RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP

Bina Bahasa Indonesia

Kelas 4a

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Kegiatan

Waktu                  :   2 x 35 menit

1.   Standar Kompetensi

Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

2.   Kompetensi Dasar

Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

3.   Indikator

Membuat gambar / denah

4.   Materi Pokok

Gambar / Denah

5.   Kegiatan Pembelajaran

*  Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

*  Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.

*  Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.

Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.

*  Bertanya jawab seputar denah yang diamati.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru.

Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta

menggambar denah sendiri.

Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan

Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD Gowa IX berada di jalan Nuri. Keluarlah dari SD Gowa IX, lalu ambil arah ke kiri. Susuri  jalan Nuri sampai mencapai pertigaan jalan. Lalu, beloklah ke kanan menuju jalan Parkit. Susuri terus jalan Parkit sampai di sebuah perempatan. Dari perempatan itu, beloklah ke kiri, yaitu ke jalan Beo. Bumi perkemahan ada di sebelah kanan Jalan Beo. Di sebelah kiri Bumi Perkemahan ada pos polisi.

*  Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya

sudah benar!

*  Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru

3.  Kegiatan Akhir

*  Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang  dibuat sendiri.

6.   Penilaian

a.  Gambar denah buatan sendiri

Aspek Penilaian

Hasil / Nilai

Keterangan

1.  Kesesuaian gambar

dengan petunjuk

yang dibacakan.

2.  Tanda penunjuk arah

ke sebuah lokasi Bu-

mi Perkemahan

b.   Penampilan

Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.

Aspek Penilaian

Hasil / Nilai

Keterangan

1.  Kejelasan ucapan

2.  Kewajaran intonasi

3.  Keberanian

7.    Sumber / Alat

*  Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Gambar Denah

…………………….. 200 …..

Disetujui,                                                                      Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

_________________                                                      _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Kegiatan

Waktu                  :  4 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Mendeskrifsikan tempat secara lisan sesuai denah

2.  Kompetensi Dasar

Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang

Runtut.

3.  Indikator

Mendeskrifsikan tempat sesuai denah.

4.  Materi Pokok

Denah lokasi

5.  Kegiatan Pembelajaran

*   Menjelaskan tempat sesuai denah secara tertulis

*   Menjelaskan denah secara lisan.

*   Menjelaskan denah menuju rumah

Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa diajak mengamati denah yang dipajang di papan tulis. ( Lihat Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 3 )

*  Tanya jawab sekitar denah.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa berdiskusi kelompok membicarakan arah yang harus dilalui Santi jika ingin ke rumah Nova.

*  Menuliskan hasil diskusi kelompok tentang arah perjalanan Santi menuju rumah Nova dengan kalimat yang runtut.

Rumah Santi di Jalan ______________ Dari jalan itu belok ke ___

______________ ke Jalan _______________. Berjalanlah terus sam-pai bertemu _______________. Dari ____________ beloklah ke ____

___________  ke Jalan ____________ . Nah, di jalan itulah rumah Nova.

*  Salah seorang anggota masing-masing kelompok diminta menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nova dari rumah Santi di depan kelompok lain.

3.  Kegiatan Akhir

*  Siswa diminta membuat denah perjalanan menuju rumah masing-masing dari sekolah.

*  Siswa diminta membacakan denah yang dibuatnya sendiri di depan kelas.

6.   Penilaian

a.  Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan secara lisan cara menuju

rumah Nova dari rumah Santi.

Aspek Penilaian

Nilai

Keterangan

1.  Kejelasan ucapan

2.  Kewajaran intonasi

3.  Keberanian

b.  Penjelasan siswa tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.

Aspek Penilaian

Nilai

Keterangan

1.  Kejelasan ucapan

2.  Kewajaran intonasi

3.  Keberanian

7.   Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Gambar denah lokasi

Menyetujui,                                                              Guru Kelas,

Kepala Sekolah

_______________                                                    ______________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran  :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester :   IV / I

Tema                 :  Kegiatan

Waktu                :  4 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Membaca:  Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata).

2.  Kompetensi Dasar

Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas.

3.  Indikator

Menemukan pikiran pokok teks bacaan

4.  Materi Pokok

Teks bacaan

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca sekilas teks bacaan

*  Menjawab pertanyaan bacaan

*  Menemukan pikiran pokok teks bacaan

Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa diminta membaca dalam hati “Senangnya Ikut Persami” secara teliti minimal 2 kali. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4 hal. 4 dan 5)

* Memperkenankan siswa menanyakan makna kata-kata yang tidak dimengerti.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan secara tertulis.

*  Siswa diminta menemukan pikiran pokok pada setiap paragraf bacaan yang diberi angka sebagai penanda paragraf.

3.  Kegiatan Akhir.

*  Siswa diminta melaporkan pikiran pokok yang di temuka dalam    bacaan dengan cara membacakan di depan kelas atau ditempat duduknya masing-masing.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai dengan Bobot ( 1 – 5 )

Keterangan

1.

2.

3.

Ketepatan menentukan pikiran pokok paragraf

Keruntutan menyusun kata menjadi kalimat

Ketepatan menggunakan ejaan.

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 4 – 5

…………………….  200 …

Disetujui,                                                                                     Guru Kelas

Kepala Sekolah

______________                                                                   __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4

Mata Pelajaran    :   Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :   IV / I

Tema                   :   Kegiatan

Alokasi Waktu    :   4 x 35 menit

1.   Standar Kopetensi

Menulis: Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan.

2.   Kompetensi Dasar

Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan: tanda titik dua dan tanda titik.

3.   Indikator

Melengkapi percakapan rumpang

4.   Materi

Teks percakapan

5.   Kegiatan Pembelajaran

*   Membaca contoh teks percakapan

*   Melengkapi percakapan rumpang bersama teman

*   Memperagakan percakapan

*   Menggunakan tanda petik dua (”……”)

Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa membentuk kelompok dengan tiga orang anggota.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa membaca sebuah contoh teks yang mengandung percakapan

”Kebiasaan Riska” pada Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 6.

*  Bersama dengan dua orang temannya, siswa melengkapi percakapan

rumpang sesuai teks yang dibaca dengan memperhatikan penggunaan ejaan

yang tepat.

*  Memperagakan percakapan yang sudah lengkap bersama teman kelompok

di depan kelas yang berperan sebagai Kevin, Riska, dan Mama.

3.  Kegiatan Akhir

*  Secara individu, siswa diminta memperbaiki kalimat dengan memberi tanda

petik dua dan tanda baca titik

6.   Penilaian

*  Melengkapi percakapan

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Ketepatan menentukan kalimat untuk melengkapi percakapan.

Ketepatan menggunakan ejaan dalam kalimat percakapan.

Kerja sama dalam kelompok.

*  Penampilan memperagakan percakapan.

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Kemampuan/keberanian memerankan tokoh dalam percakapan percakapan.

Ketepatan melafalkan dan intonasi kalimat sesuai peran yang dibawakan.

Kekompakan anggota kelompok dalam memperagakan percakapan.

7.   Sumber / Alat

*   Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*   Percakapan rumpang.

