Mengembalikan Grub ArchLinux yang Hilang setelah instalasi Sistem operasi Lain

kebetulan laptop saya pake archlinux dan slackware, setelah upgrade slackware ternyata grub archlinux tertimpa oleh lilo slackware, untuk mengembalikan grub slackware saya menggunakan cara seperti di bawah ini :

1. Pastikan kita mengetahui letak partisi archlinux [kebetulan partisi archlinux saya ada di /dev/sda3]

2. Masukkan live cd archlinux atau live cd distro yang GUI seperti linux mint/pclinuxOS

3. Masuk ke lingkungan archlinux di harddisk dengan “Chroot”. Ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini :
+ [root@archiso “]# mount   /dev/sda3    /mnt      [dimana /dev/sda3 adalah partisi archlinux saya, sesuaikan punya anda]

+ [root@archiso “]# mount   -o   bind   /dev   /mnt/dev

+ [root@archiso “]# mount   -t    proc   none   /mnt/proc

+ [root@archiso “]# chroot    /mnt

+ [root@archiso /]# grub-install   /dev/sda

jika ada keterangan “installation finished.  No error reported.” berarti sudah berhasil dan langkah terakhir adalah ketik reboot

akhirnya grub archlinux saya kembali lagi…..

Sumber : http://www.cidtux.net

Tinggalkan Balasan

