Kompetisi Model KOMBAV

Kompetisi Berbasis Akuntabilitas Individu (KOMBAV) merupakan perpaduan antara  pembelajaran kooperatif dan pembelajaran kompetitif. Nilai kooperatif nampak pada  saat peserta didik saling membantu dalam kelompok sebagai persiapan menghadapi lomba antarkelompok. Sedangkan nilai kompetitif nampak pada saat pelaksanaan lomba antarkelompok di kelas.

Pembelajaran kooperatif ditujukan pada terbinanya kerjasama antara peserta didik yang pandai dengan yang lambat sehingga tercipta situasi tutor sebaya yang berlangsung secara alami tanpa ada tekanan atau keterpaksaan, tapi didasarkan pada kebutuhan untuk bekerjasama bagi pemenangan kelompok.

Sedangkan pembelajaran kompetitif ditujukan untuk menggali  potensi maksimal masing-masing peserta didik sehingga dapat disumbangkan bagi pemenangan kelompok dalam kompetisi dengan kelompok lain. Jadi, keberhasilan kelompok ditentukan oleh akuntabilitas individual atau sumbangan individu bagi kelompok, bukan oleh dominasi anggota yang pandai terhadap anggota lainnya.

Melalui kompetisi model KOBAV ini, diharapkan akan tercipta pembelajaran yang menyenangkan, ketuntasan belajar yang lebih tinggi, hubungan sosial antarpeserta didik yang kompak, serta jiwa kompetisi yang tinggi yang merupakan modal bagi   keberhasilan dalam kompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

 

2 pemikiran pada “Kompetisi Model KOMBAV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s