……………………………..  200 …..

Disetujui,                                                                         Guru Kelas ….

Kepala Sekolah

_______________                                                          _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5

Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Peristiwa

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit  ( 2 x pertemuan )

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan:

Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

3.  Indikator

Menjelaskan lambang Pramuka

4.  Materi

Lambang Pramuka

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.

*  Mencatat pokok-pokok penjelasan.

*  Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.

*  Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.

*  Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.

*  Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.

3.  Kegiatan Akhir

*  Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.

Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka

Gaya penyampaian di depan kelas

Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya

7.   Sumber / Bahan

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.

*  Lambang Pramuka/Tunas Kelapa

……………………..  200 ….

Disetujui,                                                                               Guru Kelas IV

Kepala Sekolah

______________                                                                  _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6

Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Peristiwa

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit ( 2 x pertemuan)

1.   Standar Kompetensi

Berbicara:  Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat.

2.   Kompetensi Dasar

Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.   Indikator

Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.

4.   Materi

Teks petunjuk penggunaan

5.   Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca petunjuk penggunaan alat.

*  Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.

*  Mendiskusikan petunjuk penggunaan alat.

Langkah-langkah Pembelajaran :

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa mengamati benda ( Stapler ) yang ditunjukkan guru dengan cermat.

*  Siswa membentuk kelompok dengan beberapa anggota.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa membaca petunjuk penggunaan Stapler dalam Buku Bina Bahasa

Indonesia 4A hal. 19.

*  Secara individu siswa diminta menjelaskan secara lisan penggunaan Stapler

di depan teman-temannya dengan kata-kata sendiri.

*  Siswa mengamati benda yang ditunjukkan guru ( Pesawat telepon ) tanpa

petunjuk penggunaan

*  Siswa diminta mendiskusikan pembuatan petunjuk penggunaan telepon

bersama kelompok masing-masing.

3.  Kegiatan Akhir

*  Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan teman-teman

sekelasnya.

6.   Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Kerja sama dalam kelompok

Ketelitian urutan pembuatan petunjuk penggunaan telepon.

Keberanian siswa menyampaikan laporan hasil diskusi.

Gaya penyampaian hasil diskusi.

Hasil kerja siswa

Penampilan siswa

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 19 dan 20.

*   Stapler dan Pesawat telepon.

………………………. 200 ….

Disetujui,                                                                             Guru Kelas IV

Kepala Sekolah

_______________                                                             __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7

Mata  Pelajaran     :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester   :   IV / I

Tema                     :   Peristiwa

Alokasi Waktu      :   4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

1.  Standar Kompetensi

Membaca: Memahami teks panjang (150 – 200 kata)

2.  Kompetensi Dasar

Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150 – 200 kata)

3.  Indikator

Menemukan pikiran pokok teks

4.  Materi

Teks bacaan

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca teks bacaan dengan cermat

*  Menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan.

*  Menemkan pikiran pokok teks bacaan pada setiap paragraf.

*  Meringkas bacaan.

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal

*  Siswa membaca dengan cermat teks ”Terkunci di Kamar”

*  Bertanya jawab tentang teks bacaan.

2.  Kegiatan Inti

*  Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.

*  Menemukan pikiran pokok paragraf tertentu.

3.  Kegiatan Akhir

*  Membuat ringkasan teks bacaan.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

Pikiran pokok:

Kesesuaian pikiran pokok dengan paragraf yang diminta.

2.

Ringkasan bacaan:

* Tingkat keringkasan teks

dibandingkan dengan teks

aslinya.

* Pemilihan kata yang tepat

* Penggunaan tanda baca

atau ejaan.

7.   Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 20 – 21

…………………………  200 ……

Disetujui                                                                           Guru Kelas IV

Kepala Sekolah

______________                                                            __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Peristiwa

Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk cerita.

2.  Kompetensi Dasar

Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/

kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.

3.  Indikator

Melengkapi cerita rumpang.

4.  Materi

Cerita rumpang

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca cerita rumpang.

*  Melengkapi cerita rumpang.

*  Membacakan cerita yang sudah lengkap di depan kelas.

*  Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang sudah lengkap.

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatal Awal:

*  Siswa membaca teks cerita rumpang “Tiga Ekor Ikan”

*  Tanya jawab tentang kelanjutan cerita tersebut.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa mendiskusikan penyusunan paragraf acak mnenjadi paragraf yang padu yang merupakan kelanjutan penggalan cerita ”Tiga Ekor Ikan” dalam kelompok.

*  Siswa menyatukan paragraf yang sudah tersusun padu ke dalam penggalan cerita sebelumnya, agar menjadi satu kesatuan cerita yang utuh.

*  Siswa perwakilan kelompok melaporkan hasilnya di depan teman-teman kelompok lain dengan cara membacakan cerita ”Tiga Ekor Ikan” secara utuh.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Secara keseluruhan siswa menjawab pertanyaan sesuai cerita utuh ”Tiga Ekor Ikan”.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

Penilaian Proses:

a.  Kekompakan dalam

kelompok.

b.  Ketelitian menyusun cerita

acak.

c.  Keberanian membacakan

cerita.

d.  Gaya penceritaan.

e.  Lafal dan intonasi dalam

bercerita.

Menyusun penggalan cerita acak menjadi padu.

2.

Penilaian hasil:

a.  Susunan cerita

b.  Ketepatan menjawab

pertanyaan cerita.

a. Cerita utuh.

b. Lembar jawaban pertanyaan cerita.

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Teks cerita.

…………………………..  200 ….

Disetujui,                                                                             Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

______________                                                                  ________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9

Mata  Pelajaran       :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester     :  IV / I

Tema                       :  Kesenian

Alokasi Waktu        :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah.

3.  Indikator

Menjelaskan simbol daerah.

4.  Materi

Gambar simbol daerah

5.  Kegiatan Pembelajaran:

*  Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah Kalimantan Selatan.

*  Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang simbol daerah.

*  Menjawab pertanyaan berdasarkan penjelasan yang didengar.

*  Menuliskan penjelasan tentang simbol daerah secara rinci.

*  Menjelaskan kembali simbol daerah.

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

*  Siswa memperhatikan gambar simbol daerah Kalimantan Selatan yang dipajang di depan kelas. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4A. Hal. 32).

*  Tanya jawab tentang gambar simbol Daerah Kalimantan Selatan.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan guru secara lisan sebanyak dua kali.

*  Sambil mendengarkan penjelasan guru, siswa mencatat hal-hal penting atau pokok-pokok penjelasan yang didengar.

*  Selanjutnya, siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan simbol daerah Kalimantan Selatan.

*  Siswa menjelaskan kembali simbol daerah Kalimantan Selatan secara tertulis.

Simbol Daerah Kalimantan Selatan

Bentuk simbol daerah Kalimantan Selatan adalah ____________

__________________.  Arti dari simbol itu  ________________

____________________________________________________

____________________________________________________

____________________________________________________

dst.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Siswa menjelaskan kembali simbol daerah Kalimantan secara lisan.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Keseriusan mendengarkan penjelasan

Ketepatan menjawab pertanyaan tentang simbol daerah Kalimantan.

