RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pelajaran                      : I

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang

Didengar

0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita

0 Siswa dapat menentukan latar  cerita

0 Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar

III.Materi Pokok : Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah

dibaca atau didengar

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan cerita anak

0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang

Didengar

0 Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita

0 Menentukan latar  cerita

0 Menceritakan kembali cerita yang didengar

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  buku cerita anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar :  Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami aneka  jenis iklan

0 Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan

0 Siswa dapat  mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya

III.Materi Pokok :  Teks Iklan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah

dibaca atau didengar

B.Kegiatan Inti      :

0 Memahami aneka  jenis iklan

0 Menyampaikan isi iklan secara lisan

0 Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan

isinya

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Menyusun iklan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus

( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan

0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan

0 Siswa dapat  mencatat informasi penting dari bacaan

0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan

III.Materi Pokok :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan

dibaca atau didengar

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca intensif teks bacaan

0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan

0 Mencatat informasi penting dari bacaan

0 Menanggapi isi bacaan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan

memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar

* Tanda titik dua ( : )

II.Indikator :  0 Siswa dapat memahami penggunaan tanda titik dua ( : )

dalam teks percakapan

0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan

0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan

0 Siswa dapat melengkapi teks percakapan yang belum selesai

0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

III.Materi Pokok :  Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan

dibaca atau didengarkan

B.Kegiatan Inti      :

0 Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )

dalam teks percakapan

0 Memperagakan teks percakapan

0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks

percakapan

0 Melengkapi teks percakapan yang belum selesai

0 Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta perbuatan

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   : v

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu

Teks yang dibacakan/didengarkan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks

0 Siswa dapat melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks

0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan

0 Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan

0 Siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang didengar

III.Materi Pokok : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan

didengar

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan pembacaan teks

0 Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks

0 Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan

0 Meringkas teks yang didengarkan

0 Menceritakan kembali isi teks yang didengar

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  buku lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menyampaikan pesan /informasi yang diperoleh dari berbagaimedia dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman

0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara

tersebut

0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan

III.Materi Pokok :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang wawancara  yang pernah

Dilakukan

B.Kegiatan Inti      :

: 0 Memperagakan wawancara bersama teman

0 Menycatat informasi penting dalam wawancara

tersebut

0 Menyampaikan informasi penting seccara lisan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Menyusun wawancara

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus

( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca teks berisi informasi dari kolom

tertentu

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan

0 Siswa dapat  menjelaskan isi teks secara lisan

0 Siswa dapat memahami kalimat permintaan

0 Siswa dapat melengkapi kalimat permintaan

III.Materi Pokok :  Teks Cerita

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek cerita  yang  akan

dibaca atau didengar

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca teks berisi informasi dari kolom

tertentu

0 Menjawab pertanyaan

0 Menjelaskan isi teks secara lisan

0 Memahami kalimat permintaan

0 Melengkapi kalimat permintaan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Mengisi kartu pos

II.Indikator :  0 Siswa dapat memahami isi kartu pos

0 Siswa dapat  menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos

dengan benar

0 Siswa dapat  mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang

sudah ditentukan

III.Materi Pokok :   Kartu pos

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang kartu pos manfaat dan cara

pengisiannya

B.Kegiatan Inti      :

0 Memahami isi kartu pos

0 Menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos

dengan benar

0 Mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang

sudah ditentukan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0        Mengisi  kartu pos dan mengirimkannya ke alamat

teman,sudara, atau guru

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh

guru

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar

0 Siswa dapat menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar

0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar

0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar

0 Siswa dapat menentukan amanat cerita

III.Materi Pokok : Cerita Anak

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak  yang akan

Diperdengarkan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh

guru

0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar

0 Menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar

0 Menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar

0 Meringkas cerita yang didengar

0 Menentukan amanat cerita

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  bukucerita anak  lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman

