RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.1

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat

sendiri isi teks.

Indikator                                                :   –     Menyimak cerita yang dibaca

–          Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaanyang didengar

–          Menceritakan kembali bacaan yang didengar dengan

kata-kata atau kalimat sendiri.

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menyebutkan kembali dengan kata kata/kalimat sendiri

B.  Materi Pembelajaran

Teks cerita

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

  1. Siswa diminta memperhatikan gambar, setelah itu mendengarkan teks bacaan

“cerita falia” (hal. 139)

Kegiatan Inti

2.  Setelah selesai mendengarkan siswa diminta mengidentifikasi pernyataan   benar/

salah.

  1. Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan.

Kegiatan Akhir

4  Siswa dimintauntuk menyebutkan kembali isi teks dengan kata-kata atau kalimat

sendiri

  1. Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 2 – 3

Penerbit Erlangga

  1. Penilaian

•  Lisan

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.1

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi

Kompetensi Dasar                :  2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan

pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

Indikator                                :   –   Menggunakan kalimat tanyauntuk menanyakan

sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan

pilihan kata yang tepat

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menggunakan kata tanya dengan pilihan  kata yang tepat

B.  Materi Pembelajaran

Kata tanya

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta memperagakan percakapan

Kegiatan Inti

2.  Kemudian siswa diajak berlatih menggunakan kata tanya dalam kalimat

Kegiatan Akhir

3.  Siswa diminta  melengkapi percakapan dengankata Tanya yang tepat

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 4 – 6

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.1

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3.  Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan

Membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1  Menjelaskan isi puisi yang dibaca

Indikator                                                :   –     Membaca puisi anak dan mengekspresikannya dalam

gerak dan mimic yang tepat

–          Memahami isi puisi

–          Menjelaskan isi puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

B.  Materi Pembelajaran

Puisi Anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk membaca  puisi anak yang disediakan

Kegiatan Inti

2.  Setelah itu siswa diminta  menjawab pertanyaan berdasarkan isi puisi

3.  Kegiatan selanjutnya siswa diharapkan dapat menjelaskan kembali isi puisi dengan

kata katanya sendiri

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diminta  menyimpulkan puisi yang telah dibacanya

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 6 – 8

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.1

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte

Kompetensi Dasar                :  4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

Indikator                                :   –    Melengkapi cerita rumpang

Alokasi Waktu                       :    2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melengkapi cerita

B.  Materi Pembelajaran

Cerita rumpang

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

–          Siswa diminta untuk melengkapi cerita berdasarkan gambar

Kegiatan Inti

–          setelah itu siswa diminta melengkapi cerita berdasarkan kalimat yang telah

disediakan

Kegiatan Akhir

–          Siswa menyalin dibuku tulis masing-masing dengan huruf tegak bersambung

E.   Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 8 – 11 Penerbit Erlangga

  1. Penilaian

…………

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                     Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.2

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  1  Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisianak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  2.1 Mendiskripsikan isi puisi

Indikator                                                :   –   Memmaca puisi anak dan mengekspresikannya dalam

Serak dan mimik yang tepat

–          Memahami isi puisi

–          Menjelaskan isi puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

………………………………………………………………………………………….

B.  Materi Pembelajaran

Puisi Anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

–          Siswa diminta mendengarkan baik baik puisi yang akan dibacakan . Puisi terdapat

di hal. 140.

Kegiatan Inti

–          Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan

–          Kemudian siswa diminta untuk menceritakan kembali isi puisi dengan mengisi kalimat rumpang

Kegiatan Akhir

4. Siswa diharapkan berani bertanya tentang isi puisi yang tidak dimengerti

E.  Sumber Pembelajaran

• Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 16 – 17 Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

•  Tertulis

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                     Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.2

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

Secara lisan melalui kegiatan bertanya , bercerita dan

deklamasi

Kompetensi Dasar                                :  2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa

yang mudah dipahami orang lain

Indikator                                                :   –     Mendengarkan cerita

–          Menjelaskan urutan kegiatan dengan bahasa yang

runtut dan mudah dipahami orang lain

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

B.  Materi Pembelajaran

Cerita tentang kegiatan sehari-hari

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta menuliskan kegiatan yang dilakukannya sejak pagi hingga tiba di

sekolah

Kegiatan Inti

2.  Setelah itu siswa diminta membacakan/menceritakannya kepada temannya

Kegiatan Akhir

3.  Siswa diminta mengajukan pertanyaan kepada temannya

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 17 – 18

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                                   ……………………………………………………………………………….

