                     :
  4. Produk                                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                                :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                                 : 3

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / 1

Standar Kompetensi                             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk

paragraf dan puisi

Waktu                                                     : 2 X Pertemuan ( 4 X 35 Menit )

MENDENGARKAN

I. Kompentensi Dasar                          : 4.4 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia

dengan memperhatikan penggunaan ejaan

II. Indikator                                           :

  1. Siswa dapat memahami pokok pikiran (topik) dan mengubahnya menjadi paragraf berdasarkan gambar
  2. Siswa dapat menentukan dan mengembangkan pokok pikiran menjadi sebuah paragraf cerita berdasarkan gambar
  3. Siswa dapat memahami penggunaan tanda hubung (-)
  4. Siswa dapat menggunakan tanda hubung (-) dalam kalimat

III. Materi Pokok                  : Gambar ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar                   :

A.  Kegiatan Awal                           : Tanya jawab tentang pokok pikiran atau topik

B.  Kegiatan Inti                              :

  • Memahami pokok pikiran (topik) dan mengubahnya menjadi paragraf berdasarkan gambar
  • Menentukan dan mengembangkan pokok pikiran menjadi sebuah paragraf cerita berdasarkan gambar
  • Memahami penggunaan tanda hubung (-)
  • Menggunakan tanda hubung (-) dalam kalimat

C.  Kegiatan Akhir                           : * Membaca paragraf yang telah ditulis

* Menyebutkan kata-kata yang menggunakan tanda

hubung (-)

V. Metode/Sumber Belajar   :

A.  Metode                                        : Tanya jawab, penugasan

B.  Sumber Belajar                             : Kurikulum 2006, Yoyo mainan, Bina Bahasa Indonesia 3 A hal 43-47

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                             Jakarta, …………………………

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas III

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 4

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita

anak yang dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar             : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang

disampaikan secara lisan

II. Indikator                           : 1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita

yang didengarkan

3. Siswa dapat memberikan pendapat dan alasan

mengenai peristiwa dalam cerita

4. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita dengan

kata-katanya sendiri

III. Materi Pokok  : Cerita Anak

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal            : Tanya jawab tentang jujur itu perbuatan yang terpuji

B. Kegiatan Inti               :

  • Mendengarkan pembacaan cerita
  • Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang didengarkan
  • Memberikan pendapat dan alasan mengenai peristiwa dalam cerita
  • Menceritakan kembali isi cerita dengan kata-katanya sendiri

C. Kegiatan Akhir            : Menyimpulkan cerita yang didengar dari guru

V. Metode / Sumber Belajar :

A. Metode                       :

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Kaset, teks cerita anak, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 56 – 57

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 4

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

BERBICARA

I. Kompetensi Dasar             : 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu

masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan

pilhan kata yang tepat

II. Indikator                           :

  1. Siswa dapat mengamati gambar dan mencatat ciri-ciri gambar tersebut
  2. Siswa dapat menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-katanya sendiri
  3. Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran mengenai isi gambar dengan lisan
  1. Siswa dapat memberikan tanggapan dan saran terhadap masalah yang terjadi

III. Materi Pokok                  : Gambar Ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal            : Tanya jawab tentang permaianan

B. Kegiatan Inti               :       * Mengamati gambar dan mencatat ciri-ciri gambar tersebut

* Menceritakan keadaan isi gambar dengan kata-katanya sendiri

* Memberikan tanggapan dan saran mengenai isi gambar

dengan lisan

* Memberikan tanggapan dan saran terhadap masalah yang

terjadi

C. Kegiatan Akhir            : Menjelaskan bahwa permainan yang membahayakan dapat

merugikan

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 57 – 58

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 4

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,

dan membaca dongeng

Waktu                                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar             : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kata) dengan lafal dan intonasi yang tepat

II. Indikator                           :       1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi

yang tepat

2. Siswa dapat melengkapi pernyataan-pernyataan sesuai

dengan teks bacaan

3. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan

4. Siswa dapat membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan

III. Materi Pokok  : Gambar Ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal            : Tanya jawab tentang hutan dan banjir