0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara

tersebut

0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan

III.Materi Pokok :   Kalimat pujian

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah

diucapkan atau didengarnya

B.Kegiatan Inti      :

0 Memperagakan wawancara bersama teman

0 Menycatat informasi penting dalam wawancara

tersebut

0 Menyampaikan informasi penting secara lisan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Menyusun kalimat pujian

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus

( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan

0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

III.Materi Pokok :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang  akan

dibaca atau diperdengarkan

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca sekilas teks bacaan

0  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan

0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan  makna puisi

II.Indikator :  0 Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa

0 Siswa dapat  membaca puisi dengan penghayatan yang baik

0 Siswa dapat  memparafrasekan puisi

III.Materi Pokok :   Puisi

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa

0 Membaca puisi dengan penghayatan yang baik

0 Memparafrasekan puisi

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh

guru

0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar

0 Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan

0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri

III.Materi Pokok :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan   yang akan

Diperdengarkan / dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh

guru

0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar

0 Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan

0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  teks bacaan   lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca contoh tanggapan pembacaan puisi

0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun

0 Siswa dapat  menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan

III.Materi Pokok :   Puisi anak

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi anak yang pernah

Dibaca  atau didengarnya

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca contoh tanggapan pembacaan puisi

0  Menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun

0 Menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Menyusun puisi anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar :  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan

0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

III.Materi Pokok :  Teks Bacaan pengamatan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  pengamatan

yang  akan  dibaca

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca sekilas teks bacaan

0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan

0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan /laporan hasil pengamatan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Mengisi formulir  ( pendaftaran ,kartu anggota,wesel

pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar

II.Indikator :  0 Siswa dapat memahami  cara penulisan wesel pos

0 Siswa dapat  mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang

sudah ditentukan

0 Siswa dapat  memahami kalimat anjuran yang tepat

0 Siswa dapat membuat kalimat anjuran

III.Materi Pokok :   Wesel pos

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Memahami  cara penulisan wesel pos

0 Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang

sudah ditentukan

0 Memahami kalimat anjuran yang tepat

0 Membuat kalimat anjuran

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Mengisi  blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan wawancara

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang diperdengarkan

0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang didengarkan

III.Materi Pokok :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks wawancara   yang akan

Diperdengarkan / dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan pembacaan wawancara

0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang

diperdengarkan

0 Menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang

Didengarkan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  teks wawancara    lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama

0 Siswa dapat menentukan informasi setiap paragraf

0 Siswa dapat  menyampaikan informasi secara lisan

0 Siswa dapat mencari informasi dalam bacan lain

III.Materi Pokok :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang pernah

Dibaca  atau didengarnya

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca tek bacaan dengan seksama

0 Menentukan informasi setiap paragraf

0 Menyampaikan informasi secara lisan

0 Mencari informasi dalam bacan lain

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek lain dan meringkas isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar :  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan

0 Siswa dapat membahas isi laporan hasil pengamatan

0 Siswa dapat  menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri

III.Materi Pokok :   Laporan hasil pengamatan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan

pengamatan   yang akan dibaca

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca laporan hasil pengamatan

0 Membahas isi laporan hasil pengamatan

0 Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar

II.Indikator :  0 Siswa dapat membaca cerita pendek

0 Siswa dapat  menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek

yang dibaca

0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek

0 Siswa dapat merigkas cerita pendek yang dibaca

0 Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang

terdapat dalam ceriota yang dibaca

0        Siswa dapat mencari anonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca

III.Materi Pokok :   Teks Cerita pendek

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan

dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

:  0 Membaca cerita pendek

0 Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita

pendek    yang dibaca

0 Menentukan urutan peristiwa cerita pendek

0 Meringkas cerita pendek yang dibaca

0 Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang

terdapat dalam ceriota yang dibaca

0 Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita

yang dibaca

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya

0 Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikisai tokoh,watak,latar,temaatau amant dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan