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.2

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek  (10 – 15 kalimat)

yang dibaca dengan membaca lancar.

Indikator                                                :   –     Membaca lancar

–          Menjawab atau mengajukan pertanyaan

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menyimpulkan isi bacaan

B.  Materi Pembelajaran

Teks pendek

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Empat siswa diminta untuk membacakan teks bacaan setiap anak satu paragrap

Kegiatan Inti

2.  Siswa kemudian diminta  membuat pertanyaan berdasarkan jawaban yang telah

tersedia

3.  Setelah itu siswa diminta untuk meringkas bacaan dengan cara melengkapi kalimat

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diharapkan mampu menyimpulkan isi bacaan

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 18 – 20

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.2

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

Indikator                                                :   –    Melengkapi cerita rumpang

Alokasi Waktu                       :  ………………………………………………

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melengkapi cerita

B.  Materi Pembelajaran

Cerita rumpang

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1. Siswa diminta untuk melengkapi cerita berdasarkan gambar

Kegiatan Inti

2.  setelah itu siswa diminta melengkapi cerita berdasarkan kalimat yang telah

disediakan

Kegiatan Akhir

3.  Siswa menyalin dibuku tulis masing-masing dengan huruf tegak bersambung

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 20 – 22

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.3

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat

sendiri isi teks pendek.

Indikator                                                :   –    Medengarkan pembacaan teks

–    Menjawab pertanyaan tentang isi teks

–    Menceritakan kembali isi teks dengan kata-kata atau

kalimat sendiri

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat memberikan pendapat tentang bacaan

B.  Materi Pembelajaran

Teks cerita

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang tersedia

kegiatan Inti

2.  Siswa mendengarkan guru membacakan cerita lucu. Teks bacaan terdapat pada hal:

141 bagian E.

salah.

3.  Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan.

4.  Kegiatan selanjutnya yaitu siswa diminta untuk menceritakan kembali isi bacaan

dengan kata-kata sendiri.

Kegiatan Akhir

5.  Siswa diminta untuk memberikan pendapat apakah cerita yang didengar lucu atau

tidak.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 28– 29

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                  ………………………………………………………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.3

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan

deklamasi

Kompetensi Dasar                                :  2.1 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa

yang mudah dipahami orang lain

Indikator                                                :   –   Melakukan  percakapan berdasarkan teks  tentang

kegiatan sehari-hari

–          Menjawab pertanyaan

–          Melakukan Tanya jawab dengan teman mengenai kegiatan sehari-hari

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu membuat percakapan

B.  Materi Pembelajaran

Cerita tentang kegiatan sehari-hari

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk membaca percakapan yang telah disediakan dengan teman

nya.

Kegiatan Inti

2.  Kemudian siswa diminta untuk melakukan percakapan dengan temannya dimuka

kelas.

3.  Siswa diminta menjawab pertanyaan

Kegiatan Akhir

4.  Siswa dapat membuat percakapan tentang kegiatan hari ini bersama temannya

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 29 – 30

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.3

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1 Menjelaskan isi puisi  anak yang dibaca

Indikator                                                :   –     Memilih puisi yang disukai

–          Mengungkapkan alasannya memilih puisi yang

disukai

–          Menjelaskan isi puisi dengan kata-kata sendiri

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan kembali puisi pilihannya.

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk memilih  puisi yang disukai

Kegiatan Inti

2.  Siswa  untuk belajar mengungkapkan alasan memilih  puisi tersebut

3.  Setelah itu siswa diminta untuk membacakan puisi pilihannya

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diharapkan dapat menjelaskan  kembali  isi puisi pilihannya  dengan kata-

sendiri.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 31 – 34

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.3

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru

dengan huruf tegak bersambung dan memperhatikan

penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda

titik

Indikator                                                :   –    Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru

dengan huruf sambung secara tepat dan mudah

dibaca.