B. Kegiatan Inti               :       * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar

* Melengkapi pernyataan-pernyataan sesuai dengan teks bacaan

* Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan

* Membuat kesimpulan

C. Kegiatan Akhir            : Menyanyikan “Naik-naik ke puncak gunung”

V. Metode / Sumber Belajar :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 58-59

VI. Penilaian                          :

  1. Lisan                       :
  2. Perbuatan               :
  3. Proyek                     :
  4. Produk                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 4

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara

tertulis dalam bentuk paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)

MENULIS

I. Kompetensi Dasar             : 4.1 Melengkapi puisi berdasarkan gambar

Menulis dengan huruf kapital

II. Indikator                           :       1. Siswa dapat membaca dan mengamati contoh puisi yang

dibuat berdasarkan gambar

2. Siswa dapat melengkapi puisi yang rumpang dengan kata-

kata yang tepat

3. Siswa dapat membacakan puisi yang telah lengkap dengan

penghayatan

4. Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gambar ilustrasi

5. Siswa dapat memahami penulisan huruf kapital untuk judul

III. Materi Pokok                  : Gambar Ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal            : Tanya jawab tentang penulisan judul ( karangan, buku, lagu )

B. Kegiatan Inti               :       * Membaca dan mengamati contoh puisi yang puisi yang dibuat

berdasarkan gambar

* Melengkapi puisi yang rumpang dengan kata-kata yang tepat

* Membacakan puisi yang telah lengkap dengan penghayatan

* Menulis puisi berdasarkan gambar ilustrasi

* Memahami penulisan huruf kapital untuk judul

C. Kegiatan Akhir            : Membacakan puisi yang sudah dibuat sesuai gambar

V. Metode / Sumber Belajar :

A. Metode                       :Tanya jawab, ceramah, demonstrasi

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 60-62

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                    Jakarta, …………………………

Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi                                                                            Guru Kelas III

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 5

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tantang petunjuk dan cerita anak yang

dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar                             : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang

disampaikan secara lisan

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu yang

dibacakan guru kemudian mencatat hal-hal pentingnya

2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan petunjuk

melakukan sesuatu yang telah didengarkan

3. Siswa dapat menjelaskan kembali petunjuk yang didengar

4. Siswa dapat mempraktekkan petunjuk melakukan sesuatu

III. Materi Pokok                  : Teks petunjuk melakukan sesuatu

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang permainan

B. Kegiatan Inti                               : * Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu yang dibacakan

guru

* Melengkapi pernyataan berdasarkan petunjuk melakukan

sesuatu yang telah didengarkan

* Menjelaskan kembali petunjuk yang didengar

* Mempraktekkan petunjuk melakukan sesuatu

C. Kegiatan Akhir                            : Menceritakan permainan bentengan yang telah dilakukan

dengan temannya

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Kaset / CD, Bina Bahasa Indonesia

3A hal 70

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 5

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk

dengan bercerita, dan memberikan tanggapan  / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

BERBICARA

I. Kompetensi Dasar                             : 2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu

dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membaca teks petunjuk melakukan sesuatu

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk

melakukan sesuatu

3. Siswa dapat menjelaskan kembali isi teks petunjuk

melakukan sesuatu

4. Siswa dapat mencatat dan menjelaskan teks petunjuk

melakukan sesuatu yang lain

III. Materi Pokok                  : Teks petunjuk melakukan sesuatu

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang permainan

B. Kegiatan Inti                               : * Membaca petunjuk melakukan sesuatu

* Menjawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk melakukan

sesuatu

* Menjelaskan kembali isi teks petunjuk melakukan sesuatu

* Mencatat dan menjelaskan teks petunjuk melakukan sesuatu

yang lain

C. Kegiatan Akhir                            : Memainkan permainan yang ada didaerah masing-masing

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan, demonstrasi

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 71-72

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 5

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif

dan membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar                             : 3.3 Menjelaskan isi teks (100-150 kata ) melalui membaca

intensif

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan informasi dengan seksama

2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan isi teks

bacaan informasi

3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan mengenai

pernyataan yang ada dalam teks bacaan informasi

4. Siswa dapat menyimpulkan teks bacaan informasi yang

dibaca

III. Materi Pokok                  : Teks bacaan informasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang pazel

B. Kegiatan Inti                               : * Membaca teks bacaan informasi dengan seksama

* Melengkapi pernyataan berdasarkan isi teks bacaan informasi

* Menyatakan perasaan atau pendapat mengenai pernyataan

yang ada dalam teks bacaan informasi

* Menyimpulkan teks bacaan informasi yang dibaca

C. Kegiatan Akhir                            : Bermain pazel melalui kelompok

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       :Tanya jawab, penugasan, demonstrasi