0 Siswa dapat mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita

tersebut

0 Siswa dapat menentukan latar dan tema  cerita anak

0 Siswa dapat menentukan alur atau urutan cerita anak yang

dibaca

0 Siswa adapat meringkas cerita anak yang diperdengarkan

berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan

III.Materi Pokok :  Teks Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita anak  yang akan

Diperdengarkan / dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru

0 Menjawab pertanyaan

0 Mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita

tersebut

0 Menentukan latar dan tema  cerita anak

0 Menentukan alur atau urutan cerita anak yang

dibaca

0 Meringkas cerita anak yang diperdengarkan

berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  cerita anak lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian meringkas dan menceritakan kembali

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama

0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting setiap paragrap

0 Siswa dapat  menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan

0 Siswa dapat mencari informasi di surat kabar dan mencatat

hal-ahal penting setiap paragraf

III.Materi Pokok :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang pernah

Dibaca  atau didengarnya

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca tek bacaan dengan seksama

0 Menentukan hal-hal penting setiap paragrap

0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan

0 Mencari informasi di surat kabar dan mencatat

hal-ahal penting setiap paragraf

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek lain dan meringkas isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar :  Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran,dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membuat pertanyaan  berdasarkan bacaan

informasi yang dibaca

0 Siswa dapat memberikan tanggapan  berupa pertanyaan atau

saran

0 Siswa dapat  menceritakan kembali  isi bacaan dengan kata-

kata sendiri

0 Siswa dapat mencari informasi lain di surat kabar dan

mencatat hal-hal penting

0 Siswa dapat menanggpi isi bacaan

III.Materi Pokok :   Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang akan

dibaca

B.Kegiatan Inti      :

0 Membuat pertanyaan  berdasarkan bacaan

informasi yang dibaca

0 Memberikan tanggapan  berupa pertanyaan atau

saran

0 Menceritakan kembali  isi bacaan dengan kata-

kata sendiri

0 Mencari informasi lain di surat kabar dan

mencatat hal-hal penting

0 Menanggpi isi bacaan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Menyusun  percakapan tentang berbagai topic dengan

memperhatikan penggunaan ejaan

* Memahami kalimat pengandaian

II.Indikator :  0 Siswa dapat membaca teks percakapan bersama teman

sebangku

0 Siswa dapat  menentukan pokok pembicaraan dalam teks

percakapan

0 Siswa dapat melengkapi percakapan yang belum lengkap

0 Siswa dapat membuat percakapan bersama teman ,kemudian

memperagakannya

0 Siswa dapat membuat kalimat pengandaian

III.Materi Pokok :   Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan yang akan

dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca teks percakapan bersama teman

sebangku

0 Menentukan pokok pembicaraan dalam teks

percakapan

0 Melengkapi percakapan yang belum lengkap

0 Membuat percakapan bersama teman ,kemudian

memperagakannya

0 Membuat kalimat pengandaian

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Memnyusun percakapan dan memeprgakakannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-halpenting/pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan berita radio  yang dibacakan guru

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio

yang didengarkan

0 Siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi berita radio

yang lain

0 Siswa dapat menanggapi dan membuat kelsimpulan  isi berita

radio yang didengarkan

III.Materi Pokok :  Berita Radio

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang berita radio  yang akan

Diperdengarkan / dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan berita radio  yang dibacakan guru

0 Menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio

yang didengarkan

0 Mencatat pokok-pokok informasi berita radio

yang lain

0 Menanggapi dan membuat kelsimpulan  isi berita

radio yang didengarkan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  berita radio  lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( mengkritik/memuji ) sesuatu hal diseertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca percakapan berisi keritiok dan pujian

0 Siswa dapat memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan

0 Siswa dapat  membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik

III.Materi Pokok :    Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan   dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca percakapan berisi keritiok dan pujian

0 Memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan

0 Membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membuat kalimat kritik atau pujian tentang suatu hal

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       : v

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar : Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan /kunjungan

