Masih Muda Tapi Rambut Rontok dan Beruban? Kenali Penyebabnya!

Usia Anda relatif masih muda, namun rambut mulai dipenuhi uban atau mengalami kerontokan yang luar biasa. Sungguh menyebalkan bukan?

Rambut beruban dan rontok adalah dua hal yang berbeda, namun sama-sama bisa merusak penampilan Anda. Keduanya dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Kurang Vitamin
Rambut rontok dan berubah warna dapat disebabkan karena pola makan yang tidak benar serta kurangnya asupan multivitamin. Konsumsi Vitamin B (biotin, B5, B6 dan B12), Vitamin E, C dan A sangat bagus untuk kesehatan rambut Anda. Tak lupa juga zat besi, protein, zinc dan magnesium .

Gaya hidup
Seorang perokok cenderung lebih cepat mengalami perubahan warna rambut atau beruban dibanding dengan mereka yang tidak merokok. Sebab itu, gaya hidup seseorang juga berpengaruh pada kondisi rambutnya.

Genetik
Jika kebanyakan anggota keluarga Anda cepat mengalami kerontokan rambut, bisa jadi Anda mengalami hal yang sama. De ikian juga dengan munculnya uban di usia muda. Ketika rambut kehilangan pigmen (warna), saat itulah rambut akan berubah menjadi tidak berwarna.

Melanin
Kantong rambut mengandung sel-sel yang disebut melanocytes yang memproduksi pigmen. Pigmen primer ini akan berubah menjadi melanin. Disabled-world.com menyebutkan, semakin sedikit melanin yang dihasilkan maka semakin putih warna rambut. Faktor usia biasanya menyebabkan melanocytes tidak lagi memproduksi melanin.

Penyakit
Kerontokan rambut yang berujung pada kebotakan juga dapat disebabkan oleh faktor penyakit, seperti lupus, kencing manis atau alopecia (kerontokan rambut).

sumber : suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s