Konsep Dasar Belajar

Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya, tujuan kegiataan belajar adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap, bahkan meliputi segenap aspek orgasme atau pribadi (Djamarah, 1996:25). Belajar secara tradisional di artikan sebagai upaya menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan, pengertian belajar yang lebih modern dinyatakan sebagai setiap perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan dan pengalaman.

Sedangkan menurut Ngalim Purwanto (1990;90) Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan dan pengalaman. Pengertian belajar dapat didefinisikan sebagai suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Belajar dapat diartikan sebagai kemampuan, keterampilan, atau sikap seseorang dalam melakukan sesuatu hal. Sedangkan yang dimaksud prestasi belajar adalah penguasaan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

Selain itu, prestasi belajar dapat diartikan pula sebagai apa yang telah diciptakan dari hasil belajar, hasilk yang menyenagkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan.

Dari pengertian prestasi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi itu tidak dapat dicapai secara kebetulan saja, tetapi harus diusahakan melalui berbagai usaha. Prestasi belajar juga merupakan penguasaan pengetahuan atau keterampilan melalui proses perubahan tingkah laku yang dikembangkan oleh mata pelajaran yang kualitasnya diukur dengan nili\ai tes atau angka nilai serta kemampuan intelektual moral dan keterampilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s