Ketepatan menjelaskan simbol daerah secara tertulis.

Ketepatan menggunakan ejaan/tanda baca dalam tulisan.

Keberanian siswa menjelaskan simbol di depan kelas.

Lafal dan intonasi dalam gaya penyampaian lisan.

Proses dan hasil

7.  Sumber / Alat.

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A.

*  Gambar simbol daerah Kalimantan.

……………………. 200 ….

Disetujui,                                                                            Guru Kelas IV.

Kepala Sekolah

_________________                                                           __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10

Mata  Pelajaran    :   Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :   IV / I

Tema                    :   Kesenian

Alokasi Waktu     :   2 x 35 menit.

1.  Standar Kompetensi

Berbicara: Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.  Indikator

Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.

4.  Materi

Teks Percakapan.

5.  Kegiatan Pembelajaran:

*  Membaca Percakapan

*  Memperagakan percakapan.

*  Menjawab pertanyaan tentang percakapan.

*  Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan.

Langkah-langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

*  Membaca teks percakapan secara saksama.

*  Tanya jawab dengan teman sebangku tentang teks percakapan.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa bersama teman sebangku memperagakan teks percakapan tentang petunjuk penggunaan alat berupa suling. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 33).

*  Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan percakapan.

*  Siswa menjelaskan cara memainkan seruling yang sesuai dengan percakapan.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Siswa mendemontrasikan penggunaan alat (suling) di depan teman-temannya.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Keberanian memperagakan percakapan

Kekompakan berkolaborasi

Gaya penyampaian

Ketepatan lafal dan intonasi terhadap kalimat yang diucapkan.

Penampilan

7.  Sumber / Bahan

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Teks percakapan

…………………………. 200 …..

Disetujui,                                                                          Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

______________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11

Mata  Pelajaran     :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester   :   IV / I

Tema                     :   Kesenian

Alokasi Waktu      :   2 x 35 menit

1.   Standar Kompetensi

Membaca :  Membaca teks agak panjang (150 – 200 kata )

2.   Kompetensi Dasar

Menemukan pikiran pokok teks agak panjang melalui membaca sekilas.

3.   Indikator

Menemukan pikiran pokok dalam teks

4.   Materi

Teks bacaan

5.   Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca sekilas teks bacaan

*  Menjawab pertanyaan sesuai teks.

*  Menemukan pikiran pokok bacaan

*  Membuat kalimat permintaan

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

*  Siswa membaca teks cerita ”Pensil Ajaib” secara sekilas.

2.  Kegiatan Inti

*  Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks cerita.

*  Siswa membaca kembali tiap-tiap paragraf pada teks cerita.

*  Siswa mencari dan menemukan pikiran pokok teks cerita.

3.  Kegiatan Akhir

*  Siswa diminta membuat kalimat permintaan menggunakan kata yang telah ditentukan sebagai mana terdapat pada Buku Bina Bahasa 4A hal. 36 dan 37.

6.   Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

Ketepatan menentukan pikiran pokok setiap paragraf Hasil pekerjaan siswa menentukan pikiran pokok paragraf cerita

7.  Sumber / Bahan

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Teks cerita

………………………. 200 ….

Disetujui,                                                                            Guru Kelas IV

Kepala Sekolah

________________                                                             __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12

Mata  Pelajaran     :   Bahasa Indonesia

Kelas / Semester   :   IV / I

Tema                     :   Kesenian

Alokasi Waktu      :   4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Menulis :  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk surat.

2.  Kompetensi Dasar

Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman dengan bahasa yang

baikdan benar dan memperhatikan ejaan (huruf besar, tanda baca titik, koma, dll)

3.  Indikator

Menulis surat

4.  Materi

Naskah surat pribadi

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca dan memahami contoh surat pribadi/surat untuk teman.

*  Mengenal bagian-bagian surat.

*  Menentukan bagian-bagian surat.

*  Menulis surat untuk teman.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Kegiatan Awal:

*  Siswa membaca contoh surat pribadi.

*  Tanya jawab tentang bagian-bagian surat.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa diminta menentukan bagian-bagian surat berdasarkan contoh surat

pribadi yang berikutnya.

*  Siswa diminta membuat contoh surat pribadi.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Membuat sepucuk surat untuk dikirim kepada teman yang tidak satu sekolah

atau untum teman di kampung halaman.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

* Ketepatan menentukan

bagian-bagian surat.

* Ketepatan menempatkan

bagian-bagian surat.

Penialaian Proses:

Menentukan bagian-bagian surat.

2.

* Ketepatan memilih kosa kata.

* Penggunakan tanda baca

* Ketepatan menentukan kalimat pembuka, isi, dan penutup surat.

* Pesan yang disampaikan lewat surat pribadi.

Penilaian hasil:

Surat buatan anak.

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Contoh naskah surat pribadi

……………………… 200 ….

Disetujui,                                                                              Guru Kelas IV

Kepala Sekolah

______________                                                                  _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 13

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Transportasi

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan:  Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

2.  Kompetensi Dasar

Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

3.  Indikator

Membuat denah

4.  Gambar denah

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Menyimak penjelasan tentang petunjuk denah.

* Membuat denah sesuai petunjuk

* Menjelaskan kembali denah yang telah dibuat.

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

* Menyiapkan alat tulis dan buku untuk mencatat.

* Konsentrasi dan siap mendengarkan penjelasan guru.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa mendengarkan guru menjelaskan petunjuk membuat denah sambil

mencatat.

Dengarkan petunjuk berikut dengan saksama!

Di pojok kiri atas, buatlah tanda mata angin. Setelah itu, buatlah gambar sebuah mobil. Mobil itu berjalan dari arah utara menuju selatan, dan sampai di sebuah pertigaan. Dari pertigaan itu ia belok ke arah barat dan berjalan terus sampai di sebuah pom bensin. Selanjutnya, tak jauh dari pom bensin, ada tikungan. Di tikungan itu mobil tersebut belok kanan. Tak lama kemudian, sampailah mobil itu di sebuah rumah.

* Selanjutnya siswa membuat denah sesuai petunjuk yang didengar dari guru.

* Siswa menjelaskan denah buatannya kepada teman sebangkunya untuk

memperoleh tanggapan.

3.  * Siswa diminta menjelaskan kembali denah yang telah dibuatnya.

* Siswa menjelaskan perjalanan si mobil hingga sampai ke rumah.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

Kesesuaian denah yang dibuat dengan yang didengar.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Gambar denah lokasi.

……………………… 200 ….

Disetujui,                                                                               Guru Kelas IV

Kepala Sekolah

_______________                                                             ___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 14

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Transportasi

Alokasi waktu     :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Berbiacara: Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.  Indikator

Menjelaskan petunjuk penggunaan alat

4.  Materi

Teks berisi petunjuk.

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca petunjuk cara menumpang kendaraan umum.

* Melengkapi pernyataan sesuai petunjuk.