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 72-74

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 5

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam

bentuk paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)

MENULIS

I. Kompetensi Dasar                             : 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat melengkapi puisi rumpang yang dibuat

berdasarkan gambar ilustrasi

2. Siswa dapat menjelaskan isi puisi yang dibuat berdasarkan

gambar ilustrasi

3. Siswa dapat membuat puisi berdasarkan gambar ilustrasi

III. Materi Pokok                  : Teks puisi dan gambar

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : * Memperhatikan gambar

* Tanya jawab tentang isi gambar

B. Kegiatan Inti                               : * Melengkapi puisi rumpang yang dibuat berdasarkan gambar

ilustrasi

* Menjelaskan isi puisi yang dibuat berdasarkan gambar

ilustrasi

* Membuat puisi berdasarkan gambar ilustrasi

C. Kegiatan Akhir                            : Membacakan puisi yang telah dibuat sesuai gambar

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 74-75

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                              Jakarta, ……………………..

Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi                                               Guru kelas III

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 6

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar                             : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan

secara lisan

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan

oleh guru dan menjawab pertanyaannya

2. Siswa dapat mencatat tokoh cerita

3. Siswa dapat mengomentari sifat tokoh yang ada dalam cerita

4. Siswa dapat mencari cerita lain kemudian mencatat dan

mengomentari tokoh-tokoh ceritanya

III. Materi Pokok                  : Teks cerita anak

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh

B. Kegiatan Inti                               : * Mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh guru

dan menjawabnya

* Mencatat tokoh cerita

* Mengomentari sifat tokoh yang ada dalam cerita

* Mencari cerita lain kemudian mencatat dan mengomentari

tokoh-tokoh ceritanya

C. Kegiatan Akhir                            : Membacakan catatan tokoh dan sifatnya yang ditulis dari cerita

lain

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Kaset / CD, Bina Bahasa Indonesia

3A hal 88-89

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 6

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk

dengan bercerita dan memberikan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar             : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan

menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                           :       1. Siswa dapat membaca cerita pengalaman orang lain

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita

pengalaman yang dibaca

3. Siswa dapat menceritakan kembali cerita pengalaman yang

dibacanya

4. Siswa dapat menceritakan pengalaman sendiri yang berkesan

secara lisan dan runtut dengan menggunakan pilihan kata

yang tepat dan mudah dipahami

III. Materi Pokok  : Cerita pengalaman

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal            : Tanya jawab tentang pengalaman

B. Kegiatan Inti               :       * Membaca cerita pengalaman orang lain

* Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman yang

dibaca

* Menceritakan kembali cerita pengalaman yang dibacanya

* Menceritakan pengalaman sendiri yang berkesan

secara lisan dan runtut dengan menggunakan pilihan kata

yang tepat dan mudah dipahami

C. Kegiatan Akhir                            : Menulis pengalaman sendiri

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Tanya jawab, ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 89-91

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 6

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,

dan membaca sekilas

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar             : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan

intonasi yang tepat

II. Indikator                           :       1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi

yang tepat

2. Siswa dapat melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan

3. Siswa dapat menjelaskan kembali teks bacaan

III. Materi Pokok  : Teks bacaan

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal            : Tanya jawab tentang sahabat

B. Kegiatan Inti               :       * Membaca teks bacan dengan lafal dan intonasi yang tepat

* Melengkapi pernyataan berdasarkan teks bacaan

* Menjelaskan kembali teks bacaan

C. Kegiatan Akhir                            : Menuliskan sahabat-sahabat

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, demonstrasi, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 91-93

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 6

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam

bentuk paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)