Alokasi Waktu                       :   2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menulis kalimat yang didiktekan

B.  Materi Pembelajaran

Dikte

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1. Siswa diajarkan untuk mengingat kembali penggunaan huruf kapital dan tanda titik

diakhir kalimat.

Kegiatan Inti

2.  Siswa diminta untuk memyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung

3.  Setelah itu siswa diminta untuk menyusun kalimat tersebut menjadi cerita

sederhana

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diminta menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan

huruf tegak bersambung dan tanda baca titik dengan tepat . Kalimat yang didikte-

kan terdapat pada lampiran hal. 141 bagian F

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 34 – 36

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.4

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  1. Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat

sendiri isi teks pendek.

Indikator                                                :   Mencatat isi pesan

–    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain  –    Menuliskan pesan kedalam beberapa kalimat

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyampaikan pesan pendek

B.  Materi Pembelajaran

Teks pesan pendek

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Guru membisikkan teks pengumuman kepada murid-murid yang duduk paling

depan

2.  Teks pengumuman terdapat pada halaman 142  I

Kegiatan inti

Setelah itu siswa yang duduk paling depan tersebut membisikkan lagi pengumuman

Tadi ke siswa  lain dibelakangnya . Begitu seterusnya

Kegiatan Akhir

Siswa yang duduk paling belakang harus menuliskan pengumuman tersebut

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  44

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                  ………………………………………………………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.4

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan

berdeklamasi

Kompetensi Dasar                                :  2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat

Indikator                                                :   –   Mendeklamasikan puisi sesuai dengan  isi dan meng

ekspresikan nya dengan gerak dan mimik yang tepat

–   Mengajukan pertanyaan dari isi puisi

–   Menjelaskan isi puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan isi puisi

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk memilih puisi yang disukai

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta membacakan puisi pilihannya itu

Kegiatan Akhir

3.  Siswa diminta untuk menjelaskan kembali isi puisi yang telah dibacanya dengan

kata-kata sendiri.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 46

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.4

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)

yang dibaca dengan membaca lancar

Indikator                                                :   –     Membaca lancar

–          Menjawab atau mengajukan pertanyaan isi teks

–          Menceritakan kembali isi bacaan dengan mengguna-

kan kalimat atau kata – kata sendiri

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan

B.  Materi Pembelajaran

Teks bacaan

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta membacakan bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Kegiatan Inti

2. Setelah itu siswa diminta  membuat pertanyaan sesuai denga  jawaban yang ter –

sedia. Kata Tanya yang digunakan adalah siapa, kapan, apa, berapa dan bagaimana

3. Kegiatan selanjutnya siswa diharapkan mampu menceritakan kembali isi bacaan

dengan kata-kata sendiri.

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diharapkan  mampu menyimpulkan isi bacaan dengan kata-kata sendiri

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 47 – 49

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.4

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis permulaan

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata-kata yang

tepat.

Indikator                                                :   –    Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru

dengan huruf sambung secara tepat dan mudah

dibaca.

Alokasi Waktu                       :   2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melengkapi cerita dengan kata yang sesuai dengan gambar.

B.  Materi Pembelajaran

Cerita rumpang

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1. Dimulai dengan menyusun kata acak menjadi kalimat.

Kegiatan Inti

2.  Kemudian siswa diminta untuk menyusun kalimat kalimat tersebut menjadi cerita

Kegiatan Akhir

3.  Siswa diminta melengkapi cerita dengan kata yang sesuai dengan gambar

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 49 – 51

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.5

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  1. Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.2  Mendiskripsikan isi puisi

Indikator                                                :   –     Mendengarkan puisi

–          Menjelaskan isi puisi

–          Menyanyikan puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyanyikan lagu  “Bermain laying-layang”

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta menyimak lagu yang dinyanyikan oleh guru.

2.  Teks pengumuman terdapat pada halaman 143 bagian K

Kegiatan inti

3. Selesai nenyimak siswa diminta untuk mengidentifikasi kalimat yang benar/salah

berdasarkan lagu yang didengar.