* Menjelaskan petunjuk.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Kegiatan Awal:

*  Siswa memperhatikan gambar yang ada di dalam Buku Bina Bahasa

Indonesia 4A hal. 46 dan 47.

2.   Kegiatan Inti:

*  Siswa membaca petunjuk cara menaiki angkutan umum.

*  Siswa diminta menjelaskan kembali petunjuk naik angkutan umum secara

berurutan di depan temannya.

3.   Kegiatan Akhir:

*  Siswa diminta mendiskusikan pernyataan yang terdapat dalam Buku Bina

Bahasa Indonesia 4A hal. 47.

*  Siswa diminta menjelaskan kembali secara lisan di depan teman-temannya.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

* Ketepatan menjelaskan

petunjuk secara berurutan

* Ketepatan lafal dan

intonasi

Petunjuk yang ada di buku Bina Bahasa Indonesia 4A.

2.

* Ketepatan memilih kosa kata dalam menyampaikan penjelasan.

* Ketepatan lafal dan

intonasi

* Keberanian menyampai-

kan petunjuk.

* Gaya penyampaian.

Petunjuk yang dibuat dari hasil diskusi.

7.  Sumber / Alat

*  Bina Bahasa Indonesia 4A.

*  Petunjuk yang dibuat hasil kerja kelompok.

………………………. 200 ….

Disetujui,                                                                              Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

_______________                                                              ____________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 15

Mata  Pelajaran  :  Bahasa Indonesia

Kelas / semester :  IV / I

Tema                  :  Transportasi

Alokasi  Waktu  :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompoetensi

Membaca: Membaca memindai teks dan menemukan makna kata dalam kamus

atau ensiklopedi.

2.  Kompoetensi Dasar

Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi melalui

membaca memindai.

3.  Indikator

Menemukan makna kata dalam kamus/ensiklopedi

4.  Materi

Kamus / Ensiklopedi Anak Nasional.

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca teks

*  Menjawab pertanyaan bacaan

*  Menggunakan kamus

*  Menemukan makna kata sukar dalam kamus / ensiklopedi.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal:

*  Siswa membaca teks ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”

*  Tanya jawab seputar teks yang dibaca.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa diminta mendengarkan penjelasan guru tentang cara menggunakan

kamus

* Siswa diminta mendaftarkan kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan yang

dicetak miring dalam kelompok masing-masing.

* Siswa diminta mencari arti kata sulit tersebut menggunakan kamus.

3.  Kegiatan Akhir:

* Salah seorang siswa perwakilan kelompok diminta melaporkan hasil kerja

kelompok di depan teman-teman sekelas.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Kekompakan dalam kelompok

Ketepatan dalam menggunakan kamus

Ketepatan menggunakan kata sulit dalam kalimat

Keberanian dalam menyampaikan laporan

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Kamus dan Ensiklopedi

…………………………… 200 ….

Disetujui,                                                                         Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

______________                                                             _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 16

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Transportasi

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

1.  Standar Kompetensi

Menulis:  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk percakapan.

2.  Kompetensi Dasar

Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan

ejaan (tanda titik dua dan tanda petik).

3.  Indikator

Melengkapi percakapan

4.  Materi

Percakapan rumpang

5.  Kegiatan Pembajaran

*  Membaca percakapan

*  Menjawab pertanyaan

*  Melengkapi percakapan rumpang

*  Memberikan tanggapan sesuai isi percakapan

*  Memahami penggunaan tanda titik dua dan tanda petik.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal:

*  Siswa mengamati gambar tokoh percakapan sesuai perannya masing-

masing.

*  Tanya jawab seputar percakapan.

2.   Kegiatan Inti:

*  Siswa membaca teks percakapan

*  Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks percakapan.

*  Siswa diminta melengkapi percakapan.

*  Kemudian dilanjutkan dengan memberi tanggapan sesuai pernyataan.

3.   Kegiatan Penutup

*  Siswa diminta membubuhkan tanda baca titik dua ( : ) pada setiap

pernyataan yang tersedia pada halaman 54 Bina Bahasa Indonesia 4A.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

* Kesesuaian kalimat pelengkap percakapan rumpang

* Ketepatan menggunakan ejaan.

Percakapan rumpang

2.

* Ketepatan dalam memberikan tanggapan

* Kejujuran siswa dalam memberi tanggapan.

Memberi tanggapan

3.

* Keindahan tulisan

* Ketepatan menerapkan

tanda titik dua ( : )

Menyalin kalimat dan membubuhkan tanda baca titik dua ( : )

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

…………………………  200 ….

Disetujui,                                                                          Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

_____________                                                                   _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 17

Mata   Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Olahraga

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan narasumber

2.  Kompetensi Dasar

Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

3.  Indikator

Membuat gambar/denah

4.  Materi

Teks penjelasan

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Mendengarkan penjelasan dari narasumber

* Menjawab pertanyaan

* Mencatat hal-hal penting dari penjelasan narasumber

* Membuat denah berdasarkan penjelasan narasumber

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa menyiapkan alat tulis untuk mencatat penjelasan narasumber.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa diminta mendengarkan penjelasan yang dibacakan narasumber.

penting.

Dengarkan secara saksama pembacaan teks berikut ini!

Bertandang ke Klub Pelita

”Anak-anak, besok kita bertandi melawan Klub Pelita. Saya harap kalian menjaga kesehatan tubuh kalian,”  kata Pak Toni, pelatih Pam Jaya, usai mereka berlatih. Pemain yang diturunkan sama seperti minggu lalu. Willy, Doni, Ari, dan Roni seperti biasa di bangku cadangan dulu. Harap semua hadir sejam sebelum pukul sembilan pagi!”  kata Pak Toni.

“Siap, Pak! O, ya, mainnya di mana, Pak?” tanya Angga.

“Angga, Angga … mainnya, ya, di lapangan,”  sahut Roni.

“Maksudku alamat tempat bermainnya, Ron!”  jelas Ari.

”Kita bermain di lapangan Klub Pelita. Dari sini, kalian naik angkot menuju terminal A. Kemudian, naik bus jurusan Poncol dan turun di pertigaan. Letak lapangan Klub Pelita tidak jauh dari pertigaan itu. Tapi, karena jalan menuju lapangan harus melewati jalan berliku, sebaiknya kalian menunggu di pertigaan saja. Nanti, kita berangkat bersama-sama,” saran Pak Toni.

* Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibacakan

narasumber.

* Selanjutnya, siswa diminta membuat catatan singkat secara berurutan tentang penjelasan narasumber.

* Setelah itu, siswa diminta mendengarkan kembali sekali lagi penjelasan narasumber.

* Kemudian, siswa diminta membuat denah sesuai penjelasan yang baru saja dibacakan narasumber.

3. Kegiatan Akhir:

* Siswa diminta membicarakan denah hasil uatannya sendiri kepada teman

sebangkunya. Kesempatan itu dipergunakan kepada siswa untuk memperba-

iki kekeliruan pembuatan denah.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Kesesuaian denah yang dibuat dengan penjelasan yang didengar.

Kecermatan/kehalusan membuat denah.