MENULIS

I. Kompetensi Dasar             : 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan

II. Indikator                           :       1. Siswa dapat melengkapi paragraf dengan kalimat yang sesuai

2. Siswa dapat menyusun paragraf acak kemudian menyalinnya

dengan benar

3. Siswa dapat menulis paragraf berdasarkan gambar seri

4. Siswa dapat menggunakan tanda baca koma dalam kalimat

5. Siswa dapat menulis cerita pendek dengan tanda baca dan

ejaan yang sesuai ejaan, menggunakan tanda baca koma

III. Materi Pokok                  : Teks paragraf

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab gambar

B. Kegiatan Inti                               : * Melengkapi paragraf dengan kalimat yang sesuai

* Menyusun paragraf acak kemudian menyalinnya

dengan benar

* Menulis paragraf berdasarkan gambar seri

* Menggunakan tanda baca koma dalam kalimat

* Menulis cerita pendek dengan tanda baca dan

ejaan yang sesuai ejaan, menggunakan tanda baca koma

C. Kegiatan Akhir                            : Membacakan cerita yang telah dibuat sesuai paragraf

dibagian C

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, tanya jawab, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 93-97

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                                 Jakarta,…………………….

Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi                                                  Guru Kelas III

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 7

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar                             : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan

secara lisan

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru

2. Siswa dapat menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat

dalam dongeng yang didengarkan

3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang

didengar

4. Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-

katanya sendiri

III. Materi Pokok                  : Teks cerita dongeng

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Menyanyi lagu ”Kasih Ibu”

B. Kegiatan Inti                               : * Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru

* Menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam

dongeng yang didengarkan

* Menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar

* Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri

C. Kegiatan Akhir                            : Menulis kesimpulan dari dongeng yang di dengar

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, tanya jawab, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Kaset/teks dongeng, Bina Bahasa Indonesia

3A hal 104

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 7

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk

dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

BERBICARA

I. Kompetensi Dasar                             : 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu

masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan

kata yang tepat

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat memperagakan percakapan didepan kelas

2. Siswa dapat menentukan kalimat yang merupakan tanggapan

dan saran

3. Siswa dapat memberikan pendapat dan saran terhadap isi

gambar ilustrasi secara lisan

4. Siswa dapat menangggapi benda atau karya seni secara lisan

III. Materi Pokok                  : Teks percakapan dan gambar ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang ucapan kepada teman yang sedang ulang

tahun, sakit, menjadi juara, dsb

B. Kegiatan Inti                               : * Memperagakan percakapan didepan kelas

* Menentukan kalimat yang merupakan tanggapan

dan saran

* Memberikan pendapat dan saran terhadap isi

gambar ilustrasi secara lisan

* Menangggapi benda atau karya seni secara lisan

C. Kegiatan Akhir                            : Memberikan tanggapan terhadap tanggapan teman tentang karya

seni yang ada di kelas

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Tanya jawab, demonstrasi, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia  3A hal 105-107

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 7

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif,

dan membaca sekilas

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar                             : 3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membaca sekilas cerita pengalaman

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan cerita

pengalaman

3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan mengenai

pernyataan yang ada dalam cerita pengalaman

4. Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita pengalaman secara

lisan

III. Materi Pokok                  : Teks cerita pengalaman

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Menyanyikan lagu ”Desaku”

B. Kegiatan Inti                               : * Membaca sekilas cerita pengalaman

* Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita pengalaman

* Menyatakan pendapat atau perasaan mengenai pernyataan yang

ada dalam cerita pengalaman

* Menceritakan kembali isi cerita pengalaman secara lisan

C. Kegiatan Akhir                            : Menceritakan pengalaman sendiri ketika liburan

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       :Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 107-109

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 7

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 4. Membaca

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk

paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar                             : 4.1 Menyusun paragraf  berdasarkan bahan yang tersedia dengan

memperhatikan penggunaan ejaan, menggunakan kata depan

di dan ke

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat melengkapi paragraf dengan kata-kata yang telah

disediakan

2. Siswa dapat mengurutkan gambar seri kemudian membuat

karangan berdasarkan gambar seri

3. Siswa dapat membacakan karangan secara lisan didepan kelas

4. Siswa dapat menggunakan kata depan di dan ke

III. Materi Pokok                  : Gambar ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang lingkungan

B. Kegiatan Inti                               : * Melengkapi paragraf dengan kata-kata yang telah disediakan

* Mengurutkan gambar seri kemudian membuat karangan

berdasarkan gambar seri

* Membacakan karangan secara lisan didepan kelas

* Menggunakan kata depan di dan ke

C. Kegiatan Akhir                            : Membaca kalimat teman yang paling banyak

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Tanya jawab, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 109-111

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                             Jakarta, …………………….

Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi                                              Guru Kelas III

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                                 : 8

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi                             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

dilisankan

Waktu                                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar                             : 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan

secara lisan

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru

2. Siswa dapat menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat

dalam dongeng yang didengarkan

3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang

didengar

4. Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-

katanya sendiri

III. Materi Pokok                  : Teks berisi petunjuk melakukan sesuatu

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang kebersihan

B. Kegiatan Inti                               : * Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh guru

* Menjelaskan tokoh dan sifat tokoh yang terdapat dalam

dongeng yang didengarkan

* Menjawab pertanyaan sesuai dengan dongeng yang didengar

* Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-katanya sendiri

C. Kegiatan Akhir                            : Tugas mencuci kemeja putih (seragam sekolah) masing-masing di

rumah

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       :Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Kaset / teks petunjuk, Bina Bahasa Indonesia

3A hal 118

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 8

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk

dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

BERBICARA

I. Kompetensi Dasar                             : 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan

menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membaca cerita pengalaman teman

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita

pengalaman

3. Siswa dapat menceritakan kembali pengalaman teman

4. Siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri didepan

kelas

5. Siswa dapat menanggapi cerita pengalaman temannya dengan

bertanya atau mengemukakan pendapat

III. Materi Pokok                  : Cerita tentang pengalaman

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang pengalaman yang menarik

B. Kegiatan Inti                               : * Membaca cerita pengalaman teman

* Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita pengalaman

* Menceritakan kembali pengalaman teman

* Menceritakan pengalamannya sendiri didepan kelas

* Menanggapi cerita pengalaman temannya dengan bertanya atau

mengemukakan pendapat

C. Kegiatan Akhir                            : Menuliskan cara menjaga kebersihan diri sendiri

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       :Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 119-120

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 8

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif

dan membaca sekilas

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar                             : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan

intonasi yang tepat

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks cerita

3. Siswa dapat mencari bacaan di surat kabar anak kemudian

membacakannya dengan nyaring

4. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang telah

disediakan

III. Materi Pokok                  : Teks bacaan

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang papan pajangan

B. Kegiatan Inti                               : * Membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat

* Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks cerita

* Mencari bacaan di surat kabar anak kemudian membacakannya

dengan nyaring

* Melengkapi kalimat dengan kata yang telah disediakan

C. Kegiatan Akhir                            : Menceritakan kembali isi bacaan dengan kata-kata sendiri

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       :Ceramah, penugasan dan penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 120-122

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 8

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk

paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)

MENULIS

I. Kompetensi Dasar                             : 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar menggunakan

tanda baca dan huruf kapital

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat melengkapi puisi

2. Siswa dapat membuat puisi berdasarkan gambar

3. Siswa dapat mengunakan tanda koma (,)

4. Siswa dapat menulis huruf kapital dan tanda baca

III. Materi Pokok                  : Gambar seri

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Membaca puisi ”Menuntut Ilmu”

B. Kegiatan Inti                               : * Melengkapi puisi

* Membuat puisi berdasarkan gambar

* Menggunakan tanda koma (,)

* Menulis huruf kapital dan tanda baca

C. Kegiatan Akhir                            : Menyalin puisi ”Kebersihan” dengan tulisan tegak bersambung

dan menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang tepat

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       :Ceramah, penugasan dan tanya jawab

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 12-124

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                 Jakarta,…………………………….

