Juggling Tingkatkan Daya Otak

jungJuggling, yakni aktivitas melempar dan menangkap beberapa benda ke udara dapat menguatkan daya otak dengan cara mengubah struktur otak.

Demikian disebutkan dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience. Aktivitas ini, menurut peneliti, terbukti meningkatkan sumsum otak (white matter) hingga 5% di area otak yang dikenal dengan intraparietal sulcus. Area ini mengandung saraf yang bereaksi untuk aktivitas seperti menggapai dan mengenggam benda. Dalam jangka panjang, cara ini dinyatakan bisa membantu pengobatan penyakit seperti multiple sclerosis.

Dalam studi ini, para peneliti mempelajari 24 dewasa muda selama 6 minggu. Tidak seorang pun dari mereka bisa juggling sebelumnya. Partisipan kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok diminta mengikuti sesi pelatihan juggling selama 6 minggu dan diminta untuk berlatih selama 30 menit per hari sedang 12 lainnya tidak.

Setelah mengikuti pelatihan, 12 partisipan sudah bisa melakukan paling tidak 2 siklus melempar dan menangkap secara berkelanjutan dengan menggunakan 3 bola. Kedua kelompok menjalani scan menggunakan diffusion MRI sebelum dan setelah latihan.

Partisipan mempunyai kemampuan yang bervariasi dalam melakukan juggling. Akan tetapi, tingkat keahlian tidak terlalu penting. “Hal yang terpenting adalah waktu yang dihabiskan untuk latihan dan praktek, bukan keahlian,” ujar pemimpin studi, Dr Heidi Johansen-Berg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s