Ketepatan arah panah yang menunjukan arah perjalanan ke lapangan Klub Pelita.

Denah buatan siswa.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Teks penjelasan.

……………………… 200 ….

Disetujui,                                                                          Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

_____________                                                                  ________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 18

Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Olahraga

Alokasi waktu      :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Berbicara : Mendeskrifsikan secara lisan penggunaan suatu alat.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.  Indikator

Menjelaskan petunjuk penggunaan alat

4.  Materi

Teks petunjuk penggunaan

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Mengamati gambar

* Menjelaskan Penggunaan alat

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1. Kegiatan Awal:

*  Siswa mengamati gambar yang berhubungan dengan olahraga.

*  Siswa menuliskan nama-nama gambar yang diamati.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan bagaimana menggu-

nakan benda yang terdapat dalam gambar itu.

* Selanjutnya siswa menjelaskan penggunaan benda tersebut di depan kelas

dengan kalimat yang runtut.

3.  Kegiatan Akhir:

* Memberi penilaian terhadap laporan kerja kelompok siswa.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

Kekompakan dalam kelompok diskusi

Konsep urutan petunjuk penggunaan alat

Penggunaan ejaan

Keberanian menyampaikan petunjuk penggunaan alatdi depan kelas

Gaya penyampaian

7.  Sumber / Bahan

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Gambar

………………………….. 200 ….

Disetujui,                                                                            Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

________________                                                           ____________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 19

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Olahraga

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

1.  Standar Kompetensi

Membaca: Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata).

2.  Kompetensi Dasar

Menemukan pikiran pokok teks agak panjang 9150 – 200 kata) dengan cara

membaca sekilas.

3.  Indikator

Menemukan pikiran pokok teks.

4.  Materi

Teks bacaan

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca sekilas

* Menjawab pertanyaan bacaan.

* Menemukan pikiran pokok teks bacaan.

* Membuat ringkasan.

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

*  Siswa membaca teks ”Badmini Dulu Baru Badminton” secara sekilas.

*  Tanya jawab seputar teks.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.

*  Kegitan dilanjutkan dengan mencari pikiran pokok teks bersama kelompok masing-masing.

*  Meringkas teks bacaan bersama teman kelompok.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Memperbaiki kekurangan  yang terdapat dalam ringkasan teks bacaan dalam kelompoknya.

6.  Penilaian

1.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Ketepatan memilih kosa kata dalam pikiran pokok.

Keruntutan kalimat

Penggunaan ejaan dalam ringkasan

Ringkasan teks buatan kelompok.

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

*  Teks bacaan.

…………………………….. 200 ……

Disetujui,                                                                      Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

_________________                                                     ____________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 20

Mata  Pelajaran  :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester:  IV / I

Tema                  :  Olahraga

Alokasi waktu    :  4 x 35 menit  ( 2 x pertemuan )

1.  Standar /Kompetensi

Menulis: Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk percakapan.

2.  Kompetensi Dasar

Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan ( tanda titik dua dan tanda petik ).

3.  Indikator

Melengkapi percakapan rumpang.

4.  Materi

Percakapan rumpang.

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca teks cerita.

* Menjawab pertanyaan

* Mengubah teks cerita ke dalam bentuk percakapan.

* Memperagakan percakapan sesuai teks yang dibuat.

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa membaca teks cerita ”Pemain Cadangan”  dalam hati.

* Tanya jawab sekitar cerita “Pemain Cadangan”

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa secara individu menjawab pertanyaan cerita.

* Kegiatan dilanjutkan dengan mengubah cerita ke dalam bentuk percakapan dengan cara menyalin kalimat yang diucapkan langsung oleh sang tokoh cerita dan tidak lupa memberi tanda kutip pada setiap ucapan langsung sang tokoh.

* Kemudian dilanjutkan dengan memperagakan percakapan yang telah dibuat.

3.  Kegiatan Akhir:

* Memberikan penilaian setiap penampilan.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Keruntutan kalimat percakapan

Penggunaan tanda baca

Keruntutan cerita

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

…………………………………..  200  ……

Disetujui                                                               Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

________________                                                  __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 21

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Pertanian

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit  (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan:  Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

2.  Kompetensi Dasar

Membuat gambar ./ denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

3.  Indikator

Membuat gambar / denah.

4.  Materi

Teks berisi petunjuk denah.

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Mendengarkan petunjuk denah

* Menjawab pertanyaan

* Mencatat isi petunjuk yang didengar

* Menjelaskan isi petunjuk

* Membuat denah

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa menyiapkan alat tulis untuk mencatat hal-hal penting petunjuk yang dibacakan guru.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa mendengarkan penjelasan tentang petunjuk yang dibacakan guru.

* Sambil mendengarkan penjelasan guru, siswa mencatat hal-hal penting yang didengarnya.

Petunjuk ke Toko Trubus

Toko Trubus terletak di Jalan Palem.

Untuk menuju ke Toko Trubus, berjalanlah ke arah selatan menyusuri Jalan Mangga sampai bertemu perempatan. Di salah satu sudut perempatan itu ada Toko Buah Sekar. Dari situ, beloklah ke kanan menuju Jalan Anggur. Jalan terus sampai bertemu pertigaan lagi. Di situ, ada Toko Bunga Cantik. Dari pertigaan itu, beloklah ke kiri menuju Jalan Palem. Susuri Jalan Palem sampai menemukan Klinik Budi. Dua ratus meter dari klinik itulah terletak Toko Trubus.

* Untuk meningkatkan daya ingat, siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan petunjuk yang didengarnya itu.

* Selanjutnya, siswa membuat denah arah perjalanan ke Toko Trubus.

3.  Kegiatan Akhir:

* Guru menugaskan siswa menulis petunjuk arah dari rumahnya ke sebuah tempat, misalnya toko, klinik, kantor kelurahan, dan lain-lain. Kemudian, dilanjutkan membuat gambar denahnya.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Kesesuaian denah dengan petunjuk yang didengar

Kelengkapan denah

Keindahan denah

Denah buatan siswa.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A.

…………………………. 200 ….

Disetujui,                                                                         Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

________________                                                           ___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 22

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Pertanian

Alokasi Waktu     :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Berbicara:  Mendeskrifsikan secara lisan tempat sesuai denah.

2.  Kompetensi Dasar

Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang

runtut.

3.  Indikator

Mendeskrifsikan tempat

4.  Materi

Denah lokasi

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Mengamati gambar / denah

*  Mendeskrifsikan tempat dengan kalimat yang runtut.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal:

* Siswa mengamati gambar dengan teliti

* Tanya jawab tentang denah yang diamati.

2.   Kegiatan Inti:

* Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menjelaskan tentang

pertanyaan berikut ini.

1.  Perjalanan Pak Budi dari rumahnya menuju sawah.

2.  Perjalanan Pak Budi dari sawah menuju kantor KUD.

3.   Kegiatan Akhir:

Masing-masing kelompok melalui seorang wakilnya melaporkan hasil diskusi

di depan kelompok lain.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Ketepatan menjelaskan tempat atau lokasi / perjalanan ke arah suatu tempat

Keberanian menjelaskan di depan kelompok lain.