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan

0 Siswa dapat membahas laporan hasil pengamatan

0 Siswa dapat  memberuikan saran disertai alasan

0 Siswa dapat menjelaskan isi laporan hasil pengamatan

0 Siswa dapat membuat laporan hasil pengamatan  kemudian

menceritakannya

III.Materi Pokok :   Laporan hasil pengamatan/ kunjungan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek laporan hasil pengamatan

yang akan  dibaca

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca laporan hasil pengamatan

0 Membahas laporan hasil pengamatan

0 Memberuikan saran disertai alasan

0 Menjelaskan isi laporan hasil pengamatan

0 Membuat laporan hasil pengamatan  kemudian

menceritakan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi

* Memahami keterangan waktu dan tempat

II.Indikator :  0 Siswa dapat membacakan puisi dengan lafal dan intonasi

yang tepat

0 Siswa dapat  mengubah puisi  ke dalam bentuk prosa

0 Siswa dapat menulis puisi dan membacakan dengan lafal

yang tepat

0 Siswa dapat memparafrasekan puisi  ciptaan sendiri

0 Siswa dapat memahami penggunaan keterangan waktu dan

tempat

III.Materi Pokok :    Puisi

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi  yang akan

dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Membacakan puisi dengan lafal dan intonasi

yang tepat

0 Mengubah puisi  ke dalam bentuk prosa

0 Menulis puisi dan membacakan dengan lafal

yang tepat

0 Memparafrasekan puisi  ciptaan sendiri

0 Memahami penggunaan keterangan waktu dan

tempat

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Menyusun puisi  dan memparafrasekannya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan dongeng

0 Siswa dapat menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan

dongeng yang didengar

0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang

didengar

0 Siswa dapat menentukan latar,tema,dan amanat dongeng

yang didengar

0 Siswa dapat menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang

didengar

0 Siswa dapat menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng

lain yang dibacanya

III.Materi Pokok :  Teks Dongeng

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang dongeng  yang akan

Diperdengarkan / dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan pembacaan dongeng

0 Menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan

dongeng yang didengar

0 Menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang

didengar

0 Menentukan latar,tema,dan amanat dongeng

yang didengar

0 Menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang

didengar

0 Menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng

lain yang dibacanya

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  dongeng lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menyampikan pesan /informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak ,Koran dll )

II.Indikator : 0 Siswa dapat membaca teks bacaan dalam surat kabar

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan

0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam

teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan

III.Materi Pokok :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang  dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca teks bacaan dalam surat kabar

0 Menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan

0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam

teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek bacaan lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator :  0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan

0 Siswa dapat  menanggapi isi bacaan informasi

0 Siswa dapat membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian

mencatat informasi penting  dan menanggapinya

III.Materi Pokok :   Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan

yang akan  dibaca

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca intensif teks bacaan

0 Menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan

0 Menanggapi isi bacaan informasi

0 Membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian

mencatat informasi penting  dan menanggapinya

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,daftar riwayat hidup dll)

* Kalimat majemuk bertingkat

II.Indikator :  0 Siswa dapat memahami penulisan pormurlir pendaftaran

0 Siswa dapat  mengisi pormulir pendaftaran dengan benar

0 Siswa dapat mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian

membandingkannya

0 Siswa dapat mengubah data dirindalam pormulir pendaftaran

kedalam bentuk narasi

0 Siswa dapat memahami kalimat majemuk bertingkat

0 Siswa dapat membuat kalimat majemuk bertingkat

0 Siswa dapat memisahkan kalimat majemuk bertingkat

menjadi beberapa kalimat tunggal

III.Materi Pokok :    Formulir Pendaftaran

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang formulir dan kalimat

majemuk

B.Kegiatan Inti      :

