Aneka Manfaat Teh Kombucha

SIAPA tak kenal teh? minuman yang hampir dapat dijumpai di semua negara ini memiliki ciri khas bahan baku daun yang unik. Tekstur daun hampir lonjong bulat dan berwarna hijau segar hingga hijau tua, bahkan mendekati hitam.

Teh biasanya tumbuh subur di dataran tinggi. Kandungan daun teh yang telah diolah memiliki berbagai khasiat untuk menyehatkan tubuh. Nama teh pun bermacam-macam, dari mulai teh hijau, teh herbal, teh melati hingga teh hitam.

Bagaimana jika teh dikombinasikan dengan jamur? manfaat yang diperoleh ternyata lebih banyak dibanding teh biasa. Pembuatan teh ini tentu saja menggunakan jamur sebagai bahan utamanya. Bukan sembarang jamur yang digunakan, jamur ini telah mengalami kombinasi.

Di negeri aslinya, Siberia, jamur tersebut dikenal dengan nama jamur kombucha. Di Indonesia, nama jamur kombucha memang terasa asing di telinga. Masyarakat Indonesia lebih mengenal tumbuhan ini sebagai jamur dipo.

Jamur kombucha telah lama dikenal, di antaranya untuk mengobati sembelit dan keluhan gangguan pencernaan. Selain itu teh jamur ini berguna untuk mengatasi nyeri saat haid. Dengan rasa sedikit kecut, herbal ini mampu meredam sakit maag bahkan mengatasi insomnia. Tentu saja manfaat tersebut baru terasa dengan aturan minum yang rutin dan tidak berlebihan.

Kombucha pun bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan, meningkatkan vitalitas, serta menguatkan dan menyeimbangkan kerja organ-organ tubuh. Selain itu, kombucha dapat meringankan bahkan menghilangkan nyeri sendi.

Untuk membuat teh jamur ini, awalnya seperti membuat teh biasa. Kemudian larutkan biang jamur kombucha dalam teh yang sebelumnya telah didinginkan. Dalam keadaan tertutup, teh jamur didiamkan selama 8 hingga 12 hari untuk mengalami proses peragian atau fermentasi.

Perlu diketahui, teh yang digunakan sebagai pelarut jamur kombucha adalah teh hijau atau teh hitam. Saat ini, biang jamur kombucha dapat dengan mudah dijumpai di pasaran. Teh kombucha dalam kemasan pun telah tersedia di pasaran.

 

sumber : suaramerdeka.com

Iklan

4 pemikiran pada “Aneka Manfaat Teh Kombucha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s