Makanan Tepat untuk Membuat Tidur Pulas

INSOMNIA atau sulit tidur kadang kerap mengganggu, tidak peduli otak dan tubuh Anda telah lelah. Jika obat tidur atau posisi tidur alternatif yang lebih alami tidak juga mempan mengusir insomnia, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan.

Double shot mocha dan chocolate chip sebagai cemilan di sore hari memang menyenangkan, namun bisa dipastikan malamnya Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. “Kafein dan makanan sarat gula akan mengacaukan bioritme alami tubuh Anda,” jelas Esther B.Horn, ahli diet dan ahli gizi holistik di New York City dan pendiri EatDrinkandbeGorgeous.com.

Berikut ini makanan-makanan yang dapat membantu Anda tidur pulas:

Daging asap (turkey bacon)

Daging asap yang kaya akan tryptophan asam amino ini bisa membantu menenangkan tidur Anda. Kandungan tryptophan membantu otak memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi, serta melatonin, sebuah neurohormone yaitu kandungan tambahan yang membuat Anda lebih rileks.

Mashed potatoes

Meski jenis makanan ini dianggap rendah karbohidrat karena kandungan Glycemic didalamnya berada di tingkat rendah, namun mashed potatoes, atau sejenis makanan dari bahan kentang yang dihaluskan ini memiliki pengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Menyantap mashed potatoes dengan campuran susu rendah lemak atau buttermilk akan membuat Anda tidur lebih pulas dan sehat.

Pisang

Pisang mengandung melatonin dan tryptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. “Melatonin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak agar tubuh merasa lebih santai,” jelas Horn. Krim buah yang mengandung magnesium juga dipercaya mengurangi ketegangan otot fisik, dan ampuh melawan stres.

Susu

Minum susu hangat sebelum tidur membantu tubuh Anda rileks dan tenang. “susu hangat merupakan sumber yang kaya tryptophan yang menenangkan dan membantu tubuh lebih santai,” ujar Horn. Tapi berhati-hatilah, “daging kalkun dan susu yang dikonsumsi sebelum tidur akan mengacaukan kerja lambung dan membuat Anda terjaga sepanjang malam karena perut terasa begah”. Sebaiknya hindari jika Anda belum terbiasa.

Havermut

Atau yang lebih dikenal dengan Oatmeal ini tidak hanya menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, namun juga menghangatkan perut. Havermut atau gandum kaya serat mengandung melatonin. Semangkuk havermut dan segelas susu hangat sebelum tidur adalah menu tepat Anda sebelum tidur.

Suplemen tidur

Selain makanan yang tepat, Horm menyarankan untuk mengonsumsi suplemen mineral yang memudahkan Anda tidur tanpa efek samping negatif, dibanding Anda harus minum obat tidur yang dijual bebas di pasaran.

Horn merekomendasikan suplemen tidur yang mengandung kalsium 500mg-800mg, Magnesium 400mg dan Inositol 2000mg. Gunakan juga Epsom, atau garam mandi yang mengandung magnesium. “campurkan dua genggam garam mandi ke dalam air hangat dan berendamlah selama 15 menit,” ujar Horn. Kandungan garam yang terserap melalui kulit berguna untuk menenangkan tubuh dan membuat Anda tidur lebih pulas.

sumber : suaramerdeka.com

4 pemikiran pada “Makanan Tepat untuk Membuat Tidur Pulas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s