Kepala SDN Kebagusan 03 Pagi                                  Guru Kelas III

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 9

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 1. Mendengarkan

Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang

dilisankan

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MENDENGARKAN

I. Kompetensi Dasar                             : 1.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan

secara lisan

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat mendengarkan cerita yang dibacakan guru sambil

menjawab pertanyaan

2. Siswa dapat mencatat tokoh-tokoh cerita dan latar

3. Siswa dapat menanggapi tokoh cerita

4. Siswa dapat menceritakan kembali cerita

5. Siswa dapat mencari teks cerita dibuku atau koran kemudian

menanggapi tokoh-tokohnya

III. Materi Pokok                  : Teks cerita anak

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Menyanyi lagu ”Paman Datang”

B. Kegiatan Inti                               : * Mendengarkan cerita yang dibacakan guru sambil menjawab

pertanyaan

* Mencatat tokoh-tokoh cerita dan latar

* Menanggapi tokoh cerita

* Menceritakan kembali cerita

* Mencari teks cerita dibuku atau koran kemudian

menanggapi tokoh-tokohnya

C. Kegiatan Akhir                            : Menarik kesimpulan perbedaan antara tokoh dengan latar

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Kaset / CD, Bina Bahasa Indonesia 3A

hal 132-133

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 9

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan petunjuk

dengan bercerita dan memberikan tanggapan / saran

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

BERBICARA

I. Kompetensi Dasar                             : 2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu

masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan

kata

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat menentukan hal-hal pokok dalam gambar

2. Siswa dapat menceritakan isi gambar secara lisan

3. Siswa dapat menanggapi isi cerita secara lisan

III. Materi Pokok                  : Gambar dan cerita

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang gambar

B. Kegiatan Inti                               : * Menentukan hal-hal pokok dalam gambar

* Menceritakan isi gambar secara lisan

* Menanggapi isi cerita secara lisan

C. Kegiatan Akhir                            : Menceritakan masalah yang ada dilingkungan lalu menanggapi

masalah tersebut

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Tanya jawab, penugasan

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 133-136

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 9

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 3. Membaca

Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif

dan membaca dongeng

Waktu                                     : 1 X Pertemuan (2 X 35 Menit)

MEMBACA

I. Kompetensi Dasar                             : 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kata) dengan lafal dan intonasi

yang tepat

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi

yang tepat

2. Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan

3. Siswa dapat menyatakan pendapat atau perasaan sesuai

pernyataan

4. Siswa dapat menyimpulkan isi teks bacaan

5. Siswa dapat mencari kata-kata sulit dalam teks bacaan

III. Materi Pokok                  : Teks bacaan

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang jerih payah petani

B. Kegiatan Inti                               : * Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat

* Menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan

* Menyatakan pendapat atau perasaan sesuai pernyataan

* Menyimpulkan isi teks bacaan

* Mencari kata-kata sulit dalam teks bacaan

C. Kegiatan Akhir                            : Menceritakan bacaan dengan kata-kata sendiri

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, demonstrasi, tugas

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 136-137

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Pelajaran                 : 9

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester                    : 3 / I

Standar Kompetensi             : 4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk

paragraf dan puisi

Waktu                                     : 2 X Pertemuan (4 X 35 Menit)

MENULIS

I. Kompetensi Dasar                             : 4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar, menggunakan

tanda koma (,), menggunakan huruf kapital

II. Indikator                                           : 1. Siswa dapat melengkapi puisi dengan kata-kata yang telah

disediakan

2. Siswa dapat menulis puisi berdasarkan gambar

3. Siswa dapat membacakan puisi dengan penuh penghayatan

4. Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi teman

5. Siswa dapat melengkapi kalimat dengan tanda baca koma (,)

III. Materi Pokok                  : Gambar ilustrasi

IV. Pengalaman Belajar         :

A. Kegiatan Awal                            : Tanya jawab tentang desa

B. Kegiatan Inti                               : * Melengkapi puisi dengan kata-kata yang telah disediakan

* Menulis puisi berdasarkan gambar

* Membacakan puisi dengan penuh penghayatan

* Menanggapi pembacaan puisi teman

* Melengkapi kalimat dengan tanda baca koma (,)

C. Kegiatan Akhir                            : Menulis kalimat yang didektekan guru dengan menggunakan

tanda baca dan huruf kapital yang benar

V. Metode / Sumber Belajar                 :

A. Metode                       : Ceramah, tugas

B. Sumber Belajar            : Kurikulum 2006, Bina Bahasa Indonesia 3A hal 138-140

VI. Penilaian                                          :

  1. Lisan                                       :
  2. Perbuatan                               :
  3. Proyek                                     :
  4. Produk                                    :
  5. Tertulis                   :

VII. Skor Penilaian                                :

Mengetahui                                                                       , ………………………

Kepala SDN                                                                       Guru Kelas III

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s