RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Tema                  : Tumbuhan

Kelas/Semester   : III/I

Alokasi Waktu   : 3 JP

Hari/Tanggal      :  Senin, 4 Agustus 2008

  1. I. KOMPETENSI DASAR
  2. Bahasa Indonesia

Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

  1. Matematika

Melakukan pembagian bilangan tiga angka.

  1. II. INDIKATOR
  2. Bahasa Indonesia

Menjelaskan isi dan urutan gambar seri dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

  1. Matematika

Menyelesaikan operasi pembagian.

III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. A. Pra Pembelajaran
    1. Guru mengkondisikan ruang kelas.
    2. Guru mengkondisikan siswa untuk belajar
    3. Guru bersama siswa mulai mempersiapkan media pembelajaran.
    4. Siswa dikelompokkan secara berlima atau berenam.
    5. Siswa memberi nama kelompok dengan nama tumbuhan.
    6. B. Kegiatan Awal
      1. Apersepsi : Menyanyikan lagu “Menanam Jagung”. Guru Tanya jawab mengenai isi lagu.
      2. C. Kegiatan Inti
        1. Guru membagikan gambar seri yang menggambarkan urutan mengerjakan sesuatu dan kartu kalimat yang telah dipersiapkan guru untuk tiap kelompok.
        2. Guru memberi penjelasan cara memainkan kartu.
        3. Setiap kelompok memilih seorang sebagai pembagi kartu.
        4. Pembagi mulai mengocok dan membagikan kartu kepada anggota.
        5. Pembagi menyisakan kartu di atas meja sebagai kartu jit.
        6. Siswa mengamati gambar.
        7. Siswa mulai menemukan urutan gambar seri.
        8. Siswa mulai memainkan kartu sehingga membentuk suatu kalimat yang runtut.
        9. Siswa mulai menuliskan isi gambar seri.

10.  Siswa menjelaskan isi dari gambar seri di depan kelas.

11.  Siswa yang lain memberi tanggapan dengan kalimat tanya.

12.  Siswa memberikan penghargaan kepada temannya berupa tepuk tangan.

13.  Siswa memajangkan hasil pekerjaannya di tempat yang telah disediakan.

14.  Siswa menyelesaikan soal cerita operasi hitung pembagian dengan contoh dari guru.

15.  Siswa yang paling dahulu menyelesaikan pekerjaannya, diberikan penghargaan oleh guru.

16.  Guru memberikan motivasi agar pada pertemuan berikutnya siswa bersemangat.

17.  Siswa memajangkan hasil pekerjaannya di tempat yang telah disediakan.

  1. D. Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Menanam Jagung”.

IV. SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN

  1. A. Sumber Pembelajaran
    1. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia kelas III, Yudhistira.
    2. Buku Model silabus Tematik kelas III, Grasindo.
    3. Buku Pembelajaran Terpadu Pendekatan Tematik kelas III, Esis.
    4. Buku Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Grasindo.
    5. Pengembangan guru.
    6. Lingkungan dan pengalaman siswa.
    7. B. Media Pembelajaran
      1. Gambar seri.
      2. Kartu kalimat
      3. Benda-benda yang ada di dalam kelas.
  1. V. EVALUASI
  2. A. Penilaian

Mengamati aktifitas siswa dalam pembelajaran.

  1. B. Penilaian hasil belajar
  • Tes tertulis

Buatlah kalimat Tanya berdasarkan gambar di bawah ini!

Matematika

  1. Yuda membeli kelereng sebanyak 20 biji. Kelereng itu akan dibagikan kepada kedua adiknya. Berapa kelereng yang diterima masing-masing adiknya?
  2. Dalam sehari, sebuah pabrik kue membuat donat 800. donatnya dimasukkan dalam 80 kotak. Berapa isi dari masing-masing kotak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s