Gaya penyampaian pelapor.

Penjelasan siswa dan penampilan saat melaporkan hasil diskusi.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Denah perjalanan ke suatu tempat.

………………………….. 200 …..

Disetujui                                                                       Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

______________                                                            __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 23

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Pertanian

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Membaca:  Membaca untuk memahami petunjuk pemakaian.

2.  Kompetensi Dasar

Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

3.  Indikator

Memahami petunjuk pemakaian.

4.  Materi

Teks berisi petunjuk

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca sekilas

* Menjawab pertanyaan

* Mencatat petunjuk dalam bacaan.

* Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal:

* Siswa membaca teks petunjuk pemakaian ”Kunyit Bakar” dan ”Kentang

Membuat Kempes Bisul.”

* Tanya jawab tentang teks yang dibaca.

2.   Kegiatan Inti:

* Agar lebih mudah mengingat apa yang dibaca, siswa menjawab pertanyaan

yang tersedia.

* Selanjutnya, siswa mencatat petunjuk yang ada di dalam bacaan.

3.   Kegiatan Akhir:

* Siswa diminta mempraktikkan cara membuat obat tradisional dari kunyit

dan kentang bersama empat orang teman.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Kerja sama dalam kelompok

Kesesuaian teori dengan praktik

Kebermanfaatan hasil praktik

Penilaian praktik

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

…………………………….. 200 …..

Disetujui                                                                         Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

______________                                                           ___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 24

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Pertanian

Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Menulis : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk cerita.

2.  Kompetensi Dasar

Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat

sesuatu.

3.  Indikator

Menulis petunjuk.

4.  Materi

Petunjuk melakukan sesuatu.

5.  Kegiatan Pembelajaran

*  Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan.

*  Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar.

*  Menulis petunjuk melakukan sesuatu.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal:

* Siswa membaca teks berisi petunjuk melakukan percobaan sambil mengamati gambar-gambarnya.

*    Tanya jawab tentang petunjuk percobaan.

2.   Kegiatan Inti:

*    Siswa menyusun urutan petunjuk ”Membuat Pelangi” sambil memperhatik

kan gambarnya.

*    Kegiatan dilanjutkan menulis petunjuk untuk mengembangbiakkan tanam

an cocor bebek berdasarkan pengamatan gambar.

3.  Kegiatan Akhir:

*    Siswa mempraktikkan pengembangbiakkan tanaman cocor bebek sesuai

petunjuk yang telah dibuat siswa.

6.   Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Bila urutannya hanya benar 1 diberi skor 2

Bila 2 kalimat yang urutannya benar diberi skor 5

Bila 3 kalimat berurutan diberi skor 8

Bila semua kalimat berurutan diberi skor 10

Urutan petunjuk melakukan sesuatu yang dibuat siswa

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

……………………… 200 …..

Disetujui                                                                             Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

______________                                                                  __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 25

Mata  Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Lingkungan

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang lambang.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang lambang.

3.  Indikator

Menjelaskan lambang.

4.  Materi

Gambar lambang.

5.  Kegiatan Pembelajaran.

*  Menjelaskan penjelasan tentang lambang lingkungan.

*  Mencatat hal-hal penting.

*  Menjawab pertanyaan.

*  Menjelaskan kembali secara tertulis atau lisan tentang lambang.

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

*  Siswa memperhatikan gambar lambang lingkungan ”Kalpataru.”

*  Siswa menyiapkan alat tulis untuk mencatat penjelasan guru.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang gambar kalpataru.

*  Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Kalpataru

Kalpataru berarti pohon kehidupan. Gambar pohon ini diambil dari relief candi Prambanan dan Mendut.

Kalpataru dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan karena ia jenis tumbuhan yang kuat. Pada saat tanaman lain mati kekeringan, ia tetap hidup subur. Selain dapat melindungi tanah tempat hidupnya, kalpataru pun dapat melindungi tanaman di sekelilingnya. Oleh karena itulah, ia dipilih menjadi lambang keledstarian lingkungan oleh pemerintah.

Pemerintah menganugerahkan penghargaan kalpataru kepada seseorang atau kelompok masyarakat yang berjasa dalam melestarikan lingkungan hidup di sekitarnya. Anugerah kalpataru ini diberikan setiap tahun bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup.

*  Guru meminta siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan

lambang kalpataru.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Siswa diminta menjelaskan kembali secara lisan tentang kalpataru.

6.  Penilaian:

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Kejelasan dalam menjelaskan kalpataru

Keruntutan kalimat

Keberanian tampil

Gaya penyampaian yang meyakinkan

Penampilan siswa menjelaskan lambang kalpataru.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

……………………………… 200 ….

Disetujui                                                                     Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

______________                                                            ________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 26

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Lingkungan

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi.

Berbicara: Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan alat.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.  Indikator

Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.

4.  Materi

Teks petunjuk penggunaan alat.

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Memperagakan percakapan.

* Melengkapi pernyataan.

* Menjelaskan petunjuk penggunaan alat secara lisan.

* Menjelaskan cara menggunakan alat.

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

*  Siswa membagi kelompok bersama teman-temannya.

*  Siswa membaca percakapan ”Mesin Tetas dari Kardus Bekas” secara

saksama.

2.  Kegiatan Inti:

*  Siswa memperagakan percakapan bersama 2 orang teman. Ada yang

menjadi Susi, Andi, dan Angga.

*  Selanjutnya siswa diminta melengkapi pernyataan yang berhubungan dengan percakapan.

*  Kemudian, siswa diminta menjelaskan kembali petunjuk penggunaan mesin tetas di depan teman-teman kelompok. Bila ada kekurangan, teman boleh memberikan saran.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Siswa diminta menjelaskan cara penggunaan alat sebagaimana terdapat pada gambar yang tersedia.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Kerja sama dalam kelompok

Keberanian menjelaskan di depan teman

Gaya Penyampaian

Keberanian menerima kritik

Penampilan siswa mewakili kelompok

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

……………………………. 200 ….

Disetujui                                                                          Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

________________                                                         ___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 27

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Lingkungan

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar  Kompetensi

Membaca: Memahami petunjuk pemakaian.

2.  Kompetensi Dasar

Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

3.  Indikator

Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk.

4.  Materi

Teks bacaan berisi petunjuk pemakaian

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca teks berisi petunjuk pemakaian.

* Membuat ringkasan

* Menjelaskan petunjuk

* Memperagakan petunjuk pemakaian sesuatu sesuai teks yang dibaca.

* Menanggapi penjelasan

Langkah-Langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa membaca teks berisi petunjuk ”Penggunaan Stiker atau Kertas untuk

Mengukur Kotor atau Tidaknya Udara di Rumah”

  1. Kegiatan Inti:

* Siswa diminta membuat ringkasan petunjuk pemakaian.

* Secara lisan siswa diminta menjelaskan cara mengetahui kotor tidaknya

udara dengan kata-kata sendiri di hadapan teman-teman.