4. Kegiatan selanjutnya siswa diminta menjelaskan isi lagu yang telah didengar

dengan kata-kata sendiri.

Kegiatan Akhir

4. Siswa diminta menyanyikan lagu yang telah didengarnya

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  68 – 69

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                  ………………………………………………………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.5

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan

deklamasi

Kompetensi Dasar                                :  2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan

pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

Indikator                                                :   –   Menggunsksn ks;imsy tsnys untuk menanyakan

sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan

pilihan kata yamg tepat

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat membuat percakapan tentang permainan.

B.  Materi Pembelajaran

Kata tanya

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk memperhatikan gambar

Kegiatan Inti

2.  Kemudian siswa diharapkan dapat bertanya  jawab dengan teman sebangku

tentang isi gambar

3.  Setelah itu siswa diminta untuk memperagakan percakapan.

Kegiatan Akhir

3.  Siswa diharapkan dapat membuat percakapan tentag permainan yang disukai

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 63 – 71

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.5

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)

yang dibaca dengan membaca lancar

Indikator                                                :   –     Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang

tepat

–          Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari teks

bacaan

–    Menyimpulkan isi buku bacaan

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyimpulkan isi bacaan

B.  Materi Pembelajaran

Teks bacaan

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta membaca bacaan dengan lancar

Kegiatan Inti

2. Setelah itu siswa diharapkan dapat menidentifikasi kalimat yang sesuai dengan

bacaan.

3. Selanjutnya siswa diminta untuk melakukan tanya jawab tentang isi bacaan

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diharapkan  mampu menyimpulkan isi bacaan

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 71 – 72

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  4.5

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan dengan

huruf tegak bersambung dan memperhatikan

penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda

titik

Indikator                                                :   –    Menuliskan kalimat  yang didiktekan dengan

menggunakan  huruf tegak bersambung.

Alokasi Waktu                       :   2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menuliskan judul karangan dengan menggunakan huruf kapital

B.  Materi Pembelajaran

Dikte

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1. Siswa diminta melengkapi kalimat yang didiktekan . Kalimat kalimat yang didikte-

kan terdapat dalam lampiran hal. 143 bagian L

Kegiatan Inti

2.  Setelah itu siswa diperintahkan menuliskan kalimat penuh yang didiktekan .

kalimat-kalimat tersebut terdapat dalam lampiran hal. 144 bagian M.

3.  Selanjutnya siswa diharapkan mampu menyusun kalimat yang didiktekan menjadi

sebuah cerita.

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diperkenalkan dengan penggunaan huruf capital untuk menulis judul

karangan.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 73 – 75

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.6

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  1. Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.2  Mendiskripsikan isi puisi

Indikator                                                :   –     Mendengarkan puisi

–          Menjawab pertanyaan dari isi puisi

–          Menceritakan kembali isi puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menceritakan kembali isi puisi

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Untuk kompetensi mendengarkan kali ini dimulai dengan mendengarkan puisi

anak. Yang dibacakan guru puisi tersebut dalam lampiran hal. 144 bagian P

Kegiatan inti

2.  Setelah selesai menyimak siswa diminta menjawab pertayaan.

.

Kegiatan Akhir

3. Siswa menceritakan kembali isi puisi yang didengarnya.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  84 – 85

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                  ………………………………………………………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.6

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan

deklamasi

Kompetensi Dasar                                :  2.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa

yang mudah dipahami orang lain

Indikator                                                :   –    Menceritakan pengalaman pribadi misalnya dalam

bermain, belajar naik sepeda dan lain-lain.

–    Menjawab pertanyaan tentang cerita teman.

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjawab pertanyaan cerita temannya..

B.  Materi Pembelajaran

Cerita pengalaman

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Membaca contoh cerita pengalaman

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan cerita tersebut

3.  Setelah itu siswa diminta menceritakan pengalamannya sendiri ketika sakit kepada

teman untuk membantu siswa bercerita mereka diminta menjawab pertanyaan

lebih dulu

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkancerita temannya

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 85 – 88

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.6

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)

yang dibaca dengan membaca lancar

Indikator                                                :   –    Membaca teks bacaan dengan lafal dan intonasi yang

tepat

–    Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari teks

bacaan

–    Menyimpulkan isi buku bacaan

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu meringkas bacaan

B.  Materi Pembelajaran

Teks bacaan

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Dimulai dengan membaca lancar sebuah cerita

Kegiatan Inti

2. Setelah mampu membaca lancar siswa diminta untuk mengidentifikasi pernyataan

benar/salah

3. Kemudian siswa diminta untuk bertanya jawab dengan temannya tentang isi bacaan

yang dibaca.