0 Memahami penulisan pormurlir pendaftaran

0 Mengisi pormulir pendaftaran dengan benar

0 Mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian

membandingkannya

0 Mengubah data diri dalam pormulir pendaftaran

kedalam bentuk narasi

0 Memahami kalimat majemuk bertingkat

0Membuat kalimat majemuk bertingkat

0Memisahkan kalimat majemuk bertingkat

menjadi beberapa kalimat tunggal

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Menyusun pormulir pendaftaran anggota organisasi

0 Menyusun kalimat majemuk bertingkat

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENDENGARKAN

I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator :  0 Siswa dapat mendengarkan cerita pendek kemudian

menjawab pertanyaan

0 Siswa dapat menentykan latar,amanat,tema cerita pendek

0 Siswa dapat menentukan alur cerita pendek

0 Siswa dapat menceritakan kembali isi cderita pendek

III.Materi Pokok :  Teks Cerita Pendek

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang Cerita pendek  yang akan

Diperdengarkan / dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Mendengarkan cerita pendek kemudian

menjawab pertanyaan

0 Menentukan latar,amanat,tema cerita pendek

0 Menentukan alur cerita pendek

0 Menceritakan kembali isi cderita pendek

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Membaca  cerita pendek lain   yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

BERBICARA

I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( mengkritik / memuji ) sesuatu hal disertai alas an denganmenggunakan  bahasa yang santun

II.Indikator :  0 Siswa dapat memperagakan percakapan yang mengandung

kalimat pujian

0 Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap suatu hal

/keadaan

0 Siswa dapat menyampaikan tanggapan kepada orang lain

0 Siswa dapat membuat percakapan

III.Materi Pokok :    Teks percakapan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan  yang

dibacakan

B.Kegiatan Inti      :

0 Memperagakan percakapan yang mengandung

kalimat pujian

0 Memberikan tanggapan terhadap suatu hal

/keadaan

0 Menyampaikan tanggapan kepada orang lain

0 membuat percakapan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek percakapan  lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MEMBACA

I.Kompetensi Dasar : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator :  0 Siswa dapat membaca teks bacaan dengan seksama

0 Siswa dapat menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan

0 Siswa dapat  menentukan pokok pikiran setiap paragraf

0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan

III.Materi Pokok :   Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan

yang akan  dibaca

B.Kegiatan Inti         :   0 Membaca teks bacaan dengan seksama

0 Menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan

0 Menentukan pokok pikiran setiap paragraf

0 Menanggapi isi bacaan

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Smester             : 6/ Pertama

Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis

dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase

Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )

________________________________________________________________________

MENULIS

I.Kompetensi Dasar :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa  dengan tetap memperhatikan makna puisi

* Menggunakan ntanda garis miring dalam kalimat

II.Indikator :    0 Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan

0 Siswa dapat  mencatat pesan atau amanat puisi

0 Siswa dapat memprafrasekan puisi yang telah disediakan

0 Siswa dapat mencari puisi dan memparafrasekannya

0 Siswa dapat mengenal tanda baca garis miring /

0 Siswa dapat membubuhi tanda baca garis miring /

III.Materi Pokok :    Teks Puisi

IV.Pengalaman Belajar

A.Kegiatan Awal   :

0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari

0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi dan garis miring

B.Kegiatan Inti      :

0 Membaca puisi dengan penghayatan

0 Mencatat pesan atau amanat puisi

0 Memprafrasekan puisi yang telah disediakan

0 Mencari puisi dan memparafrasekannya

0 Mengenal tanda baca garis miring /

0 Membubuhi tanda baca garis miring /

C.Kegiatan Akhir     :

0 Tanya jawab,diskusi,penugasan

0 Menyusun puisi dan membacakannnya di depan kelas

0 Membubuhi kalimat  dengan garis miring

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta produk

A.Lisan                          : v

B.Perbuatan                   :

C.Proyek                        :

D.Produk                       :

E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian :

Mengetahui                                                                                     __________     2007

Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6

_____________________                                                               __________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s