RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SIKLUS II

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester   : III/I

Alokasi Waktu   : 3 JP

Hari/Tanggal      : Selasa, 12 Agustus 2008

  1. I. KOMPETENSI DASAR
    1. Bahasa Indonesia

Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

  1. Matematika

Melakukan pembagian bilangan tiga angka.

  1. II. INDIKATOR
    1. Bahasa Indonesia

Menjelaskan isi dan urutan gambar seri dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.

  1. Matematika

Menyelesaikan soal cerita tentang operasi hitung pembagian.

III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

  1. A. Pra Pembelajaran
    1. Guru menata ruang kelas siswa
    2. Guru mempersiapkan media pembelajaran berupa kartu kalimat.
    3. Siswa dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok yang dengan anggota empat siswa.
    4. Siswa memberikan nama pada kelompoknya dengan nama tumbuhan.
    5. Siswa memberikan alasan tentang pemilihan nama kelompoknya.
    6. Setiap kelompok menyuarakan yel-yel yang telah dibuat.
    7. B. Kegiatan Awal
      1. Apersepsi siswa bersama guru menyanyikan lagu “Lihat kebunku”.
      2. Siswa bersama guru mengulas isi lagu yang telah dinyanyikan.
    8. C. Kegiatan Inti
      1. Setiap kelompok mengambil nomor undian untuk menentukan gambar seri yang akan diambil.
      2. Guru memberi penjelasan cara memainkan kartu.
      3. Guru membagikan kartu yang belakangnya bertuliskan S (subyek), O (obyek), dan Ket. (keterangan).
      4. Siswa memilih salah satu anggota kelompok sebagai pembagi.
      5. Pembagi mulai membagikan kartu kepada anggota kelompoknya.
      6. Siswa dalam kelompok mengamati gambar seri masing-masing dan setelah selesai siswa langsung mengamati gambar yang telah tersusun.
      7. Siswa mulai memainkan kartu.
      8. Siswa saling berdiskusi dalam kelompoknya dan diperkenankan untuk bertanya jawab dengan guru.
      9. Siswa mulai menuliskan isi gambar seri.

10.  Kelompok yang sudah selesai dahulu kemudian menjelaskan isi gambar di depan kelas.

11.  Siswa yang lain memberi penghargaan berupa tepuk tangan.

12.  Siswa memberi tanggapan kepada kelompok lain.

13.  Siswa memajangkan hasil karyanya.

14.  Siswa menyelesaikan soal cerita secara berkelompok.

15.  Bagi kelompok yang pertama kali selesai akan mendapatkan poin berupa simbol  bintang.

16.  Guru memberikan motivasi dan semangat kepada kelompok yang belum berhasil untuk mau menerima keberhasilan kelompok lain.

  1. D. Kegiatan Penutup
    1. Guru bersama siswa menentukan beberapa kelompok yang berhak mendapatkan penghargaan sebagai kelompok Top 1, kelompok Top 2, dan kelompok Top 3.
    2. Guru memberikan penghargaan berupa simbol bintang yang berhasil dikumpulkan.

IV. SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN

  1. A. Sumber Pembelajaran
    1. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia kelas III, Yudhistira.
    2. Buku Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Grasindo.
    3. Buku Model Silabus Tematik kelas III, Grasindo.
    4. Pengembangan guru.
    5. Lingkungan dan pengalaman siswa.

  1. B. Media Pembelajaran
    1. Kertas undian
    2. Gambar Seri.
    3. Kartu Kalimat.

  1. V. EVALUASI
    1. A. Penilaian

Mengamati aktifitas siswa dalam pembelajaran.

  1. B. Penilaian hasil belajar

Tes tertulis

Bahasa Indonesia

Buatlah cara membuat atau memainkan mainan yang kamu sukai!

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………..

Matematika

  1. Dalam sebuah pabrik tahu, dalam sehari mampu memproduksi tahu sebanyak 400. tahu tersebut akan dimasukkan ke dalam jerigen untuk disalurkan kepada konsumen. Setiap jerigen berisi 100 tahu. Berapa jerigen tahu yang dihasilkan pabrik tersebut?
  2. Pak Ahmad bekerja sebagai petani jeruk. Dalam musim panen ini hasilnya 968. Sebelum buah didistribusikan, jeruk tersebut dimasukkan ke dalam peti. Setiap peti berisi 100 buah jeruk. Berapa buah peti yang dihasilkan dari kebun pak Ahmad pada panen kali ini?

Tinggalkan komentar