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diminta untuk meringkas bacaan dengan cara melengkapi kalimat dengan

kata-kata sendiri

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 88 – 90

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.6

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

Indikator                                                :   –    Melengkapi cerita berdasarkan gambar

–    Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi cerita                                    .

Alokasi Waktu                       :   2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu membuat kalimat

B.  Materi Pembelajaran

Cerita rumpang

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1. Diawali dengan melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang telah disediakan.

Kegiatan Inti

2.  Setelah itu siswa diminta untuk menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi

cerita.

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diminta untuk membuat kalimat sendiri berdasarkan gambar.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 90 – 93

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.7

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  1. Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.1  Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat

sendiri isi teks pendek.

Indikator                                                :   –     Menyimak cerita yang dibaca

–          Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengar

–          Menceritakan kembali berita yang didengar dengan

kata-kata atau kalimat sendiri.

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menceritakan kembali bacaan yang didengarnya.

B.  Materi Pembelajaran

Teks bacaan

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk mendengarkan bacaan yang dibacakan guru.

Kegiatan inti

2.  Untuk menguji kemampuan siswa siswa diminta untuk memberi tanda centang (V)

untuk kalimat yang sesuaidengan bacaan

3.  Lalu siswa diminta untuk melengkapi kalimat sesuai isi cerita.

4.  Selanjutnya yaitu siswa diminta untuk saling bertanya jawab tentang bacaan

Kegiatan Akhir

5. Siswa diminta untuk menceritakan kembali bacaan  yang telah didengar

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  100 – 101

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                  ………………………………………………………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.7

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan

deklamasi

Kompetensi Dasar                                :  2.3  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat

Indikator                                                :   –     Mendeklamasikan puisi pilihannya.

–          Menjelaskan isi puisi

–          Menyanyikan puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyanyikan puisi pilihannya

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk membentuk kelompok.

Kegiatan Inti

2.  Setelah itu siswa dan kelompoknya diminta memilih puisi yang mereka sukai

3.  Selanjutnya setiap kelompok diminta membaca kan puisi pilihannya

4.  Setiap kelompok juga diminta untuk memberikan alasan memilih puisi tersebut

5.  Kemudian setiap kelompok diminta untuk menjelaskan puisi pilihannya dengan

kata-kata sendiri.

Kegiatan Akhir

4.  Setiap kelompok diminta menyanyikan puisi pilihannya.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 102 – 104

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  Lisan

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.7

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat)

yang dibaca dengan membaca lancar

Indikator                                                :   –    Menulis kalimat yang idiktekan guru menggunakan

tulisan tegak bersambung.

–    Menyusun kalimat yang didiktekan menjadi sebuah

karangan

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menceritakan isi bacaan.

B.  Materi Pembelajaran

Teks bacaan

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta membaca bacaab (dalam kelompok) dengan lafal dan intonasi

yang tepat.

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta mengajukan petanyaan sesuai dengan jawaban yang

telah disediakan

Kegiatan Akhir

3..  Siswa diminta menceritakan isi bacaan yang dibaca dengan cara meringkas

bacaan

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 105 – 106

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.7

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru

dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan

memperhatikan penggunaan huruf kapital serta

tanda titik

Indikator                                                :

.

Alokasi Waktu                       :   2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menyusun kalimat menjadi sebuah cerita

B.  Materi Pembelajaran

Dikte

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.   Siswa diminta untuk menulis kalimat yang didiktekan guru. Kalimat-kalimat yang

didiktekan terdapat dalam lampiran hal. 146 / S

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta untuk menulis  kalimat yang didiktekan guru mengguna

kan huruf tegak bersambung. Kalimat yang didiktekan terdapat dalam lampiran hal.