* Siswa diminta memperagakan cara menggunakan kertas stiker atau kertas

putih polos untuk mengukur kotor tidaknya udara.

3.   Kegiatan Akhir:

* Selanjutnya siswa diminta mengajukan pertanyaan secara lisan sesuai

dengan pernyataan yang ada.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

…………………………….. 200 ……

Disetujui                                                                        Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

________________                                                        __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 28

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Lingkungan

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Menulis:  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk surat.

2.  Kompetensi Dasar

Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)

3.  Indikator

Menulis surat untuk teman sebaya.

4.  Materi

Contoh surat pribadi

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca contoh surat untuk teman sebaya.

* Memahami penggunaan tanda koma.

* Membubuhkan tanda koma.

* Menulis bagian-bagian surat.

* Menulis surat untuk teman sebaya.

Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal:

* Siswa membaca contoh surat pribadi dengan saksama.

2.  Kegiatan Inti:

* Kegiatan dilanjutkan dengan mempelajari penggunaan tanda koma di dalam

penulisan surat pribadi.

* Kemudian Siswa diminta menuliskan bagian-bagian surat pribadi.

3.  Kegiatan Akhir:

* Selanjutnya siswa diminta menulis surat untuk teman tentang pengalaman

yang paling mengesankan dengan memperhatikan penggunaan tanda baca.

6.  Penilaian

No.

Unsur PEnilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Pesan yang ingin disampaikan

Bagian-bagian surat

Penggunaan tanda baca

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

…………………………………. 200 …..

Disetujui                                                                      Guru  Kelas IV,

Kepala Sekolah,

______________                                                        ____________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 29

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Hidup Hemat

Alokasi Waktu     :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

2.  Kompetensi Dasar.

Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

3.  Indikator.

Membuat gambar/denah

4.  Materi

Petunjuk denah.

5.  Kegiatan Pembelajaran.

* Mendengarkan penjelasan

* Membuat denah berdasarkan penjelasan

* Menjelaskan kembali petunjuk denah

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa menyiapkan alat tulis untuk mencatat hal-hal penting penjelasan yang

didengar.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa mendengarkan penjelasan yang dibacakan guru sambil mencatat hal-

hal yang dianggap penting.

Perjalanan ke Bank

Vera ingin menabung di Bank Makmur. Bank itu terletak di Jalan Perdana I. Dari rumah Vera di Jalan Arjuna 3, Vera jalan ke arah barat hingga sampai di pertigaan. Lalu, ia belok kiri menuju Jalan Antena 1. Vera menyusuri jalan itu sampai ke perempatan. Kemudian, ia belok kanan dan sampailah di Jalan Perdana I. Di sanalah letak Bank Makmur.

* Siswa membuat gambar denah Perjalanan Ke Bank Makmur disertai tanda

arah mata angin.

3.  Kegiatan Akhir:

* Siswa menjelaskan kembali secara tertulis denah yang telah dibuatnya.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Ketepatan denah yang dibuat dengan petunjuk yang didengar

Keruntutan kalimat penjelasan.

Ketepatan menggunakan tanda baca

Denah buatan siswa dan Penjelasan tertulis

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Gambar denah.

……………………………. 200 ……

Disetujui                                                                        Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

______________                                                          ___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 30

Mata  Pelajaran     :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester   :   IV / I

Tema                     :  Hidup Hemat

Alokasi Waktu      :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Berbicara:  Mendeskrifsikan tempat sesuai denah.

2.  Kompetensi Dasar

Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang

runtut.

3.  Indikator

Mendeskrifsikan tempat

4.  Materi

Denah lokasi

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Mengamati gambar

* Menjelaskan tempat sesuai gambar

* Menjelaskan denah buatan sendiri

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa mengamati denah dengan saksama.

* Siswa diminta menjelaskan perjalanan Vera secara lisan berdasarkan denah

yang diamati.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa diminta membuat denah sendiri tentang perjalanan dari rumah ke

sebuah bank atau kantor pos terdekat.

* Siswa menuliskan kalimat penjelasan denah yang dibuatnya sendiri.

3.  Kegiatan Akhir:

* Siswa diminta menjelaskan denah yang dibuatnya secara lisan di hadapan

teman kelompok.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Kelengkapan denah yang dibuatnya sendiri.

Keruntutan kalimat penjelasan denah.

Penggunaan ejaan dalam kalimat penjelasan.

Denah buatan siswa dan Kalimat penjelasan denah.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Denah batan siswa

………………………………  200 ……

Disetujui                                                                       Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

________________                                                         __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 31

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Hidup Hemat

Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kmpetensi

Membaca: Memahami makna kata dalam kamus/ensiklopedi

2.  Kompetensi Dasar

Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi

3.  Indikator

Menemukan makna dalam kamus/ensiklopedi

4.  Materi

Kamus Bahasa Indonesia

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca memindai

* Menjawab pertanyaan sesuai bacaan

* Menemukan makna dan informasi dalam kamus

* Menggunakan kata sulit dalam kalimat.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa membaca memindai teks ”Menjadi Nasabah Bank”

* Tanya jawab tentang teks bacaan.

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa mmbuat daftar kata-kata sulit dari teks bacaan.

* Kegiatan dilanjutkan dengan mencari makna yang terkandung dalam kata0kata sukar yang telah terdaftar.

* Tahap selanjutnya, siswa membuat kalimat berdasarkan kata sukar yang telah didaftarkannya.

3.  Kegiatan Akhir:

* Kegiatan diakhiri dengan menjawab pertanyaan tentang isi bacaan.

6.  Penilaian

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Daftar kata-kata sukar

Penggunaan kamus

Penyusunan kalimat dengan kata sukar

Menjawab pertanyaan bacaan

Daftar kata sukar.

Jawaban pertanyaan tentang isi teks.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Kamus Besar Bahasa Indonesia

…………………………. 200 ….

Disetujui                                                                          Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah

______________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 32

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Hidup Hemat

Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Menulis: Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk petunjuk.

2.  Kompetensi Dasar

Menulis petunjuk atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.

3.  Indikator

Menulis petunjuk

4.  Materi

Teks petunjuk

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca contoh petunjuk

* Menulis petunjuk membuat sesuatu sesuai gambar

* Memperagakan cara membuat sesuatu sesuai penjelasan yang ditulis.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa mengamati gambar dan petunjuk membuat kincir angin.

* Tanya jawab tentang pembuatan kincir angin.

* Siswa mempraktikkan pembuatan kincir angin dengan teman sebangkunya.

2.  Keguiatan Inti:

* Siswa mengamati secara saksama gambar-gambar yang menjelaskan tentang

cara menghias celengan.

* Siswa menuliskan petunjuk pembuatan cara menghias celengan dengan

teman sebangkunya.

3.  Kegiatan Akhir:

* Bersama teman sebangkunya, siswa menghias celengan sesuai dengan

petunjuk yang dibuat dan disepakati bersama teman sebangkunya.

6.  Penilaian:

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Kerja sama kelompok

Keruntutan membuat petunjuk pelaksanaan

Ketepatan mempraktikan pembuatan sesuai petunjuk yang dibuatnya

Kesesuaian hasil

Kalimat petunjuk pelaksanaan dan hasil pembuatan sesuai petunjuk.

