Aneka Buah Segar untuk Diet Sehat

Setiap orang tentu ingin tampil sehat dan bugar bukan? Seiring kemajuan zaman, muncul berbagai pilihan cara untuk mewujudkannya.

Meski demikian, Anda tetap harus selektif. Jangan sampai cara yang Anda pilih membawa efek samping yang justru merugikan tubuh Anda.

Salah satu program diet yang aman untuk tubuh yaitu memperbesar asupan buah-buahan dan sayuran segar. Keduanya, kaya akan serat serta nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Berikut buah-buahan pilihan yang kaya akan nutrisi:

Apel
Apel mengandung karbohidrat serta vitamin C. Apel juga mengandung bahan antikanker dan  antiradang.

Jeruk
Jeruk berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang  berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate.

Stroberi
Selain mengandung vitamin C, Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan, serta dapat menghalangi  pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix dan lidah. Stroberi diyakini  memiliki antibakteri .

Mangga
Mangga mengandung carotenoid yang yang dapat melindungi dari beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya carotenoid, serat, dan vitamin C.

Pisang
Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk memproduksi serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat relaks. Pisang mengandung banyak karbohidrat dan potasium.

Melon
Melon mengandung vitamin C. Kandungan gula yang tinggi dan lycopene berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh

Nanas
Nanas berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandung kadar gula yang tinggi.

Kiwi
Kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut warna hijau. Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan konsumsi vitamin C orang dewasa.

Plum
Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium.Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa antikanker.

Anggur
Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol, terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan. Anggur memiliki kandungan serat dan vitamin C yang rendah.

sumber : suaramerdeka.com

Satu pemikiran pada “Aneka Buah Segar untuk Diet Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s