146 / T

Kegiatan Akhir

3.  Siswa dapat menyusun kalimat yang ditulis menjadi sebuah cerita

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 107 – 108

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.8

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  1. Mendengarkan

Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan

Kompetensi Dasar                                :  1.2  Mendiskripsikan isi puisi.

Indikator                                                :   –    Mendengarkan puisi

–    Menjawab pertanyaan dari puisi

–    Menjelaskan isi puisi

–    Menceritakan kembali isi puisi.

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu mendiskripsikan puisi

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa diminta untuk mendengarkan puisi  yang dibacakan oleh guru. Puisi yang

dibacakan terdapat dalam lampiran hal. 147 / W.

Kegiatan inti

2.  Setelah itu siswa diminta untuk mengidentifikasi pernyataan benar / salah.

3.  Kegiatan selanjutnya yaitu siswa dapat menjawab pertanyaan.

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diminta mendiskripsikan puisi yangbtelah didengarnya

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal,  116 – 118

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian                                                                                  ………………………………………………………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2.8

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  2.  Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman

Kompetensi Dasar                                :  2.1  Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan

kata yang tepat dan santun berbahasa.

Indikator                                                :   –     Menggunakan kalimat tanya  untuk menanyakan

sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan

pilihan kata ayang tepat

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu memperagakan percakapan.

B.  Materi Pembelajaran

Kalimat tanya

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Kegiatan berbicara dalam pelajaran 8 dimulai dengan membuat pertanyaan

berdasarkan jawaban yang tersedia.

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta untuk memperagakan percakapan yang telah disedia-

kan.

3.  Kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan.

4.  Setelah itu siswa diharapkan mampu melengkapi percakapan dengan kalimat

tanya  yang tepat. Siswa  juga diharapkan dapat menebak tempat percakapan

tersebut terjadi.

Kegiatan Akhir

4.  Setiap kelompok diminta menyanyikan puisi pilihannya.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 118 – 120

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………………………………………………………………..

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3.8

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  3. Membaca

Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan

membaca puisi anak

Kompetensi Dasar                                :  3.2   Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca

Indikator                                                :   –    Membacakan puisi pilihannya dengan ekspresi dan

Gerak mimik yang tepat

–    Menjelaskan isi puisi

Alokasi Waktu                       :  2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menjelaskan isi puisi

B.  Materi Pembelajaran

Puisi anak

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.  Siswa memilih puisi anak yang disukainya

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta untuk membaca puisi pilihannya

3.  Kemudian siswa diminta untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan puisi

pilihannya.

Kegiatan Akhir

4.  Siswa diharapkan mampu menjelaskan kembali isi puisi pilihannya.

kata-kata sendiri

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 121 – 123

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4.8

Nama Sekolah                        :

Mata Pelajaran                        :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                      :  II / I

Standar Kompetensi                             :  4. Menulis

Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita

dan dikte

Kompetensi Dasar                                :  4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru

dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan

memperhatikan penggunaan huruf kapital serta

tanda titik

Indikator                                                :

Alokasi Waktu                       :   2 x pertemuan

A.  Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menyusun kalimat menjadi cerita sederhana

B.  Materi Pembelajaran

Dikte

C.  Metode Pembelajaran

……………………………………………………………………………………….

D.  Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

1.   Siswa diminta menyalin  kalimat acak dengan menggunakan huruf kapital dan

tanda titik dengan tepat.

Kegiatan Inti

2.  Selanjutnya siswa diminta menyusun kalimat acak yang telah disalin

menjadi cerita sederhana

3.  Setelah itu siswa diminta menuliskan kalimat yang didiktekan dengan mengguna-

kan huruf kalital dan tanda titik dengan tepat.

4. Kalimat yang didiktekan terdapat pada hal. 147 / X

Kegiatan Akhir

3.  Siswa  diminta menyusun kalimat yang telah ditulis menjadi cerita sederhana.

E.  Sumber Pembelajaran

•  Bina Bahasa Indonesia IIA Semester I hal. 123 – 125

Penerbit Erlangga

F.  Penilaian

•  …………

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                      Guru Kelas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s