7.  Sumber / Bahan

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Celengan, cat, dan kuas.

………………………………. 200 …..

Disetujui                                                                       Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

_______________                                                        __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 33

Mata  Pelajaran    :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester  :  IV / I

Tema                    :  Tempat Umum

Aloksai Waktu     :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

2.  Kompetensi Dasar

Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah

/lambang korps.

3.  Indikator

Menjelaskan simbol daerah/lambang korps.

4.  Materi

Lambang daerah

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Mendengarkan penjelasan tentang simbol/lambang.

* Menjawab pertanyaan

* Menjelaskan kembali tentang lambang.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa mendengarkan penjelasan tentang simbol/lambang Provinsi Nusa

Tenggara Barat yang dibacakan guru, sambil mencatat hal-hal penting.

Lambang Provinsi Nusa Tenggara Barat

Dalam lambang daerah Nusa Tenggara Barat terdapat gambar-gambar:

1.  Rantai                        :   Melambangkan tahun 45, yaitu tahun kemerdeka-

an Revublik Indonesia.

2.  Padi dan kapas           :  Melambangkan tanggal 17 Desember 1958, yaitu

saat berdirinya Provinsi Nusa Tenggara Barat.

3.  Bintang segilima        :  Melambang 5 sila dari Pancasila.

4.  Gunung yang berasap:  Melambangkan Gunung Rinjani, yaitu gunung

berapi tertinggi di Pulau Lombok.

5.  Menjangan                 :  Melambangkan binatang yang banyak ditemukan

di Pulau Sumbawa.

6.  Kubah                        :  Melambangkan penduduk NTB yang taat kepada

agama mereka.

7.  Perisai                        :  Melambangkan kebudayaan dan jiwa kepahlawan

an rakya NTB.

2.  Kegiatan Inti:

*  Kegiatan dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan bacaan.

*  Selanjutnya siswa diminta menjelaskan secara tertulis arti dan gambar-gambar dalam lambang daerah NTB.

3.  Kegiatan Akhir:

Kegiatan diakhiri dengan penugasan tertentu.

6.  Penilaian:

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

Keruntutan penjelasan

Penggunaan ejaan

Format penjelasan

Penjelasan tertulis buatan siswa

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

* Lambang Provinsi NTB.

…………………………….. 200 ….

Disetujui,                                                                        Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

_______________                                                            __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 34

Mata  Pelajaran   :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester :  IV / I

Tema                   :  Tempat Umum

Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit

1.  Standar Kompetensi

Berbicara:  Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan alat.

2.  Kompetensi dasar

Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

3.  Indikator

Menjelaskan petunjukpenggunaan alat

4.  Materi

Tkes petunjuk penggunaan alat.

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca petunjuk penggunaan alat

* Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Mengamati gambar petunjuk penggunaan cairan penghapus.

* Tanya jawab tentang cairan penghapus

2.  Kegiatan Inti:

* Siswa menjelaskan kembali secara lisan petunjuk penggunaan cairan

penghapus di depan kelompok dengan berpedoman pada gambar.

3.  Kegiatan Akhir:

*  Kegiatan ditutup dengan penugasan tertentu oleh guru.

6.  Penilaian :

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

Keberanian menjelaskan petunjuk

Penampilan

Gaya penyampaian penjelasan

Keruntutan kalimat penjelasan

Penampilan siswa.

7.  Sumber / Alat

*  Buku Bina bahasa Indonesia 4A

*  Cairan Penghapus

………………………….. 200 …..

Disetujui                                                                          Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

_______________                                                           ___________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 35

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester: IV / I

Tema                  : Tempat Umum

Alokasi Waktu   :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi;

Membaca:  Memahami teks agak panjang (150 – 200 kata)

2.  Kompetensi Dasar

Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150 – 200 kata) dengan cara

membaca sekilas.

3.  Indikator

Menemukan pikiran pokok teks.

4.  Materi

Teks agak panjang (150 – 200 kata)

5.  Kegiatan Pembelajaran:

* Membaca sekilas teks agak panjang (150 – 200 kata)

* Menjawab pertanyaan

* Menemukan pikiran pokok teks.

* Meringkas teks bacaan

Langkah-Langkah Pembelajaran :

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa membaca teks ”Pembagian yang Adil” secara saksama.

* Tanya jawab tentang isi teks.

2.  Kegiatan Inti:

* Kegiatan dianjutkan dengan menjawab pertanyaan bacaan.

* Selanjutnya, siswa diminta menemukan pikiran pokok setiap paragraf bacaan

”Pembagian yang Adil.”

3.  Kegiatan Akhir:

* Melalui kegiatan inti di atas diharapkan siswa dapat meringkas teks bacaan

hanya dengan beberapa kalimat saja atau 10 kalimat.

6.  Penilaian:

No.

Unsur Penilaian

Nilai

Keterangan

1.

2.

Kesesuaian pikiran pokok dengan paragraf

Keruntutan kalimat ringkasan

Pikiran pokok setiap paragraf.

Ringkasan bacaan.

7.  Sumber / Alat

* Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

……………………………. 200 ……

Disetujui                                                                      Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

________________                                                         _________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 36

Mata  Pelajaran     :  Bahasa Indonesia

Kelas / Semester   :  IV / I

Tema                     :  Tempat umum

Alokasi Waktu      :  4 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.  Standar Kompetensi

Menulis:  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam

bentuk cerita.

2.  Kompetensi Dasar

Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan menggunakan kata/kalimat yang

tepat.

3.  Indikator

Melengkapi cerita rumpang

4.  Materi

Cerita Rumpang

5.  Kegiatan Pembelajaran

* Membaca cerita yang masih rumpang.

* Melanjutkan/melengkapi cerita

* Memahami penggunaan tanda titik.

* Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

1.  Kegiatan Awal:

* Siswa membaca cerita rumpang ”Celengan Beni”

* Tanya jawab tentang teks rumpang.

2.  Kegiatan Inti:

* Kegiatan dilanjutkan dengan melengkapi teks cerita rumpang tersebut dengan kalimat yang tepat bersama teman kelompok.

* Kemudian siswa diminta membacakan kembali teks cerita yang sudah dilengkapi di depan kelas.

3.  Kegiatan Akhir:

* Siswa mengerjakan latihan menggunakan tanda titik dalam kalimat, terutama pada singkatan nama orang dan sebagainya.

6.  Penilaian:

No.

Unsur Penilaian

nilai

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

Kekompakan dalam kelompok.

Kecermatan memilih kalimat untuk melengkapi cerita rumpang.

Ketepatan menggunakan tanda baca titik, koma, dll.

Keberanian tampil ke depan kelas.

Lafal, intonasi, dan mimik dalam membaca cerita.

Penampilan dan Cerita lengkap.

7.  Sumber / Alat

Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

………………………………. 200 ….

Disetujui                                                                         Guru Kelas IV,

Kepala Sekolah,

_______________                                                          __________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s